Widget HTML Atas

Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Intensitas pemakaian sebuah kendaraan bermotor yang cukup tinggi,tentu juga harus dibarengi dengan siklus perawatan rutin yang wajib dilakukan.Karena didalam sebuah mesin terdapat beberapa komponen yang memiliki masa umur pemakaian.Komponen yang memiliki masa umur pemakaian yakni seperti oli mesin,aki dan tak terkecuali kampas kopling.

Kampas kopling merupakan salah satu komponen yang terdapat di dalam sebuah bak mesin yang bekerja untuk memutuskan dan serta menyalurkan poros engkol atau tenaga ke dalam transmisi.

Jadi ketika komponen yang bernama kampas kopling ini menipis atau sudah dalam keadaan aus tentu saja akan mengakibatkan poros engkol atau tenaga yang dihasilkan akan menjadi berkurang.Selain itu pengendara akan merasakan akselerasi motornya menjadi menurun drastis.

Didalam komponen yang bernama kopling ini biasanya terdiri dari rumah / house kopling,pusat kopling,pelat kopling,pelat gesek / kampas kopling,pelat penekan serta per kopling.Bagian pelat gesek atau kampas kopling inilah yang biasanya perlu dilakukan pergantian.

Biasanya sebelum pelat gesek atau kampas kopling ini memerlukan pergantian,tentu saja akan timbul gejala atau ciri-ciri kampas kopling ini habis.Berikut biasanya ciri-cirinya:


Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis



1.Kesulitan Memindah Gigi/Transmisi


Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis



Ketika kondisi kampas kopling benar-benar habis,tentu saja akan menimbulkan temperatur yang panas sehingga kampas kopling dan flywheel merekat.Akibatnya juga akan menimbulkan perpindahan transmisi atau gigi menjadi lebih keras dan susah.

2.Selip Kopling

Kejadian-kejadian selip kopling akan sering terjadi,karena kampas kopling benar-benar habis.Namun anda harus melakukan pengecekan lebih lanjut,karena selip kopling bisa juga terjadi akibat kualitas oli yang buruk atau jarang sekali melakukan pergantian oli.Sebaiknya anda juga mengetahui tips ganti oli motor.

3.Akselerasi dan Kecepatan menjadi Berkurang


Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis



Imbas dari sering terjadinya selip kopling,membuat akselerasi dan kecepatan motor menjadi menurun atau loyo.Dan gejala ini akan makin terasa apabila medan yang dilalui menanjak.

4.Putaran MesinTinggi

Putaran mesin akan terasa meraung-raung keras,ini adalah akibat kampas kopling licin sehingga mesin akan berputar lebih cepat walaupun kecepatan mesin standart.

5.Kickstarter

Apabila anda sering menggunakan kickstarter dalam menghidupkan motor anda,pasti anda pernah merasakan engkol starter terasa ngelos ketika sedang diayunkan.

Untuk mengantisipasi atau agar kampas kopling pada motor anda lebih awet,sebaiknya melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Pastikan menggunakan oli sesuai yang dianjurkan dan ganti oli secara teratur.
  • Meminimkan sekali dalam penggunaan setengah kopling atau berkendara secara ugal-ugalan.
  • Menggunakan kopling secara lembut dan wajar.

Demikian ciri-ciri kampas kopling motor habis,lakukan segera perbaikan atau pergantian agar akselerasi maupun tenaga lmenjadi lebih optimal lagi.Semoga informasi diatas bisa membantu anda,serta menjadi lebih tahu gejala awal menegnai kampas kopling habis.


salam,antonkevas.com👍👍



antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis"