Widget HTML Atas

5 Penyebab Motor Mati Saat Masuk Gigi Beserta Solusinya

 Salah satu masalah pada motor manual atau motor bebek yang sering terjadi pada umumnya adalah motor mati saat dilakukan pengoperan gigi.Tentu saja hal ini akan merepotkan sekali,terutama bagi sobat yang tidak terbiasa menggunakan motor manual.Oleh karena itu antonkevas akan berbagi informasi mengenai 5 penyebab motor mati saat masuk gigi beserta solusinya.

Melakukan pengoperan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan bagi motor manual.Karena motor tidak akan bergerak maju 1 meter pun,walaupun gas sudah ditarik sampai puol.Berbeda dengan motor automatic yang ditarik sedikit gas,motor akan bergerak.

Penyakit motor seperti ini,biasa terjadi karena masa umur pemakaian yang sudah terlalu lama.Biasanya berhubungan dengan bagian kopling maupun kampasnya.Jadi ketika sobat memasukkan gigi dan melepasnya,motor seperti mau loncat dan mati.Namun bila rpm motor sobat lumayan tinggi biasanya hal ini bisa dihindari.

5 Penyebab Motor Mati Saat Masuk Gigi Beserta Solusinya


PENYEBAB MOTOR MATI KETIKA MASUK GIGI

Hal-hal berikut yang akan menjadi salah satu penyebabnya:

1.KAMPAS KOPLING MENEMPEL DAN BERPUTAR DENGAN MANGKUK KOPLING

Kampas kopling seharusnya menempel dengan mangkuk kopling ketika kondisi kampas sentrifugal sudah mengembang.Namun yang terjadi adalah kampas yang terlebih dahulu menempel pada mangkuk kopling.Sehingga ketika motor dalam kondisi menyala,poros transmisi ikut berputar.

Salah satu solusinya adalah dengan menarik rpm dengan lebih besar,agar ketika melepaskan gigi motor tidak mati dan bisa sobat gunakan untuk berjalan.

Namun bila masalah tersebut belum bisa teratasi,sobat harus melakukan pembongkaran agar masalah tersebut bisa diatasi.Bila sobat memang tidak mengetahui dengan baik,sebaiknya bawa saja ke bengkel.

2.TERJADI MASALAH PADA PER KOPLING

5 Penyebab Motor Mati Saat Masuk Gigi Beserta Solusinya


Fungsi dari per kopling adalah menjaga agar kampas kopling tidak mengembang ketika motor sedang stasioner,serta menarik kembali kampas ketika mesin motor mati.Per koplingganda  pada sebuah unit kopling biasanya ada 3 buah unit.Apabila salah satu per kopling mengalami masalah dengan rusaknya baut per  sehingga membuat per terlepas maka akan mempengaruhi kinerja kopling.

Solusi yang paling tepat adalah dengan membongkar dan memeriksa apakah benar per kopling terlepas atau ada masalah dibagian lainnya.

3.SETELAN KOPLING TIDAK TEPAT

5 Penyebab Motor Mati Saat Masuk Gigi Beserta Solusinya



Untuk motor manual seperti motor bebek,terdapat baut penyetelan kopling yang bisa diatur apabila kopling mengalami masalah.Fungsi baut setelan ini adalah untuk membebaskan kampas kopling.Jadi ketika sobat akan memasukkan gigi terasa berat atau bahkan terasa nendang ketika dilepaskan,coba untuk mengatur baut setelan ini.

Namun bila motor sobat sudah dilakukan modifikasi dengan memasang kopling tangan,coba dengan mengatur adjuster yang berada diujung kabel .Jangan mengatur dengan terlalu pendek,karena bila terlepas sedikit motor bisa nendang serta mesin motor mati.Baca juga cara mengatasi kabel kopling putus.

4.PLASTIK DUDUKAN KACANG KOPLING HANCUR

Untuk salah satu type motor tertentu,biasanya terdapat rumah cage atau tempat dudukan kacang kopling yang terbuat dari plastik.Nah cage inilah yang mengalami kerusakkan,biasanya pecah.Dan akibatnya bisa membuat mesin motor mati ketika masuk gigi.Langkah terbaik adalah dengan melakukan pembongkaran dan melakukan pergantian cagenya.

5.SETELAN IDLE RPM TERLALU TINGGI

Untuk masalah idle rpm yang terlalu tinggi memang kadang bisa menjadi penyebab motor mati saat masuk gigi.Terutama bila setelan kopling terlalu pendek dan idle rpm terlalu tinggi sehingga pengendara terkejut sampai menimbulkan mesin mati.Pastikan setting idle rpm dengan tepat,karena mesin sudah dalam kondisi panas stasioner rpm juga akan ikut naik.

Namun bagi sobat yang ingin mengenai sepeda motor yang menggunakan kopling tangan,dibutuhkan trik tersendiri terutama untuk seorang pemula.Berikut cara melepas kopling motor agar mesin tidak mati:
  • Pelajari karakter tenaga motor dan torsinya
  • Membiasakan untuk melepas kopling secara halus
  • Lakukan penambahan gas secara perlahan dan bertahap
  • Lakukan peatihan perpindahan gigi pada torsi maksimal
  • Ketika mau berhenti tekan rem secara perlahan dan mengurangi gigi serta menarik kopling secara penuh
  • Kenali perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5-6 atau 1-N-2-3-4-5-6

Nah untuk mengatisipasi hal ini terjadi,sebaiknya sobat sering dengan melakukan pergantian oli tepat waktu.Pilihlah oli dengan benar karena dipasaran banyak oli palsu yang beredar.Jadi pahami juga tips membedakan oli palsu agar sobat tidak menjadi korban.Untuk cara mengganti kampas kopling yang benar bisa sobat lihat di bit.ly/3mJtYGW.

Itulah 5 penyebab motor mati saat masuk gigi,semoga dengan membaca artikel ini permasalahan motor yang sobat hadapi seperti diatas bisa terselesaikan.Tetap melakukan perawatan mesin secara berkala agar meminimalisir resiko kerusakkan pada motor kesayangan sobat.


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "5 Penyebab Motor Mati Saat Masuk Gigi Beserta Solusinya"