Widget HTML Atas

Arti Warna Kabel Spul Motor Grand ( Honda Series )

Spul motor grand-Bagi sobat yang sudah terbiasa mengotak-atik sepeda motor tentu sudah terbiasa dengan komponen yang bernama spul.Namun untuk arti warna kabel spul motor tentu belum tentu paham.Bahkan banyak yang belum mengetahuinya,oleh sebab itu kita simak saja penjelasan dari bang antonkevas.

Menurut fungsinya kabel pada spul motor berguna untuk menghubungkan arus listrik dari komponen satu ke komponen yang lain.Namun untuk merk motor satu dengan merk motor yang berbeda dalam penggunaan warna kabelnya.

Nah untuk pembahasan artikel kali,akan membahas seputar warna kabel spul motor Honda series.Seperti sobat ketahui sendiri,bahwa peminat motor berlambang sayap paling dominan di tanah air.

Untuk motor Honda series yang dimaksud adalah motor bebek yang diluncurkan oleh Honda mulai dari:

  • Astrea Star
  • Astrea Prima
  • Astrea Grand
  • Astrea Legenda
  • Supra
  • Supra X
  • Supra Fits
  • Supra Fits X/S

Ke 8 merk motor tersebut diatas memiliki atau menggunakan warna kabel spul motor yang warnanya dan bahkan plug and play.

Warna kabel spul motor Grand terdiri dari 4 macam warna kabel,masing-masing warna kabel tersebut tentu saja mempunyai kegunaan yang berbeda-beda juga.Tetapi ke empat kabel tersebut saling berkaitan,jadi apabila terdapat salah satu bahkan dua kabel mengalami masalah maka akan mengakibatkan komponen lain tidak akan berfungsi.

Arti Warna Kabel Spul Motor Grand ( Honda Series )


Warna Kabel Spul Motor Grand ( Honda Series )

1.Kabel Warna Kuning

Untuk kabel warna kuning pada spul motor grand di manfaatkan sebagai arus awal penerangan atau banyak yang menyebut dengan spul lampu.Arus dari aliran ini akan masuk ke komponen yang bernama kiprok dan di sini arus akan diubah dari  arus AC menjadi arus DC yang menuju lampu utama.

2.Kabel Warna Hitam Garis Merah

Untuk kabel warna hitam garis merah difungsikan sebagai arus awal pengapian atau banyak yang menyebut dengan istilah spul pengapian.Apabila kondisi spul pengapian ini dalam kondisi lemah maka busi motor tidak akan mampu mengeluarkan percikan api.Karena ini merupakan sumber arus yang mengalir ke bagian busi.

Untuk melihat beberapa gejala spul pengapian ini lemah,bisa sobat baca di artikel ciri- ciri spul motor rusak.

3.Kabel Warna Putih

Untuk kabel warna putih di manfaatkan sebagai spul pengisian,merupakan sumber pengisian arus yang mengalir ke bagian aki motor.Spul ini akan bekerja mengisi arus yang dibutuhkan pada sepeda motor dihidupkan sehingga arus selalu tetap stabil.Namun sebelum ke bagian aki motor,arus ini terlebih dahulu singgah di bagian kiprok.Di bagian kiprok arus tersebut di stabilkan dahulu tegangannya sehingga tidak terjadi over tegangan.

4.Kabel Warna Biru Garis Kuning

Untuk kabel warna biru garis kuning di fungsikan sebagai kabel pulser.Dengan adanya kabel pulser ini akan menstabilkan sistem pengapian ketika motor menyala.Apabila kabel pulser mengalami masalah,silahkan baca juga fulser mati simak cara mengeceknya.

Demikianlah informasi mengenai arti warna kabel spul motor grand ( Honda series ),semoga dengan adanya artikel ini sobat jadi lebih paham dan tidak bingung ketika mengalami masalah pada bagian spul.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Arti Warna Kabel Spul Motor Grand ( Honda Series )"