Widget HTML Atas

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik

 Oli mesin merupakan salah satu faktor yang menjaga komponen didalam mesin agar selalu dalam kondisi terbaik.Oleh karena itu keberadaan oli mesin sangatlah penting,oleh sebab itu menggunakan oli mesin 2 tak dan 4 tak terbaik menjadi salah satu solusi terbaik.

Namun untuk mendapatkan oli motor terbaik,diperlukan ketelitian dan kecerdikan dalam memilih oli motor karena dipasaran terdapat oli mesin dengan kualitas kw.Membedakan oli palsu dan asli sebenarnya tidaklah rumit,bisa dengan melihat bungkus kemasan dan kode produksinya.

Tips Memilih Oli Mesin yang tepat

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


1.Pilih Oli Mesin dengan SAE Yang Sesuai

Menggunakan oli mesin pada sebuah mesin biasanya didasari dengan tingkat kekentalan yang sesuai.Untuk di tanah air biasanya ditandai dengan kode SAE.Merupakan singkatan dari The Society of Automotive Engineering.

Umumnya kode SAE ini di ikuti dengan angka,contohnya SAE 15W-50.Yang mempunyai arti masih layak digunakan di suhu minus 15 derajat celcius serta memiliki tingkat keenceran di angka 50.Sedangkan huruf W ( winter )  memiliki arti temperature dingin dan angka didepan W semakin kecil maka tingkat keencerannya makin tinggi.

2.Pilih Oli Mesin Sesuai Dengan Kapasitas Kinerja Mesin

Untuk beberapa mesin memiliki kinerja yang berbeda-beda,mulai kinerja yang ringan sampai kinerja yang sangat berat.Oleh sebab itu penting untuk bisa memahami kondisi mesin yang sebenarnya.

Untuk kinerja mesin yang sangat berat,tentu harus diimbangi dengan oli mesin yang mampu menahan gesekan antar komponen dengan kuat.Oleh sebab itu,sebaiknya disarankan untuk menggunakan oli mesin yang memakai kode API ( American Petroleum Institute ).

Mempunyai beberapa kode yang selalu diawali dengan huruf S.Dipasaran sendiri terdapat beberapa kode seperti SA,SB,SC,SD dan SE.Jadi semakin tinggi abjad yang mengikuti huruf S,maka semakin tinggi pula tingkat tingkat kemampuan oli mesin menahan gesekan didalam mesin.

=> Simak 6 cara Mengatasi Oli Mesin Motor Bocor

3.Pilih Sesuai Dengan Jenis Motor dan Jenis Koplingnya

Di Indonesia sendiri mayoritas pengguna sepeda motor banyak di dominasinoleh motor bebek,motor matic dan motor sport.Sedangkan untuk jenis kopling yang dipakai dibedakan menjadi jenis kopling basah dan jenis kopling kering.

Untuk jenis kopling basah banyak dipakai pada sepeda motor bebek dan motor sport.Jenis kopling basah biasanya menggunakan oli dengan kode JASO ( Japanese Automotive Standart Organization ).Dan kode yang dipakai kopling basah adalah JASO MA.

Sedangkan untuk jenis kopling kering digunakan pada sepeda motor matic dan menggunakan kode JASO MB.

Oli mesin sendiri menurut jenis bahan pembuatnya dapat dibedakn menjadi beberapa jenis oli mesin,antara lain:

1.Oli Mineral

Terbuat dari bahan minyak bumi yang diolah melalui beberapa tahap proses yakni proses penyulingan mineral.Merupakan sebuah oli yang tahan terhadap proses penguapan,tetapi untuk tingkat kekentalannya gampang sekali berubah karena tidak tahan terhadap suhu yang tinggi.

2.Oli Sintetis

Oli sintetis juga diambil dari bahan minyak bumi tetapi telah melalui beberapa tahapan sehingga mendapatkan kualitas oli dengan kekentalan yang lebih stabil.Sehingga tahan terhadap suhu yang ekstrem karena lebih cepat menguap.

3 Oli Sintetis 

Merupak gabungan oli mineral dan oli sintetis,dan sangat cocok dipakai untuk motor dengan kategori sport maupun motor keluaran terbaru saat ini.

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik

1.MOTUL

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Sobat pasti sudah tidak asing lagi mendengar oli mesin dengan merk MOTUL.Oli mesin yang banyak di pakai pada motor sport,terutama bagi para pengguna kawasaki Ninja RR 2 tak.

Dengan menggunakan oli mesin MOTUL mampu membuat gesekan didalam mesin berkurang dan menjadikan suara mesin sangat halus.

Untuk harga oli mesin Motul dibanderol dengan kisaran harga 100 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah.

2.CASTROL

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Oli mesin Castrol merupakan salah oli mesin yang sudah teruji kualitasnya.Terbukti sudah banyak para pemilik yang menggunakan oli merk Castrol sebagai pilihan utamanya.

Untuk harga oli mesin Castrol dibanderol lebih murah dibanding dengan Motul,yakni di kisaran harga 70nribu rupiah.

3.SHELL

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Oli mesin merk Shell telah banyak dikenal diberbagai negara selain di Indonesia.Memiliki kualitas yang terbukti sangat bagus dan juga dibuat dengan menggunakan tekhnologi yang sangat canggih.Maka tak heran apabila kualitas oli memang jempolan.

Untuk harga oli mesin Shell di Indonesia dijual dikisaran harga 50 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah.

4.REPSOL

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Merupakan oli mesin keluaran Honda yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia.Oleh karena itu banyak para pengguna motor Honda yang menggunakan Repsol sebagai oli mesin utamanya.

Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Habis

Untuk kualitasnya tentu sudah tidak diragukan lagi,karena produk Repsol sendiri sudah mendunia.Sedangkan harga oli motor Repsol sangat terjangkau sekali untuk kalangan masyarakat tanah air.

5.AHM OIL

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Sama dengan oli mesin Yamalube,oli mesin ini tersedia dalam berbagai macam jenis yang mampu dipakai pada motor bebek,matic serta motor sport.Mempunyai kualitas top markotop dan juga menjadi salah satu pilihan para pengguna sepeda motor.Dan sangat dianjurkan untuk oli motor matic Honda Beat.

Harga oli mesin AHM dimulai dari kisaran 50 ribu rupiah keatas.

6.EVALUBE

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Kalau yang diatas merupakan produksi Honda,untuk oli motor Evalube merupakan besutan dari Yamaha.Oli mesin ini dibuat dengan menggunakan tekhnologi yang sudah modern dan canggih.Memiliki kualitas yang sangat bagus dengan mampu mengurangi gesekan didalam mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus.

Untuk harga oli mesin Evalube juga tidak jauh berbeda harga oli Repsol.

7.YAMALUBE

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Selain oli mesin Evalube,dipasaran juga terdapat oli mesin Yamalube,sama-sama merupakan oli mesin keluarannYamaha.Oli mesin ini banyak digunakan untuk motor bebek,motor matic serta motor sport Yamaha.

Mempunyai kualitas yang sangat mantap sehingga membuat para pengguna motor Yamaha yakin menggunakan oli mesin ini.

Untuk harga oli mesin Yamalube berkisar 50 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah.

8.ENDURO

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Merupakan oli mesin besutan Pertamina,salah satu perusahaan BUMN di bidang minyak bumi di Indonesia.Memiliki kualitas yang cukup bagus dan banyak dipakai disemua kalangan pengguna motor.

Harga oli mesin Pertamina Enduro ini,dijual dengan harga 35 ribu rupiah sampai 50 ribu rupiah.

9.MESRAN

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Selain mengeluarkan produk Enduro,pihak Pertamina juga mengeluarka produk yang diberi nama Mesran.Memiliki harga jual yang cukup murah terjangkau dan tetap memiliki kualitas yang cukup bagus.Oli mesin Mesran sudah sangat familiar sekali di kalangan masyarakat di tanah air.

10.FASTRON

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Selain oli mesin Enduro dan Mesran,ternyata Pertamina juga mengeluarkan oli mesin Fastron dipasaran.Dibanding kedua merk diatas,oli mesin Fastron lebih disukai para pengguna motor.Memiliki kualitas yangblebih bagus dibanding Enduro dan Mesran.

Untuk harga oli mesin Fastron dijual dengan kisaran harga 40 ribu rupiah sampai 150.ribu rupiah.

11.FEDERAL

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Merupakan salah satu merk oli mesin yang pernah berkolaborasi dengan salah satu pabrikan besar Honda.Memiliki kualitas yang cukup bagus dan banyak digunakan para pengguna sepeda motor.Karena mampu mengurangi gesekan antar komponen didalam mesin.

Harga oli mesin Federal juga cukup terjangkau,karena hanya dikisarn harga 30 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah.

12.TOP ONE

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Salah satu merk oli mesin yang sangat terkenal di Indonesia.Oli mesin terbaik dari negeri Amerika terbukti mampu mendinginkan mesin dengan cepat serta mampu mengurangi gesekan.

Oli merk Top one sangat mudah ditemui diseluruh pelosok tanah air.Harga jual oli mesin Top one dimulai dari 40 ribu rupiah sampai 150 ribu rupiah.

13.FUCHS SILKOLENE

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Oli mesin yang memiliki kualitas yang sangat bagus yang mampu memininkan getaran mesin,mendinginkan suhu mesin serta membuat suara mesin tetap halus.Oli mesin Fuchs Silkolene merupakan oli mesin besutan Inggris.

Harga oli mesin Fuchs Silkolene dijual dengan harga 65 ribu rupiah sampai 80 ribu rupiah.

14.KGO

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Merupakan singkatan dari Kawasaki Genuine Oil adalah sebuah oli mesin yang direkomendasikan untuk digunakan pada motor kawasaki,salah satunya Kawasaki Ninja.

Mempunyai kualitas yang sangat bagus yang membuat mesin selalu dalam keadaan dingin dan halus suaranya.

15.BM 1

15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik


Selain oli mesin Top 1 ada juga oli mesin BM 1.Merupakan oli mesin yang mampu mendinginkan suhu panas mesin lebih cepat serta sekaligus mampu membuat kampas kopling menjadi lebih awet.

Oleh karena itu bang antonkevas sering menggunakan oli mesin ini sebagai oli mesin utamanya.Untuk harganya juga sangat terjangkau sekali.

Demikian informasi mengenai 15 rekomendasi oli mesin 2 tak dan 4 tak terbaik.Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya.

Salam Gas Puoll,?


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "15 Rekomendasi Oli Mesin 2 tak dan 4 tak Terbaik"