Widget HTML Atas

CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR SENDIRI DENGAN MUDAH

Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri Dengan Mudah-Bagi anda seorang pemilik kendaraan tentu saja sudah tidak asing lagi mendengar kata karburator.Yaitu salah satu komponen pada sebuah kendaraan yang mengatur atau pencampur bahan bakar dan udara yang akan di salurkan ke pembakaran mesin.

Tentu saja sebagai pemilik kendaraan kita harus mengerti sedikit banyaknya cara membersihkan karburator motor dengan mudah karena apabila karburator jarang di bersihkan tentu saja akan mempengaruhi kinerja motor anda.

Banyak sekali masalah yang akan ditimbulkan apabila kita jarang sekali membersihkan karburator seperti motor yang sudah sekali dinyalakan,motor tersendat-sendat pada waktu di kendarai dan sebagainya.

Bagi anda yang belum tahu bahkan sama sekali,melakukan cara membersihkan karburator sendiri dengan mudah maka saya akan membagikan langkah-langkah yang dilakukan sehingga anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa motor anda ke bengkel.

Untuk itu anda harus tahu penyebab karburator menjadi kotor terlebih dahulu,antara lain yaitu :

PENYEBAB KARBURATOR MOTOR MENJADI KOTOR

  • Penyebab karburator motor kotor yaitu pegas dalam karburator kehilangan kelenturan.Masalah ini biasaya sering terjadi disetiap kendaraan.Umumnya hal tersebut disebabkan dengan seiring bertambahnya usia pemakaian atau karena seringnya mengotak-atik karburator atau dengan melakukan bongkar pasang yang tidak tepat sehingga akan memudahkan kotoran akan  masuk
  • Banyaknya kotoran yang menempel pada klep motor,karena tumpukan kotoran yang mengendap atau menempel dan jarang sekali dibersihkan akan menyebabakan klep motor bekerja dengan maksimal.Sehingga akan menyebabakan pasokan bahan bakar yang akan disalurkan ke ruang pembakaran juga tidak akan maksimal.
  • Kebocoran pada membran,membran adalah salah satu komponen yang terletak di bagian karburator vacum yang mempunyai fungsi yang sangat penting.Hal yang wajar apabila produsen melarang untuk bagian membran ini kareana jika kita salah sedikit aja dalam membuka membran ini maka akan berakibat yang sangat fatal sekali.
  • Proses pembersihan klep yang tidak tepat,maka possisi pegas pun akan tergeser.Meskipun hanya bergeser sedikit saja namun pengaruhnya cukup besar pada proses buka tutp klep dan menyebabkan kegagalan yang cukup fatal pada kinerja mesinnya.
Selain beberapa penyebab karburator menjadi kotor tentu saja ada penyebab lainnya yaitu sering sekali mengotak-atik karburator motor anda,karena apabila anda sering sekali mengotak-atik karburator tanpa hati-hati di khawatirkan akan membuat peletakan karburator yang tidak presisi sebagaiman awalnya.Berikut langkah-langkah yang tepat dalam membersihkan karburator.

CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR

Dalam membersihkan karburator motor perlu sekali hal-hal yang diperhatikan agar dalam membersihkan bisa menjadi lebih maksimal dan juga ketelitian agar pasokan bahan bakar  mampu mengalir dengan lancar ke dalam ruang pembakaran.

  • Langkah yang pertama yaitu dengan melepas karburator dengan sangat hati-hati dan perlahan tujuannya agar supaya nanti anda lebih mudah membersihkan bagian karburator yang kotor
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR SENDIRI DENGAN MUDAH

  • Langkah selanjutnya anda juga harus membersihkan filter udara.Karena fiter udara sendiri selalu terhubung dengan karburator.Dan dalam membersihkan filter ini alangkah lebih baik jika anda melepas bagian filter terlbih dahulu.Nah uuntuk prosesnya sendiri di sarankan menggunakan cairan pembersih khusus agar pembersihannya maksimal dan setelah selesai biarkan sampai cairan pembersih tersebut mengering sendiri.
  • Langkah selanjutnya  yaitu membuka mangkok karburator.Caranya yaitu dengan melepas seluruh baut yang pengikatnya dan kemudian pastikan apakah ada kotoran yang mengendap di bawahnya.Dan juga periksa apakah bagian ini terkontaminasi dengan air atau tidak.Bersihakan bagian mangkuk ini dengan menggunakan kuas yang lembut.kalau memang benar-benar sudah bersih kemudian bilaslah menggunakan bensin jangan gunakkan air.Anda juga bisa menggunakan angin yang bertekanan tinggi supaya kerak yang menempel bandel akan terlepas.
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR SENDIRI DENGAN MUDAH

CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR SENDIRI DENGAN MUDAH

  • Membersihkan bagian pilot jet,main jet dan needle jet.Untuk membersihkan bagian ini anda harus melepas satu persatu dengan perlahan dan hati-hati.Pembersihan bagian ini bisa juga dilakukan dengan angin bertekanan agar pembersihannya lebih maksimal
  • Membersih bagian spuyer,bagian ini merupakan bagian vital karena nantinya akan sangat berpengaruh pada kinerja motor.Prosesnya cukup mudah karena anda bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkannya.Dan yang perlu diperhatikan anda jangan sampai merubah ukuran diameter spuyer,karena bila terjadi bisa menjadi sangat fatal karena ukurannya berubah besar kemungkinan motor anda susah untuk dihidupkan.
  • Setelah semua bagian karburator dalam keadaan bersih,langkah selanjutnya adalah memasang kembali karburator yang telah kita bongkar tadi.Dan jangan lupa mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel pelampung karburator.jiaka sudah selesai semuanya lalu pasang kembali karburator ke posisi semula.
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR SENDIRI DENGAN MUDAH




Itulah beberapa cara membersihakan karburator motor sendiri dengan mudah,anda bisa langsung mempraktekkan.Yang jelas langkah-langkah diatas harus dilakukan secara urut dan benar,lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lain yang berhubungan dengan karburator.Semoga penjelasan di atas bisa membantu anda dalam membersihkan kotoran karburator anda.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR SENDIRI DENGAN MUDAH"