Widget HTML Atas

Tips Ganti Oli Motor

Beberapa hal yang wajib kita lakukan dalam merawat mesin kendaraan kita adalah salah satunya Mengganti Oli Mesin.Oli mesin merupakan komponen penting dalam sebuah mesin agar mesin dapat bekerja dengan makssimal.

Tips Ganti Oli Motor

Berikut beberapa tips dalam menganti oli mesin kendaraan kesayangan anda :

1.PILIH OLI SESUAI SPESIFIKASI

A.SAE (Society of Automotive Engineers )

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut Viscosity Grade adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas pada temperatur tertentu menjadi priroritas penting dalam memilih oli.contoh :
SAE 20 angka dibelakang menunjukkan nilai kekentalanya,semakin tinggi angka semakin kental.kalau SAE 20W-50 berarti oli memiliki kekentalan SAE 20 pada suhu dingin dan 50 pada kondisi suhu panas.Sendangkan W adalah singkatan dari winter.

B.API ( American Petroleum Institute )

Kualitas dari oli ini ditunjukkan dalam kode huruf kedua dibelakang  kode API,Misalnya API SL kode menunjukkan digunakkan untuk mesin bensin sedangkan L menandakan mutunya nya makin menuju ke huruf Z berarti makin bagus mutunya.

2.JANGAN MENCAMPUR DENGAN BERBAGAI JENIS OLI

 artinya berbagai jenis dijadikan satu.oli sendiri dibedakan menjadi 2 : oli mineral dan oli synthetic.
Oli mineral adalah oli yang berbahan dasar dari oli dasar (base oil ) yang diambil langsung dari minyak bumi dan telah disempurnakan.

Tips Ganti Oli Motor
                           OLI MINERAL

Oli synthetic biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral yakni gas.senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral.

Tips Ganti Oli Motor

                            OLI SYNTHETIC

Berikut beberapa keunggulan dari oli synthetic:

● lebih stabil pada temperatur tinggi
●mencegah endapan karbon pada mesin
●melumasi dan melapisi metal dengan baik sehingga adanya gesekan antar logam
●sirkulasi lebih lancar pada pagi hari / start

3.GANTI OLI PADA SAAT MESIN DINGIN

Kenapa?? Karena baut pembuangan oil pada mesin akan cepat rusak dibagian ulirnya,jadi tidak.disarankan pada waktu panas

4.GANTI OLI TEPAT WAKTU

Artinya rata - rata pabrikan menganjurkan setiap 2000 km - 3000 km atau sekitar 2 bulan,oli mesin dianjurkan untuk diganti.Selengkapnya ada di Berapa kilometer ganti oli mesin.

Semoga dengan mengikuti beberapa tips ganti oli motor yang benar,InsyaAllah mesin motor anda akan selalu prima dan selalu siap menemani perjalanan anda kemanapun.
ENJOY YOUR TRIP AND HAVE FUN.

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Tips Ganti Oli Motor"