Widget HTML Atas

CARA GANTI OLI GARDAN MOTOR MATIC

Cara ganti oli gardan motor matic-Selain oli mesin,oli gardan atau oli transmisi juga perlu dilakukan pergantian secara rutin.Tujuannya agar tidak terjadi adanya gesekan di dalam area CVT.Oli gardan sendiri biasanya dilakukan pergantian setiap 8.000 km.Atau bisa juga dengan perbandingan 2 : 1 yang bisa di artikan setiap mengganti oli mesin sebanyak 2 kali baru mengganti oli gardan 1 kali.


Apabila anda membiarkan oli gardan tanpa pernah menggantinya,biasanya akan timbul suara bising di area CVT dan lama-lama CVT akan rusak.Melakukan pergantian oli gardan pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.Apalagi mengingat situasi pandemi yang terjadi saat ini.Bagi anda yang belum mengetahui caranya bisa menyimak beberapa informasinya dibawah ini.

CARA GANTI OLI GARDAN MOTOR MATIC


CARA GANTI OLI GARDAN MOTOR MATIC

  • Yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.Yakni Oli gardan sesuai dengan rekomendasi motor anda.Dan kunci T 10 mm untuk membuka bautnya.
  • Posisikan motor pada permukaan yang rata,gunakan standart tengah untuk mempermudah proses penggantian oli gardan.
  • Carilah lubang pembuangan oli gardan yang terletak dibawah pojok bagian kanan CVT,biasanya terdapat ring berwarna kuning emas.
  • Selanjutnya siapkan tempat penampung untuk oli gardan yang lama,Kendorkan baut lubang pembuangan dan copot menggunakan kunci T10 mm serta jangan lupa amankan baut serta ringnya.
  • Biarkan oli gardan mengalir ke tempat penampungan,kemudian miringkan motor dengan menggunakan standart samping agar semua oli gardan yang lama keluar semua.Tunggu hingga 2-3 menit sampai oli gardan tidak keluar lagi.
  • Setelah itu tutup kembali baut pembuangan dan kemudian buka baut lubang pengisian.
  • Gunting tutup botol oli gardan yang baru,kemudian tuangkan ke dalam lubang pengisian hingga habis oli gardan yang ada pada botol.
  • Setelah proses pengisian selesai,pasang kembali baut pengisian oli gardan dan kencangkan.
  • SELESAI.


Demikian cara ganti oli gardan motor matic,sangat mudah sekali dilakukan sendiri kan??

Untuk sekedar informasi tentang masalah harga oli gardan sekitar Rp 18 ribu.Anda bisa membelinya ditoko sparepart motor terdekat.Semoga informasi diatas tadi bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan.


Salam,antonkevas 👍👍

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com