Widget HTML Atas

Rumus Menghitung Lebar Squish Head

 Squish adalah salah satu kata istilah yang kerap sobat dengar di dunia balap motor, karena sangat berpengaruh dengan performa motor.Oleh sebab itu antonkevas akan membagikan rumus menghitung lebar squis dibagian head silinder.Jika saja terjadi salah pengaturan dalam settingan dengan squish,bukannya menaikkan performa malah akan menurunkan performa motor itu sendiri.Pada squish ada istilah lebar squish, sudut squish, dan jarak squish dengan piston

Kegunaan atau manfaat dari Squish adalah sebagai pengarah perubahan kecepatan campuran antara bahan bakar dan udara pada dome,agar terjadi pembakaran yang sempurna. Dan manfaat squish lainnya adalah sebagai pemadat kompresi motor agar kompresi menjadi lebih tinggi, oleh sebab itu banyak para mekanik balap yang melakukan memapas silinder headnya dan mengatur ulang kembali squish untuk mendapatkan kompresi tinggi dan padat pada motor.

 

Sudut squish adalah derajat kemiringan squish yang diukur dari rata kepala silinder. Dan ukuran lebar squish adalah gate position aman piston dengan squish, karena apabila gate position ini tidak diatur dengan benar piston akan berbenturan dengan kepala silinder.Dan akibatnya head silinder dan piston akan bertubrukkan dan fatal akibatnya.


Rumus Menghitung Lebar Squish Head



Rumus Menghitung Lebar squish 


Idealnya sebuah motor biasanya disetting di paling aman yaitu diset pada 45% - 50 % lebar squish.Karena apabila diketahui lebar squish lebih dari 50% dari lebar dibagian kepala piston,digunakan untuk mengejar tenaga di rpm bawah.Begitu sebaliknya bila kurang dari 45% untuk mengejar tenaga di rpm atas.


misal telah diketahui piston sebuah motor Yamaha F1ZR dengan diameter 52 mm dan lebar squish motor pabrikkan biasanya 8 mm,maka:

 

Untuk mengatur performa motor melalui squish,maka lebar muka piston dapat dihitung pakai rumus :


 RUMUS = 1/4 x 22/7 x D²


Maka perhitungannya menjadi:


¼ x 3,14 x 52² = 2122,64 mm² ( L A )


 Jika lebar squish standart pabrikkan 8 mm,maka akan dikalikan dua jadi 16 mm.

 Maka langkah selanjutnya adalah diameter piston 52 mm dikurangi 16 mm jadi 36 mm. Dan akan diketahui :


Luas squish efektif


RUMUS = ¼ x 3,14 x D².

                = ¼ x 3,14 x 36² = 1017,36 mm² ( L B )


Maka akan diketahui:


L A = 2122,64 mm²

L B = 1017,36 mm²

 

Selanjutnya akan  dikonversi dalam presentese : 1017,36 / 2122,64 x 100 = 48%

maka akan diketahui bahwa presentase lebar squish motor yamah f1zr diatas termasuk dalam kategori yang sedang,karena masih bermain dibatas aman yakni di range 45% - 50%.

Jika sobat ingin melakukan set lebih atau kurang dari range tersebut,sebaiknya sobat sudah mengetahui karakter lintasan atau karakter pengendara dalam membawa motornya.Selain itu ada beberapa cara untuk menambah kecepatan motor,seperti cara berikut:

Demikian informasi menengai rumus menghitung lebar squish head sebuah motor.Semoga informasi diatas bisa memberikan wawasan serta menambah ilmu pengetahuan sobat semuanya.


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Rumus Menghitung Lebar Squish Head "