Widget HTML Atas

Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic

 Ganti kampas ganda motor matic-Berkendara dengan menggunakan motor matic memang dipermudah sekali,karena kita hanya tinggal menarik gas saja maka motor akan melaju sendiri.Tanpa harus memasukkan gigi transmisi terlebih dahulu.Namun akan menjadi hal yang berbeda apabila tarikan motor atau akselarasi menjadi lebih lambat.Hal ini biasanya dikarenakan kampas ganda dibagian cvt sudah mengalami keausan.

Kampas ganda atau kampas sentrifugal ini menempel pada pulley dibagian belakang dan akan bekerja setelah mencapai sekitar 800 rpm.Akibat pemakaian yang terus menerus,tentu saja kampas ganda ini mengalami penipisan sehingga akan berpengaruh pada tarikan motor.

Penipisan kampas ganda sendiri biasanya disertai dengan beberapa tanda seperti bunyi berderit ketika motor akan melaju serta yang akselarasi yang loyo.Namun untuk memastikannya alangkah baiknya bila dilakukan pengecekkan secara langsung,karena bunyi berderit bisa juga akibat banyaknya kotoran.

Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic

Sebelum lakukan pembongkaran,alangkah baiknya apabila mempersiapkan alat yang diperlukan antara lain yaitu:

  • Kunci T8
  • Kunci treker CVT untk membuka kampas ganda
  • Kunci shock 19
  • Kunci shock 34
  • Kunci Inggris apabila tidak ada kunci shock 34

Langkah - langkah ganti kampas ganda

1.Yang pertama kali dilakukan adalah membuka semua cover penutup cvt dengan menggunakan kunci T8


Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic



2.Kemudian gunakan kunci shock 19 untuk membuka mur bagian mangkok,serta gunakan treker cvt yang telah disediakan untuk menahan agar mangkok tidak ikut berputar.


Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic




3.Setelah mur terlepas,tarik mangkok tersebut dari dudukannya.


4.Kemudian tarik juga kampas dengan menekan sliding atau rumah kampas agar posisi vanbelt pada pulley menjadi kendor.Dan tarik keluar akan vanbelt mudah untuk dilepas.


Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic




5.Setelah itu kendurkan mur dengan menggunakan kunci shock 34 untuk melepas pegangan pulley.Dan kemudian lepas kampas ganda tersebut.


Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic




6.Ukur terlebih dahulu kampas ganda tersebut,apabila ketebalan kampas ganda sekitar 2 atau lebih sebaiknya bersihkan saja karena masih bisa digunakan.Tapi alangkahbaiknya apabila langsung diganti saja.Karena ketebalan kampas ganda baru biasanya sekitar 4 mm saja.


Apabila kampas ganda baru telah terpasang,lakukan kembali pemasangan seperti pada semula.Lakukan secara berurutan dan sangat mudah sekali dan teliti kembali proses pemasangannya agar tidak ada bagian yang tertinggal.


Untuk kampas ganda sendiri,menurut aturan standartnya biasanya dilakukan pergantian setelah mencapai 25.000 kilometer.


Dalam mengganti kampas ganda pada motor matic pada umumnya sama,mungkin sedikit berbeda adalah di ukuran mur penguncinya.Ini biasanya tergantung dari merk motor yang digunakan.Artinya semua prinsip langkah - langkahnya sama.

Selain itu melakukan perawatan dengan cara mengganti v-belt motor matic serta selain itu juga anda harus memperhatikan oli transimi.Untuk cara penggantiannya dapat dilihat di cara ganti oli gardan motor matic.

Itulah cara mudah mengganti kampas ganda motor matic,semoga bisa menambah ilmu dan membantu anda yang tidak tahu bagaimana cara mengganti kampas ganda pada motor matic anda.


selamat mencoba,,


antonkevas.com👍👍

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Mengganti Kampas Ganda Motor Matic"