Widget HTML Atas

6 CARA MENGATASI OLI MOTOR BOCOR

 Masalah oli motor bocor memang sangat menjengkelkan sekali,selain membuat kondisi bagian luar mesin tampak kotor juga bisa membuat mesin mengalami kerusakan.Nah,adakah cara mengatasi oli motor bocor yang paling tepat??

Mengatasi masalah oli motor rembes termasuk salah satu masalah yang cukup sulit diatasi dan perlu penanganan yang cukup serius.Bagi seorang yang tidak terbiasa menangani masalah mesin tentu akan kerepotan.

Maka pada kesempatan ini,antonkevas akan berbagi ke temen-temen semua cara mengatasi oli motor bocor yang paling tepat.Sehingga sobat semua merasa tenang bila masalah rembes atau bocor pada bagian mesin motor terjadi.Mari kita gas puol bersama-sama.

TIPS CARA MENGATASI OLI MOTOR BOCOR

Dibawah ini adalah urutan pertama yang wajib sobat lakukan dan praktekan sendiri.

1.MEMERIKSA PACKING MESIN

Salah satu cara dalam mengatasi masalah oli bocor dibagian mesin adalah dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh salah satunya adalah memeriksa packing mesin.

6 CARA MENGATASI OLI MOTOR BOCOR


Karena bukan hal yadua ng tidak mungkin,bila kondisi packing mesin sudah mulai rusak dan membuat celah.Di sela-sela celah inilah oli motor mengalir keluar.Jika memang oli motor bocor dikarenakan packing mesin sudah rusak,maka segera saja lakukan pergantian.Harga packing mesin juga tidaklah mahal,mulai dari harga 10 ribu - 400 ribu.

Baca Juga  Cara memperbaiki sensor eot
                               

2.MEMERIKSA KONDISI RING BAUT OLI 

Frekuensi pergantian oli mesin yang cukup sering,bisa saja membuat kondisi ring baut oli mengalami kerusakan .Jadi ketika kondisi baut oli dikencangkan ring tidak mampu menutup dengan rapat,alhasil oli motor akan mengalir melalui celah baut oli tersebut.

6 CARA MENGATASI OLI MOTOR BOCOR


Ada dua cara untuk mengatasi hal ini,yang pertama sobat bisa mengakalinya dengan menggunakan selotip untuk mencegah kebocoran ( cara ini bersifat sementara ).Cara yang kedua adalah dengan mengganti dengan baut lengkap beserta ringnya,karena harga baut oli juga tidaklah mahal kisaran 5 ribu - 10 ribu.

3.MEMERIKSA DIBAGIAN SEAL PERSENELING

Kebocoran dibagian seal perseneling bisa saja terjadi,terutama pada sepeda motor yang masih menggunakan sistem manual.Perseneling akan terus digunakan ketika sedang berkendara,jadi sangat wajar bila akan memberikan dampaknya.

Dampaknya yang pasti adalah rusaknya dinding seal perseneling tersebut.Maka dengan kondisi dinding seal ang rusak,oli akan mengalir keluar melalui bagian ini.Cara mengatasinya adalah dengan mengganti seal perseneling tersebut.

4.MEMERIKSA DIBAGIAN SEAL  AS KICKSTARTER

Selain memeriksa seal perseneling,memeriksa dibagian seal as kickstarter juga wajib sobat lakukan.Karena dibagian as kickstarter juga terdapat seal yang kemungkinan bisa menjadi salah satu penyebab oli motor bocor.Pemicu seal as kick starter bisa jadi dikarena kotoran atau debu yang mengering menempel terlalu lama dibagian kickstarter  tersebut.

5.MEMERIKSA BLOK KOPLING

6 CARA MENGATASI OLI MOTOR BOCOR


Blok kopling adalah tempat menampung oli motor yang berada didalam mesin.Jadi lakukan pemeriksaan secara menyeluruh,apakah ada bagian yang berlubang.Karena bisa saja lubang ini terbentuk akibat terkena lemparan kerikil atau batu ketika sedang berjalan.Periksa sampai kebagian tutup bak kopling lengkap beserta packingnya.Bila terjadi kebocoran dibagian ini segeralah untuk membawa ke bengkel agar penanganan lebih efisien.

CARA MENGGANTI KAMPAS KOPLING

6.SELALU MENGGUNAKAN OLI MESIN YANG BERKUALITAS

Saat ini sudah banyak beredar oli palsu,jadi sobat harus tahu cara membedakan oli asli atau palsu dengan benar.Apabila sobat ternyata tidak cukup jeli dan menggunakan oli dengan kualitas yang buruk,tentu saja akan bisa menjadi pemicu kerusakan mesin.Kerusakan mesin inilah yang bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kebocoran oli motor.

Selain 6 cara mengatasi oli motor bocor,melakukan perawatan secara rutin adalah cara mengatasi dan menjaga mesin yang paling tepat.Karena dengan melakukan perawatan secara rutin,masalah oli motor bocor tidak akan pernah terjadi.

Demikan informasi yang bisa antonkevas jabarkan,semoga dengan mengetahui cara mengatasi oli motor bocor,sobat tidak merasa was-was lagi.

Salam Gas Puoll,,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "6 CARA MENGATASI OLI MOTOR BOCOR"