Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Sensor TPS MIO M3 Dengan Gampang

 Ada banyak cara memperbaiki sensor TPS mio M3 dengan gampang,salah satunya adalah yang akan kita bahas dibawah ini.Bagi anda yang belum mengetahui apa itu TPS? antonkevas.com akan menjelaskan sedikit tentang TPS agar sobat lebih mengetahui lebih gamblang.

Sensor TPS Mio M3

TPS adalah suatu perangkat yang prinsip kerjanya sama dengan karburator  yaitu salah satunya mengatur pencampuran bahan bakar dan udara dan banyak fungsi TPS lainnya.Jadi apabila bagian ini mengalami masalah akan mempengaruhi performa mesin injeksi sobat.

Cara Memperbaiki Sensor TPS MIO M3 Dengan Gampang


Beberapa Gejala yang Timbul pada motor MIO M3 akibat sensor tps mio m3 rusak

Beberapa gejala pasti akan timbul dan sangat berpengaruh sekali,serta sobat pasti akan merasakan sensasi berkendara yang tidak nikmat.Berikut beberapa gejala yang akan sobat rasakan:

  • Mio M3 sobat akan terasa brebet ketika digas
  • Terjadi langsam besar dan bahan bakar akan menjadi boros
  • Keluar kedipan MIL yang menunjukkan sensor TPS bermasalah.Sebaiknya sobat mengetahui beberapa kode eror yamaha yang wajib untuk diketahui.
  • Tarikan gas menjadi kurang greget

Penyebab Sensor TPS MIO M3 Eror

Yang menjadi sumber penyebab pada umumnya adalah throtle body yang kotor  sehingga menggangu dalam melakukan proses pengabutan.Hal ini disebabkan oleh filter udara yang sangat jarang sekali dilakukan proses pembersihan sehingga debu atau kotoran masuk kedalam throtle body.Padahal sebenarnya proses pembersihan filter udara sangat mudah sekali dilakukan.

Cara Memperbaiki Sensor TPS MIO M3

Cara Memperbaiki Sensor TPS MIO M3 Dengan Gampang


Cara memperbaiki sensor TPS yang eror adalah dengan menggunakan scanner khusus,jadi biasanya melakukan pembersihan throtle body saja masalah sensor TPS akan normal kembali.Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  •  Mencopot semua throtle body yang terhubung pada mesin terlebih dahulu agar memudahkan dalam melakukan pembersihan.
  • Selanjutnya adalah memisahkan throtle body dengan intake menjadi 2 bagian dengan membuat baut menggunakan kunci L5
  • Setelah terpisah menjadi 2 bagian,lepas karet sealnya terlebh dahulu agar tidak melar ketika terkena bensin atau carbon cleaner.
  • Bersihkan semua kerak carbon yang tertinggal sampai benar-benar bersih dengan menggunakan carbon cleaner atau bensin.Dan jangan lupa lubang setelan anginnya juga ikut dibersihkan.
  • Langkah selanjutnya bersihkan juga bagian intake dengan memisahkan terlebih dahulu injektor dan intake
  • Setelah semua komponen tersebut bersih,pasang kembali seperti semula

Sebagai tambahan saja,apabila kode kedipan belum hilang setelah semua bagian dipasang maka sobat bisa melakukan kontak ON 3x dengan selang waktu 10 detik dan ulangi lagi kontak ON 3x seperti yang pertama setelah itu baru di ON kontak kembali.Cara tersebut sama juga dengan melakukan reset manual motor injeksi yamaha mio m3.Simak Daftar Kode Mil Yamaha Mio J Yang Wajib Sobat Tahu

Harga Sensor TPS Mio M3

Dipasaran harga sensor tps mio m3 dijual mulai dari harga Rp 147.500 sampai dengan Rp 210.000

Ciri-Ciri Injektor Mio M3 Rusak

1.Mesin Sulit Distart

Gejala awal saat ada kerusakan pada injektor yakni mesin yang sulit dihidupkan. Gejala ini muncul saat bensin yang disuplai dari injektor itu kurang dari jumlah idealnya sehingga terjadi campuran yang kurus.Akibatnya mesin sulit dihidupkan saat start dingin khususnya karena bensin tersebut mengendap pada dinding intake manifold.

2..Mesin Sering Brebet

Kerusakan injektor bisa berupa kemampuan pembukaan injektor yang kurang sehingga hanya sedikit bensin yang bisa disuplai. Saat mesin bekerja tentu saja kondisi bensin yang tidak stabil akan menyebabkan kinerja mesin yang terhambat.

3.Mesin Sering Mati Secara Mendadak

Saat kondisi injektor semakin parah, imbasnya ada pada solenoid yang kadang membuka dan kadang juga tertutup.Saat solenoid tertutup maka sama saja memutus aliran bahan bakar, sehingga meski awalnya mesin mulus tapi mesin bisa langsung mati secara tiba-tiba.

Persamaan injektor mio m3 sama dengan mio j,mio soul gt,x-ride dan fino fi yaitu sama memiliki 6 lubang.

Untuk masa ganti injektor mio m3 pada motor injeksi ternyata cukup lama,karena usia masa pakai mampu mencapai 5 tahun atau 50.000 km.

hambatan ini terjadi khususnya saat kita memacu motor di RPM tinggi karena saat mesin berada di RPM tinggi suplai bensin yang diperlukan lebih banyak dari biasanya.

Demikian informasi cara memperbaiki sensor tps mio m3 dengan gampang,semoga beberapa cara diatas bisa menyelesaikan masalah yang sedang sobat hadapi saat ini.Dan seandainya sobat ragu untuk melakukan cara-cara diatas,sebaiknya langsung saja membawa bengkel resmi terdekat.Pastikan juga kondisi motor bagian lain seperti kampas ganda dan juga rutin mengganti oli gardan.

salam,antonkevas.com 

antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Sensor TPS MIO M3 Dengan Gampang"