Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125

 Sebelum sobat mengetahui cara memperbaiki sensor tps vario 125 yang mengalami masalah,sebaiknya sobat terlebih dahulu mengetahui beberapa gejala maupun penyebabnya.Agar dalam memperbaiki akan lebih tepat dan mudah serta motor menjadi normal kembali.

Salah satu pencegahan agar motor matic kesayangan anda selalu dalam kondisi prima adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan tepat.Salah satu masalah yang bisa terjadi pada motor matic (misal Honda Vario 125) adalah brebet ketika digas pelan dan ketika di gas mentok malah menyebabkan mesin motor menjadi mati dan beberapa troble yang lain.Baca Sensor tps vario 125

Bagi sobat yang belum mengetahui apa itu sensor tps,untuk mengetahui lebih lengkap bisa dengan membaca artikel antonkevas.com mengenai fungsi dan cara kerja sensor tps vario 125.

Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125


Beberapa Gejala Sensor TPS Vario 125 Rusak

Untuk beberapa kasus yang pernah terjadi pada motor vario 125,bila sensor tps vario 125 rusak biasanya akan menunjukkan beberapa ciri sebagai berikut:

  • Motor akan menjadi brebet ketika dalam kondisi idle/stasioner atau dalam kondisi gas pelan.
  • Motor tiba-tiba akan susah untuk dinyalakan dan ketika hidup suara mesin akan terasa lebih kasar.
  • Responsif tarikan gasnya akan hilang,bahkan ketika digas full mesin menjadi mati.
  • Lampu indikator mil akan menyala terus,biasanya akan menyala dengan 8 kali kedipan.Bagi yang ingin tahu lebih jelas mengenai kedipan lampu mil honda bisa membaca artikel tentang cara reset ECU honda.

Beberapa gejala diatas bisa saja terjadi karena sensor tps vario 125 sudah dalam kondisi lemah sehingga sensor tidak dapat membaca dan lain sebagainya.

Karena dengan kondisi sensor tps vario 125 yang eror maka ketika katup gas dibuka sensor tps tidak dapat menangkap atau membaca sinyal sehingga ECU tidak dapat mengirimkan perintah ke fullpump dan injektor.

Jadi pada intinya ketika sensor tps vario 125 rusak maka pencampuran udara dan bahan bakar menjadi tidak sesuai.

Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125

Untuk melakukan tindakan perbaikan,sebaiknya sobat terlebih dahulu mempersiapkan alat yang diperlukan antara lain:

  1. Obeng (+)
  2. Kunci L bintang buat buka sensor tps  vario 125 / mio m3 (ukuran T25 )
  3. Kertas aluminum foil secukupnya

Langkah-langkah memperbaiki sensor tps vario 125

Langkah ini dilakukan setelah melakukan reset ulang ECM berkali-kali dan hasilnya tetap terjadi kedipan lampu mil 8 kali kedip.Dan langkah-langkah dibawah ini hanya untuk mengakali agar sensor tps bisa normal kembali.

  • Buka terlebih dahulu cover body vario 125 menggunakan obeng (+) yang telah disediakan.
  • Kemudian yang sobat lakukan adalah membuka soket tps terlebih dahulu,lakukan dengan perlahan dalam mencabut soket sensor tps tersebut.
  • Setelah soket tersebut tercabut,lakukan pencopotan sensor tps dengan membuka baut dengan kunci L bintang T25.
  • Selanjutnya dengan memasukkan kertas aluminum foil secukupnya kedalam lubang koin sensor tps.Tujuannya adalah untuk mengurangi oblak didalam lubang koin sehingga sebagian sensor akan bisa membaca data kembali.

Sebagai informasi bahwa katup koin berfungsi membaca sudut bukaan gas,jadi ketika sobat menarik gas 20 derajat maka katup koin juga akan membaca sudut 20 derajat.

  • Langkah selanjutnya adalah memasang kembali sensor tps ke throtle body seperti semula.Jangan lupa untuk memasang bautnya kembali serta soket sensor tps.
  • Setelah semua terpasang seperti semula,hidupkan kontak motor vario sobat,apabila lampu indikator MIL sudah tidak menyala berarti sensor sudah dalam keadaan normal kembali.

Yang perlu anda perhatikan adalah bahwa setiap kali anda melakukan pembongkaran semua sensor,pastikan untuk melakukan reset ulang ECM,ECT serta Stel MODE.Agar semua data yang tersimpan didalam ECU hilang dan mengembalikan lagi ke setelan pabrik.Baca Cara Reset Sensor tps vario 125

Apabila sobat masih merasa bingung dan ragu,sebaiknya langsung saja untuk dibawa ke bengkel motor resmi untuk melakukan perbaikan lebih lanjut.Tapi bagi sobat yang ingin mengakali cara diatas bisa dilakukan.

Sensor tps vario 125

  • Harga sensor tps Vario 125 Original,vario 150 4S1M  400 ribu
  • Harga sensor tps Vario 125 old,Cb150R,Beat Fi  85 ribu
  • Harga sensor tps Beat Fi,Vario Fi,Spacy Fi  95 ribu

Dan tetap lakukan perawatan secara rutin seperti ganti oli,membersihkan filter udara dan lain sebagainya.Hal ini agar motor selalu siap untuk digunakan.

Demikan informasi mengenai cara memperbaiki sensor tps vario 125,semoga bisa membantu meringankan masalah yang terjadi pada motor vario sobat.

salam,antonkevas

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

3 komentar untuk "Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125 "

  1. Throttle body sudah dibersihkan blom,,trus injektornya lancar gak

    BalasHapus
  2. Saya punya vario 125 led 2015, masalahnya susah hidupnya, bisa hidup tapi gak langsam dan kalo jalan gak bisa lebih dari 40 km/jam, kalo dipaksa lebih suara mesin akan ngorok tapi gak bisa lari, semua part sudah coba ganti baru seperti fuel pump+ filter, filter angin, busi+ cupnya, throtle body+ injector sudah dibersihkan dan lancar, v belt dan pulley juga sudah ganti baru. Pengapian busi, bensin ada, tekanan mesin ada tapi mesin masih susah hidup,,sensor tps pernah ganti tapi gak ada efeknya, sama aja, dan pasang yg lama. Kemungkinan masalah ada dibagian mana ya

    BalasHapus
  3. Lihat bagian sepi magnet... Sepi magnetnya luka tidak. Copot magnet analisa di seputaran itu, sekalian bersihkan magnet dan sepul juga sensor CKPnya... Tapi saya nanya kembali'... Soket CKP atau kabel dr CKP juga di cek... Ada kabel putih garis merah, putih garis biru, putih garis item sebagai tranmiter
    Dan sebagai reciver kabel warna coklat. Untuk kabel warna hijau (massa) dan kabel biru garis kuning (pulser) masih di soket yg sama CKP...

    BalasHapus

Posting Komentar