Widget HTML Atas

Advertisements

Fungsi dan Cara Kerja Sensor TPS Pada Mesin Injeksi

Beralihnya sistem pengabutan bahan bakar dari sistem karburator ke sistem EFi (Electronic Fuel injection) membuat anda sebagai pemilik kendaraan wajib mengetahui dari fungsi dan cara kerja sensor tps pada mesin injeksi kendaraan sobat.

Apa itu TPS Motor

Sensor tps atau bahasa lathinnya throtle position sensor adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi sama seperti karburator pada umumnya.Biasanya letak sensor motor injeksi atau sensor tps ini terpasang menyatu dengan throtle body position sensor  yang selalu berkaitan langsung dengan katup gas atau throtle valve.



Fungsi dan Cara Kerja Sensor TPS Pada Mesin Injeksi


Apa Fungsi dari apa fungsi dari sensor tp pada sepeda motor injeksi / Fungsi Sensor TPS

Fungsi Tps Sensor  biasanya untuk mengetahui perubahan posisi sudut throtle gas dan kemudian akan dirubah menjadi sinyal elektric yang dikrimkan ke bagian ECU.Dan sinyal yang ditangkap ECU inilah yang nantinya digunakan sebagai dasar waktu penginjeksi bahan bakar ke ruang bakar.Disamping itu ada beberapa fungsi dari tps sensor lainnya yang difungsikan oleh bagian ECU,antara lain:

  • Sebagai mode engine ketika katup gas dalam posisi menutup( sebagai stasioner ),gas posisi setengan dan gas pada posisi full.
  • Sebagai fungsi kontor emisi pada saat katup gas terbuka secara penuh.
  • Sebagai pengkoreksi percampuran bahan bakar bersama udara.
  • Sebagai pengkoreksi peningkatan power suatu mesin.
  • Sebagai fungsi kontrol penghematan suplai bahan bakar ketika dalam posisi melambat.

Cara Kerja Sensor Throttle Position Sensor pada mesin injeksi

Fungsi dan Cara Kerja Sensor TPS Pada Mesin Injeksi


Pada umumnya desain sensor tps banyak dibuat dengan menggunakan 3 soket kabel,namun semua tergantung dari pabrikan yang mengeluarkan kendaraan,karena ada juga yang menggunakan 4 soket kabel dan bahan 5 soket kabel.

Dalam bekerja tps sensor menggunakan potensiometer untuk mengukur posisi pembukaan katup.Potensiometer adalah sebuah resistor yang memiliki variable tahanannya.

Jadi setidaknya sebuah sensor tps memiliki 3 buah soket kabel yaitu untuk tegangan referensi,tegangan balik dan tegangan tahanan dengan besar masing-masing tegangan 5 volt.

Maka ketika sobat memutar saklar kontak dalam posisi ON,maka komponen ECU akan segera mengirimkan tegangan ke referensif 5 volt dan kemudian masuk ke dalam bagian resistif potensiometer serta keluar melalui TP signal dan kembali lagi ke ECU.


Cara Kerja Sensor TPS Pada Mesin Injeksi



1.     VREF disebut juga sebagai terminal arus yang masuk sebesar 5 voltage dari ECU

2.     TP signal merupakan output yang memiliki besaran tegangan tertentu,tegangan inilah yang dijadikan dasar informasi pembukaan katup.

3.     Ground adalah sebuah massa yang terhubung dengan komponen ECU,agar proses berjalan dengan lancar.

Perbandingan pembukaan throtle gas dengan besaran voltage yang dihasilkan sensor tps ini berbanding lurus.Sedangkan untuk perbandingan bukaan throtle gas dengan referensif dan tahanan akan berbanding terbalik.

Dan ketika dalam posisi idle atau stasioner tegangan yang dikeluarkan oleh sensor tps ini diantara 0.6 - 0,9 voltage.Sedangkan ketika bukaan throtle gas dalam posisi full maka  tegangan yang dikeluarkan sensor tps adalah sebesar 3,5 - 4,7 voltage.

Fungsi dan Cara Kerja Sensor TPS Pada Mesin Injeksi

Sedangkan ciri ciri sensor tps ( beat fi ) rusak atau tanda throtle body bermasalah yaitu:

  • Mesin tiba-tiba sering mati dan saat idle suaranya kasar

Cara Setel Throtle Position Sensor

Ketika tps sensor mengalami masalah dan memunculkan gejala atau ciri-ciri sensor tps rusak,maka tindakan yang paling tepat adalah dengan melakukan setel throtle posistion sensor secara ulang.Untuk langkah cara setel throtle position sensor ulang bisa sobat ikuti secara lengkap dan jelas di cara reset ecu motor injeksi.

9 Sensor injeksi yang sebaiknya sobat ketahui:

1. SENSOR MAP (Manifold Air Pressure)

2. SENSOR IAT (Intake Air Temperature)

3. ENGINE COOLANT SENSOR

4. ENGINE OIL TEMPERATURE

5. CRANK ANGLE SENSOR

6. THROTTLE POSITION SENSOR (TPS)

7. SENSOR 02 (Oksigen Sensor)

8. LEAN ANGLE SENSOR / BANK ANGLE SENSOR

9. IACV (Intake Air Cut Valve)/ FID (Fast Idle Solenoid)

Sedangkan pada mobil muncul kode p0122 artinya??

Kode P0122 

Kode P0122 berarti bahwa komputer kendaraan telah mendeteksi bahwa TPS (Throttle Position Sensor) "A" melaporkan tegangan yang terlalu rendah. Pada beberapa kendaraan, batas bawah ini adalah 0.17–0.20 volt (V). Secara sederhana, sensor posisi throttle digunakan untuk menentukan posisi katup throttle.

GEJALA

Gejala mungkin termasuk:

  • Idle kasar atau rendah
  • Kecepatan idle sangat tinggi
  • stolling
  • Pertumbuhan
  • Tidak ada / sedikit akselerasi

PENYEBAB

Kode P0122 dapat berarti bahwa satu atau lebih dari peristiwa berikut telah terjadi:

  • TPS tidak terpasang dengan aman
  • Sirkuit TPS: pendek ke ground atau kabel lainnya
  • TPS rusak
  • Komputer rusak (PCM)

SOLUSI

Berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah dan perbaikan yang disarankan:

  • Periksa secara menyeluruh Sensor Posisi Throttle (TPS), konektor kabel dan kabel dari kerusakan, dll. Perbaiki atau ganti seperlunya
  • Periksa voltase di TPS (lihat manual servis kendaraan Anda untuk informasi lebih lanjut). Jika tegangan terlalu rendah, ini menunjukkan adanya masalah. Ganti jika perlu.
  • Jika terjadi penggantian baru-baru ini, TPS mungkin perlu disesuaikan. Pada beberapa kendaraan, petunjuk pemasangan mengharuskan TPS disejajarkan atau disetel dengan benar, lihat manual bengkel Anda untuk detailnya.
  • Jika tidak ada gejala, masalahnya mungkin terputus-putus dan menghapus kode dapat memperbaikinya untuk sementara. Jika demikian, maka Anda harus memeriksa kabel untuk memastikan kabel tidak bergesekan dengan apa pun, tidak diarde, dll. Kode dapat kembali.

Demikian informasi mengenai fungsi dan cara kerja sensor tps pada mesin injeksi,semoga bisa menambah wawasan  sobat di bidang otomotive.Semoga dengan sobat mengetahui fungsi dan cara kerjanya maka akan memudahkan dalam melakukan perawatan.


salam,antonkevas.com


 

 


antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Fungsi dan Cara Kerja Sensor TPS Pada Mesin Injeksi"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements