Widget HTML Atas

3 CARA MENGATASI RANTAI KETENG KENDOR SERTA CARA MERAWATNYA

Ketika sedang berkendara dan mendengar suara aneh pada motor kesayangan anda,tentu saja akan membuat anda berpikir apa yang menjadi penyebabnya.Salah satunya adalah di sebabkan oleh rantai keteng mengalami kendor.

Rantai keteng yang kendor tentu saja akan mempengaruhi performa motor anda,biasanya ditandai dengan bunyi klotok-klotok di daerah kop mesin.Namun apabila anda tidak segera melakukan perbaikan itu saja bisa membuat kinerja mesin terganggu.

Ada banyak cara mengatasi rantai keteng kendor yang bisa menjadi referensi anda.Terutama bagi anda yang belum mengetahui tentu informasi yang antonkevas.com berikan akan membantu sekali.

Namun sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi rantai keteng kendor serta cara merawatnya,sebaiknya kita pahami dahulu apa itu Rantai Keteng.



3 CARA MENGATASI RANTAI KETENG KENDOR SERTA CARA MERAWATNYA


APA SIH RANTAI KETENG??

Rantai keteng atau rantai kamprat (nama familiar) adalah salah satu komponen yang sangat penting fungsinya baik untuk motor maupun mobil.

Rantai keteng / kamprat memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari rantai motor pada umumnya,namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari crankshaft atau kruk-as ke dalam noken as dan dimana nanti noken as akan bekerja meneruskan langsung untuk membuka serta menutup klep.Lihat Cara Papas Noke as menggunakan rumus yang benar

APA YANG MENYEBABKAN RANTAI KETENG KENDOR??

Sebelum anda melakukan perbaikan pada rantai keteng,tentu saja anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar memudahkan dalam melakukan tindakan perbaikan nanti.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya.

1.MASA PAKAI USIA RANTAI KETENG

Karena rantai keteng memiliki mobilitas kerja yang sangat tinggi tentu saja akan mengalami kerusakan dan bahkan sampai membuat rantai keteng mengendor.Sehingga tentu saja dengan makin seringnya motor anda dipakai maka umur rantai keteng akan berkurang.

2.JARANG MELAKUKAN PERGANTIAN OLI MESIN

Bagi anda yang jarang melakukan pergantian oli pada mesin motor anda pasti pernah mengalami masalah pada rantai ketengnya.Tentu saja ini terjadi akibat kurangnya asupan oli segar dan baru sehingga juga akan memicu kerusakan pada bagian mesin lainnya.

3.GAYA BERKENDARA YANG BURUK

Secara tidak langsung gaya berkendara akan berpengaruh pada rantai keteng motor kesayangan anda.Apalagi dengan gaya ugal-ugalan atau sering menggeber-geberkan motor bahkan sering menarik gas secara spontan dan berhenti dengan tiba-tiba.Faktor inilah yang membuat rantai keteng kendor.

CARA MENGATASI RANTAI KETENG KENDOR

Bagaimana sih cara mengatasi rantai keteng kendor??

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam mengatasi rantai keteng yang mengalami kendor,diantaranya adalah sebagai berikut:

1.GANTILAH DENGAN BAUT

Yang dimaksud diganti dengan baut bukan rantai ketengnya melainkan bagian penonjok tensioner yang diganti dengan baut.Cara seperti ini bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan serat tonjokan pada bagian rantai keteng untuk kita gunakan sebagai penutup dan serta sebagai petunjuk langsung batang tensioner.

3 CARA MENGATASI RANTAI KETENG KENDOR SERTA CARA MERAWATNYA


Sebaiknya lepaskan penekan otomatis pada bagian penekan sebelum anda memasangnya.Dan ketika dipasang,penonjok tensoiner tidak mengalami mundur ketika ditekan berarti masalah rantai keteng kendor teratasi.

Perlu diperhatikan juga,dalam penggunaan mur baut haruslah pas jangan sampai kurang bahkan terlalu panjang.

2.GUNAKAN ALTERNATIV BAUT UNTUK MENYAMBUNG

Cara yang ke 2 ini mungkin akan merepotkan anda dalam mengatasi rantai keteng keteng,karena akan menggunakan baut sebagai penyambungnya.

Baut ini nantinya akan digunakan sebagai penyambung batang tensioner,supaya batang dari penekan dapat menekan tensioner.

Namun cara yang ini saya rasa kurang cocok bagi anda yang belum paham dalam mengatasi masalah rantai keteng kendor.

3.MEMODIFIKASI TENSIONER AGAR TIDAK LEMAH

Mengingat fungsi tensioner untuk mengatur kencang kendornya rantai keteng maka sebisa mungkin membuat tensioner bekerja secara stabil sehingga buka tutup klep berjalan dengan normal.

CARA MERAWAT RANTAI KETENG

Setelah kita mengetahui penyebab dan cara mengatasinya,tentu saja kita harus tahu bagaimana cara merawat rantai keteng yang benar.Berikut adalah cara merawat rantai keteng yang bisa anda lakukan.

1.MELAKUKAN PEMERIKSAAN RUTIN BERKALA

Alat yang fungsinya sangat mobile sekali tentu saja harus dilakukan pemeriksaan secara rutin agar kinerja selalu terjaga.Lakukan pemeriksaan secara rutin setiap 6 bulan sekali,cara ini merupakan salah satu yang efektif.

2.LAKUKAN PENDETEKSI MASALAH

Langkah ini dapat anda lakukan ketika anda sedang berkendara atau bahkan ketika anda sedang memanasi motor kesayangan anda dengan mengamati suara mesin motor.

Dengarkan suara mesin apakah terdengar bunyi aneh,apabila tidak ada berarti tidak masalah pada mesin motor anda,namun bila berbunyi tek-tek anda harus benar-benar mengamatinya.

3.MENGGANTI OLI MESIN SECARA TERATUR

Penggantian oli mesin secara berkala tentu akan membuat mesin motor anda dengan optimal,karena sirkulasi oli yang segar.Lakukan pergantian oli mesin setiap 2000 km atau 2 bulan sekali.Secara lengkap anda bisa melihat di tips ganti oli motor yang benar.


Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi rantai keteng kendor serta cara mengatasinya.Semoga informasi diatas bisa berguna dan membantu permasalahan yang anda alami didalam mengatasi rantai keteng kendor.Dan apabila anda masih bingung serta ragu,bawa saja motor anda ke bengkel terdekat dan masalah anda pasti teratasi.


salam,antonkevas.com👍👍








antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "3 CARA MENGATASI RANTAI KETENG KENDOR SERTA CARA MERAWATNYA"