Widget HTML Atas

Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )

Beberapa motor yang di keluarkan produsen motor Honda saat ini sudah banyak memakai sistem injeksi pada sistem pembakarannya.Sistem injeksi ini sudah didukung dengan sistem digital dalam pengaturan komposisi bahan bakar dan udara dari ECU atau ECM.ECU sendiri merupakan singkatan dari Engine Control Unit sedangkan ECM adalah Engine Control Modul ( biasa disebut pada motor Honda).Lalu bagaimana cara reset ecu beat fi,yuks kita simak cara reset motor injeksi honda.

Biasanya kerusakan pada sistem injeksi ini ditandai dengan  lampu indikator motor injeksi menyala terus di bagian speedometer.Kerusakan tersebut bisa saja terjadi akibat ada kerusakan / eror namun bisa juga dikarenakan oleh terlepasnya kabel sensor.

Oleh sebab itu kita harus menghafal serta mencatat interval kedipan yang ada di speedometer untuk mengetahui kerusakan apa yang terjadi di sistem injeksi.

Kode kerusakan atau kedipan yang terjadi pada Malfunction Indication Light (MIL ) ada yang berdurasi panjang,pendek maupun dengan cepat.Namun ketika akan melakukan reset ECU dan throttle position biasa ditandai dengan lampu kedip cepat atau nyala secara terus menerus.

Tapi apabila lampu MIL tidak berkedip dan terjadi masalah pada motor kita,berarti masalah bukan berasal dari sistem injeksi.Jadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu gejala atau ciri motor bermasalah.

Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )


KODE KERUSAKKAN KEDIPAN PADA MIL MOTOR HONDA

Apabila lampu indikator injeksi menyala secara berkedip-kedip saat kunci kontak dalam kondisi ON,tentu saja itu memberi tanda atau sinyal tertentu.Tentu saja hal ini harus segera dilakukan pengecekkan agar tidak terjadi kerusakan pada sistem injeksi.
Berikut adalah tanda kedipan pada MIL motor Honda yang perlu anda perhatikan:

  • 1 ~ Sensor MAP ( Manifold Absolute Pressure )
  • 7 ~ Sensor EOT / ECT ( Engine Coolant Temperature )
  • 8 ~ Sensor TP ( Throttle Position )
  • 9 ~ Sensor IAT ( Intake Air Temperature )
  • 11 ~ Sensor Speed
  • 12 ~ Injector
  • 21 ~ Sensor 02 ( Oksigen )
  • 33 ~ ECM (Engine Control Modul )
  • 52 ~ Sensor CKP ( Crankshaft Position )
  • 54 ~ Sensor Bank Angle


Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )




Untuk membaca kode tersebut tenyata cukup gampang sekali karena hanya ada 2 macam kedipan yakni panjang dan pendek.Misalnya untuk kode 11 yakni lampu akan berkedip panjang sekali dan sekali pendek,ini akan berulang terus menerus namun dengan jeda sekian detik.

CARA RESET  MOTOR INJEKSI HONDA 

Dengan seiring dilakukan pemakaian motor,bukan hal yang tidak mungkin ECU akan mengalami pergeseran dalam menghitung komposisi bahan bakar dan udara.Hal ini dapat disebabkan oleh bertambahnya debu didalam filter serta kondisi busi yang menurun.

Cara reset injeksi ini bisa diaplikasi pada semua motor yang menggunakan sistem injeksi baik motor bebek,sport maupun matic eSP dan non eSP misalnya reset ecu vario 125.Dengan melakukan reset ECU akan mengembalikan perfoma mesin menjadi seperti baru keluar dari pabrik.

FUNGSI CARA RESET INJEKSI ( RESET ECU )

Dengan melakukan cara reset injeksi/reset ECU akan membuat semua memory pada ECU akan menghilang dan mengembalikan performa mesin.Sebaiknya juga dibarengi dengan melakukan reset Throttle Position.

Karena dengan melakukan reset Throttle Position akan mengembalikan posisi throttle yakni menyetel ulang idle ketika throttle dalam posisi tertutup.Dengan melakukan ke 2 reset tersebut akan membuat sistem kerja injeksi kembali optimal.

CARA RESET ECM / ECU

Sebelum kita melakukan reset ECU,alangkah baiknya untuk mengetahui dimana posisi soket terletak.Karena pada setiap motor memiliki letak yang berbeda-beda ada yang dibawah jok namun ada juga yang terletak di cover depan.Contohnya ketika melakukan reset ecu vario 150.



Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )


Dalam memudahkan pencarian,biasanya soket ini berwarna merah dan tidak tersambung dengan apapun atau bisa dibilang soket buntu tertutup.Setelah diketemukan langkah yang pertama yang dilakukan adalah membuka cover penutup soket tersebut.Biasanya agak terlalu keras,karena memang belum pernah dibuka.

Setelah cover soket terbuka,akan terlihat 4 colokkan dan sebagai penanda patokan,posisikan klip pengunci soket berada dibagian atas.Kemudian kita pilih 2 colokkan vertikal disebelah kiri klip pengunci,namun bila masih membingungkan bisa menggunakan alat bantu colok bantu colok yang berbentuk soket ECU sehingga tinggal colok saja.


Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )




Bila sudah tahu posisi soketnya,anda bisa melakukan jumper dlc dengan menggunakan alat bantu sederhana.Kita dapat menggunakan penjepit yang sudah dimodifikasi sehingga ujungnya bisa masuk ke dalam lubang soket (gunakan peniti / penjepit kertas ).


Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )



Pastikan pada saat mencolok konektor ke soket,kontak dalam kondisi OFF.Putar kontak ke posisi ON dengan konektor sudah tersambung pada soket.Perhatikan kondisi lampu pada MIL,apabila tidak ada masalah maka lampu akan terus menyala dan tidak berkedip.

Kemudian cabut konektor dari soket sekitar tiga detik,kemudian colokkan kembali.Dan apabila lampu MIL tidak berkedip sama sekali,itu menandakan reset ECU berhasil.Bila sudah berhasil,putar kunci kontak dalam posisi OFF dan proses dilanjutkan untuk reset EOT.

CARA MEMEPERBAIKI SENSOR TPS / RESET SENSOR TPS

Langkah yang dilakukan pun sebenarnya hampir sama dengan melakukan reset ECU,yakni:

  • Pertama lepas soket TPS terlebih dahulu
  • Posisikan kontak motor sobat dalam posisi ON dan kemudian posisikan kembali pada posisi OFF
  • Untuk melakukan reset,pasangkan soket SCS ke soket DLC
  • Kemudian hidupkan kontak kembali,maka kode MIL akan membaca bahwa ada yang perlu dilakukan tindakan reset.
  • Caranya adalah dengan melepas soket SCS yang terhubung DLC selama 5 detik,dan selanjutnya pasang kembali.
  • Sambil memperhatikan kode MIL apakah masih berkedip.
  • Langkah selanjutnya matikan kontak sebentar dan hidupkan kembali.
  • Dan lihat kode MIL tidak berkedip lagi berarti reset TPS sukses dilakukan.

MEMPERBAIKI GAGAL RESET INJEKSI

Apabila pada saat melakukan reset terjadi kegagalan,biasanya terjadi dibagian EOT / ECT.Biasanya ditandai dengan munculnya kedipan sebanyak 7 kali pada MIL.Bila seperti ini lakukan semua pemeriksaan sambungan soket yang terpasang dengan benar dan lakukan reset ulang kembali ECU.

Cara yang dilakukan masih sama yaitu dengan mencolok kembali konektor ke soket ECU yang berwarna MERAH.Putar kontak pada posisi ON,dengan ditandai lampu MIL tidak hidup.Setelah tiga detik cabut jumper dan kemudian pasangkan kembali.Apabila lampu MIL terus berkedip maka reset ulang ECU berhasil.

Untuk memastikan kembali ,putar kunci kontak pada posisi OFF kemudian ON dan lihat lampu MIL.Apabila lampu MIL menyala terus menerus tidak berkedip maka reset ECU berhasil.Selanjutnya matikan kontak dan cabut konektor dari soket.

CARA MEMPERBAIKI SENSOR EOT / RESET EOT

Dalam melakukan reset EOT biasanya menggunakan soket yang berbeda dengan ECU.Untuk soket EOT ukurannya lebih kecil dan terletak dibagian cylinder head yang berguna sebagai sensor panas mesin dan berwarna HITAM.

Langkah pertama yang dilakukan adalah pastikan kontak pada posisi OFF dan melepas soket yang berada dibagian cylinder head,lalu sambungkan konektor ke lubang soket EOT.Putar kontak pada posisi ON selama 3 detik.Apabila lampu MIL berkedip agak cepat secara terus menerus mirip lampu sein berarti reset EOT berhasil.

Setelah proses berhasil semuanya,putar kembali kontak pada posisi OFF dan pasang kembali soket EOT ke posisi semula.Jangan lupa untuk melepas konektor dari soket dan tutup kembali soket tersebut.

Demikian proses mengetahui kode kerusakan dan cara reset ECU motor injeksi honda,semoga bisa membantu anda serta memecahkan masalah yang sedang anda hadapi.Apabila anda masih bingung dan ragu jangan segan-segan untuk membawa ke bengkel resmi yang terdekat.

Perlu sobat ketahui juga selain pada motor injeksi,cara reset injeksi/reset ecu juga dilakukan pada mobil - mobil yang sudah menggunakan sistem injeksi seperti reset isc avansa serta  reset ecu avansa dan yang terbaru cara reset ecu grand livina.


salam,antonkevas.com 👍👍















antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk " Cara Reset ECU Motor Injeksi Honda (100% Work )"