Widget HTML Atas

Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri

 Spul motor yang mengalami kerusakan pasti akan menimbulkan masalah pada motor,salah satunya motor tidak bisa di nyalakan.Salah satu ciri spul motor rusak/bermasalah biasanya karena gulungan pada spul terbakar dan di tandai dengan kondisi gosong.Bagi sobat yang ingin memperbaiki spul caranya ada 2 yakni melakukan pergantian atau melakukan gulung spul motor sendiri.

Untuk melakukan penggulungan spul motor secara mandiri memang memerlukan cara tersendiri.Karena apabila sobat salah dalam melakukan penggulungan,tentu saja spul tidak akan bisa digunakan bahkan akan terbakar kembali.Nah bagi sobat yang belum mengetahui caranya,silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Gulung Spul Motor dengan Mudah

Di bawah ini adalah salah satu contoh gulung spul motor grand.Bagian yang rusak pada spul ini adalah spul AC cdi.

Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri


Hal yang perlu sobat lakukan adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan

  • Kunci T8 atau T10
  • Kawat tembaga ukuran 0.10 - 0.15 mm kwalitas jerman atau belanda
  • Pulpen yang sudah tidak isinya
  • Gergaji besi 
  • Solder listrik beserta timah
  • Selotip atau plester
  • Plastik steel

Langkah-langkah Gulung Spul Motor

1.Langkah pertama yang harus di lakukan adalah melakukan pengecekkan kabel spul motor terlebih dahulu dengan avometer.Tujuannya untuk memperkuat bahwa memang benar spul dalam keadaan rusak.

Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri


2.Siapkan beberapa kunci seperti T 8 atau T 10,kemudian buka baut blog magnet sebelah kiri mesin.

3.Setelah terbuka,amati dengan teliti spul terlebih dahulu dan lepaskan soket kabel spul agar mempermudah proses pelepasan.

4.Kemudian lepaskan spul motor dari blog mesin tersebut,perhatikan kondisi baut yang mengikatnya.

Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri


5. Langkah selanjutnya bongkar lilitan yang terbakar tersebut,gunakan gergaji besi untuk memotongnya.Sambil sobat ingat berapa jumlah lilitannya.Atau bisa juga dengan menimbang berat kawat tersebut.Jangan lupa untuk membersihkan kren tersebut.

6.Setelah kren dalam keadaan bersih sobat bisa melakukan pelilitan dengan menggunakan kawat tembaga yang sudah di persiapkan.

7.Lapisi terlebih dahulu kren dengan selotip atau plaster luka agar kawat tidak tergores dengan kren.Untuk melakukan pelilitan gunakan pulpen.Caranya masukkan kawat ke dalam pulpen,seperti memasukkan benang ke dalam jarum.

Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri


8.Perlu sobat ingat!!

Untuk spul motor yang menggunakan pulser,sobat bebas dalam menentukan arah gulungan spul motor tersebut.Mau searah jarum jam boleh atau kebalikan jarum jam juga boleh.Karena pulser yang akan mengatur kapan keluarnya arus listrik tersebut.

9.Gulung spul sampai dirasa penuh.Kemudian lakukan penyolderan di bagian kutub (-) dan kutub (+).Jangan lupa juga untuk melakukan penutupan gulungan spul tersebut,bisa menggunakan selotip atau plester.

Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri


10.Setelah gulungan spul tertutup,di bagian kutub negatif dan positip juga dilakukan penutupan dengan plastik steel.

11.Maka langkah selanjutnya pasang kembali spul motor seperti semula dan SELESAI.

CARA MENGECEK GULUNGAN SPUL MOTOR

Nah untuk memastikan langkah-langkah yang telah sobat lakukan diatas,bisa melakukan dengan tindakan berikut:

1.Pada kedua ujung kawat tembaga kutub (-) dan (+) dilakukan pengukuran dengan avometer.Jika terjadi hubungan berarti langkah gulung spul motor berhasil.

2.Pada kedua ujung kawat tembaga di ukur ke massa,apabila pada avometer tidak terjadi hubungan berarti langkah spul motor berhasil.

Demikian informasi yang antonkevas sampaikan,semoga dengan membaca artikel mengenai cara mudah gulung spul motor sendiri bisa menambah pengetahuan sobat semuanya.Dan apabila sobat mengalami masalah seperti spul motor rusak tidak akan merasa panik.


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Gulung Spul Motor Sendiri"