Widget HTML Atas

Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah

Mengendarai sepeda motor matic memang sangat dimudahkan sekali,karena pengemudi tidak perlu repot-repot memasukkan gigi transmisi hanya tinggal menarik gas saja motor akan melaju.Segala kemudahan tersebut tak lain adalah karena komponen yang bernama CVT.Namun sudah tahukah bahwa perawatan di bagian Cvt ini ternyata lebih susah,jadi perlu sobat kenali 5 tanda Cvt motor matic bermasalah.

Kerusakan yang biasanya sering terjadi di sepeda motor matic adalah di bagian Cvt.Komponen ini kalau diibaratkan dalam motor bebek adalah sebagai rantai motor.Fungsi dan prinsip kerjanya sama,hanya berbeda bentuk fisiknya saja.

Masalah kerusakan komponen cvt memang akan membuat sobat pusing tujuh keliling,apalagi bagi sobat yang tidak memahami dunia perbengkelan sama sekali.Oleh sebab itu yuk simak penjelasan antonkevas dibawah ini mengenai tanda apa yang menandakan bahwa cvt motor matic sobat mengalami masalah.

5 Tanda Cvt Motor Bermasalah

1.Mesin Sering Bergetar

Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah



Kondisi mesin bergetar biasanya juga akan dibarengi dengan akselerasi motor yang endut-endutan.Biasanya frekuensi getaran akan terasa sekali sampai di bagian kemudi sepeda motor.Apabila kondisi seperti ini terjadi,kemungkinan besar penyebabnya ada di bagian roller.

Kondisi roller yang mulai aus biasanya akan berbentuk peyang atau kotak.Bila hal ini dibiarkan sampai waktu yang lama,roller akan mengalami pecah dan hancur.Perlu sobat ketahui bahwa umur pemakaian/ usia pakai roller biasanya 20.000 - 25.000 km.

Simak 4 Cara membuat Cvt lebih bertenaga 

2.Tarikan Motor Berat

Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah



Selain bagian roller yang membuat masalah,bagian rumah roller juga memberikan andil terhadap tarikan motor matic.Masalah rumah roller biasanya akibat sobat terlalu sering membawa beban yang melebihi kapasitasnya.Tetapi bisa juga akibat roller dalam kondisi peyang yang dipaksa bekerja secara terus menerus.

3.Transmisi Sering Berbunyi Berisik

Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah



Bunyi berderit pada motor matic,menandakan bahwa motor yang sobat kendarai mengalami kerusakan .Selain membuat risih juga sebagai tanda bahwa kondisi kampas kopling ganda sudah mengalami keausan.Bisa juga sebagai indikasi mangkok kopling ( kopling sentrifugal ) sudah tidak rata lagi.

Simak Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic 

4.Suara Kasar dan Bau Gosong

Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah



Di motor manual ada rantai motor sedangkan pada motor matic terdapat komponen v belt .Apabila kondisi V-belt sudah dalam kondisi kendor maka akan membuat tarikan motor endut-endutan dan berisik serta bau gosong.

Apabila hal tersebut terjadi,segera saja lakukan pengecekkan secara langsung atau bisa bertanya ke teman,saudara yang mengerti tentang mesin.

5.Muncul Suara Berdengung

Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah



Jika ketika motor dinyalakan muncul suara berdengung cukup keras berarti telah terjadi gejala kerusakan di bagian gear variable transmission.Lupa atau bahkan jarang melakukan pergantian oli gardan menjadi salah satu pemicu kerusakan pada komponen cvt motor matic.

Nah sudah mengerti kan sekarang,jadi bila motor matic sobat muncul gejala seperti di atas dan menimbulkan suara aneh maka sobat tidak perlu khawatir lagi.Tinggal lakukan pengecekan di bagian countiunosly variable transmission ( CVT ).

Salam Gas Puoll,,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Kenali 5 Tanda Cvt Motor Matic Bermasalah"