Widget HTML Atas

CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC

Cara Mengganti V-Belt Motor Matic-Bagi anda pengguna motor matic tentu saja sudah tidak asing lagi mendengar kata v-belt.V-belt atau vanbelt adalah satu komponen yang ada pada motor matic ,cara penggunaanya sama persis atau nyaris sama dengan rantai namun memakai bahan karet.Fungsi dari v-belt sendiri yaitu meneruskan putaran dari pulley bagian depan/mesin ke pulley bagian belakang/roda.

Seiring waktunya pemakaian v-belt sendiri harus dilakukan perawatan unutk menjaga performanya agar tetap optimal.Menurut buku petunjuk dari pabrikan,para pemilik kendaraan bermotor khususnya motor matic dianjurkan untuk mengganti v-belt motor maticnya apabila sudah menempuh jarak sejauh 20 ribu kilometer.Namun ada juga yang menganjurkan kurang bahkan lebih dari jarak tersebut diatas.

Sebaiknya untuk mengetahui dan memastikan kondisi v-belt harus diganti atau tidaknya,para pemilik motor matic harus melihat dan mengecek langsung kondis v-belt tersebut.Dan sebelum anda mengecek dan melihat secara langsung ada baiknya anda terlebih dahulu mengenali ciri-ciri v-belt motor anda sudah harus segera diganti.

CIRI-CIRI V-BELT MOTOR MATIC YANG HARUS SEGERA DIGANTI

1.KONDISI V-BELT YANG SUDAH RETAK


CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


Salah satu cara yang termudah untuk mengenali v-belt motor anda yaitu dengan cara melihat langsung kondisi v-belt,dengan memastikan kondisi bentuk lekuk yang membentuk huruf V yang mengelilingi pada bagian v-belt.Perhatikan apakah ada bagian yang retak,jika ada maka sudah dapat dipastikan v-belt motor harus segera diganti,agar tidak terjadi putus.

2.TARIKAN MOTOR NGEMPOS


CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


Apabila motor anda pada waktu dikendarai mengalami perubahan,terutama pada tarikannya bisa jadi menjadi salah satu indikasi bahwa v-belt anda sudah mengalami kendor sehingga mengakibatkan tarikan menjadi ngempos.Dan apabila masalah ini dibiarkan terus malah bisa mengakibatkan terjadi slip,aus dan lama-lama putus.

3.GETARAN TERASA PADA SAAT BERJALAN


CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


Tanda-tanda sperti ini biasanya akan muncul ketika motor berjalan,bahkan apabila sudah parah sekali kondisi v-bel maka laju motor akan terasa sendet-sendet.Kondisi sperti ini tentu tidak akan mengenakkan sekali terutam bagi yang menggunakan.

Untuk masalah harga v-belt sendiri berbeda-beda menurut jenis merk motor yang digunakan.Mohon sebaiknya apabila melakukan pergantian v-belt sekaligus juga melakukan pergantian dibagian roller.

CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC

Sebelum anda melakukan pergantian v-belt alangkah baiknya anda menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan,apabila anda ingin melakukan pergantian sendiri tanpa membawa ke bengkel.


CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


ALAT DAN BAHAN
  • Kunci T8 mm
  • Obeng + (mata besar)
  • Obeng + (mata kecil)
  • Kunci Shock 17 mm
  • Kunci Shock 19 mm
  • Kunci Shock 22 mm
  • Kunci Shock 24 mm
  • Tracker pully cvt
  • V-belt baru
  • Roller baru
  • Grease
UNTUK MOTOR YAMAHA

1.Buka cover penutup CVT disamping dan diatas dengan melepas baut 8 mm dengan menggunakan kunci T8 dan baut dengan obeng + yang bermata besar.

2.Lepaskan sisi bagian filter dari cover CVT dengan membuka pengikat cover fiter serta klem air duct dan selanjutnya lepaskan cover dari crankcase cover.

3.Buka pully CVT bagian depan menggunakan kunci shock 17 mm serta dengan menggunakan tracker pully sebagai penahan supaya pully tidak berputar hingga mur bisa terlepas.


CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


4.Buka mur beserta ring penahan SHEAVE PRIMERY FIXED atau pully adri sisi bagian luar penggerak utama/mesin.

5.Kemudian copot v-belt dari pully sekunder/belakang.

6.Buka PRIMERY SLIDING SEAVE COMP atau tempat tinggal roller,jangan lupa untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel


CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


7.Jangan lupa buka juga kopling sentrifugal dengan menggunakan kunci shock 24 mm dan kunci tracker CVT,kemudian bersihakan dan berilah grease.

8.Setelah semua bagian v-belt dan roller diganti baru dan bersih serta di beri grease,lakukan kembali pemasangan seperti semula kembali.Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal dan selesai.


UNTUK MOTOR HONDA

1.Buka cover penutup CVT dengan menggunakan kunci T8 mm

2.Setelah semua baut terlepas,lepaskan secara perlahan-lahan dengan cara mengetok-etok agar gampang terlepas.

3.Copot gir stater yang terdapat diatas tempat tinggal roller

4.Kemudian lepaskan mur penahan pully bagian depan menggunakan kunci shock 22 mm dan tracker pully sebagai penahan sehingga mur bisa terlepas.

5.Setelah itu juga lepaskan mur penahan pully bagian belakang dengan menggunakan kunci shock 22 mm dan kunci tracker CVT lalu bersihkan bagian tersebut



CARA MENGGANTI V-BELT MOTOR MATIC


6.Copot secara bersamaan pully depan dan belakang,ganti v-belt dan roller dengan yang baru.Jangan lupa bersihkan semua bagian yang kotor sampai bersih.
7.Setelah semua bagian v-belt dan roller terpasang,serta sudah diberi grease dan bersih maka pasang kembali seperti semula.Pastikan tidak ada bagian yang tertukar atau tertinggal dan selesai.

Demikian cara mengganti v-belt motor matic,ternyata sangat mudah dipraktekan dirumah.Dan jangan lupa juga untuk merawat mesin anda dengan Tips Mengganti oli motor yang benar sehingga motor anda selalu bekerja secara optimal.Jangan lupa untuk melakukan pergantian v-belt secara rutin dan lakukan perawatan.Semoga dapat memberikan manfaat dan informasi bagi anda semuanya.


salam,antonkevas👍👍
antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com