Widget HTML Atas

Cara Memasang Piston Motor Yang Benar

 Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan aktivitas didunia perbengkelan tentu saja sudah tidak asing lagi dengan cara memasang piston motor yang benar.Piston adalah salah satu komponen yang terdapat didalam sebuah silinder mesin tepatnya terdapat dibagian blok silinder.

Komponen ini memiliki fungsi yakni sebagai pembentuk ruang bakar yang bekerja sama dengan linear blok silinder dan head silinder.Disamping itu juga komponen piston ini akan meneruskan tenaga yang dihasilkan dari sebuah pembakaran ke bagian crankshaft.

Mengingat fungsinya tersebut,bisa dikatakan bahwa komponen piston ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting.Jadi apabila piston ini sudah mengalami kerusakan pasti akan mempengaruhi kinerja sebuah mesin.Dan langkah yang anda lakukan adalah mengganti komponen tersebut.


Cara Memasang Piston Motor Yang Benar



Piston Motor

Sebelum anda mengganti piston tersebut tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis pistonnya karena type motor lama tentu saja berbeda dengan type kendaraan model baru.

Untuk kendaraan yang keluaran tahun lama,biasanya terdapat sebuah jarak dari titik tengah yang merupakan lingkaran untuk pin yang diteruskan menuju ke sisi lain dari piston tersebut.

Sisi luar ini biasanya juga disebut dengan istilah sisi offsite.Disamping itu untuk dimensi piston motor lawas pada umumnya memiliki sebuah lubang pin yang lebih menjorok ke dalam menuju ke arah lubang exhaust atau lubang pembuangan.

Hal ini memang dimaksudkan untuk menempatan pin piston dan juga pin kruk as menjadi berlawanan arah.Karena dengan arah yang berlawanan diharapkan proses pembakaran menjadi lebih sempurna serta aman dari hal yang tidak diinginkan.

Karena apabila anda melakukan pemasangan piston dalam kondisi yang salah atau memasang posisi piston secara terbalik maka akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan bahkan bisa saja malah akan menambah kerusakan pada mesin motor.

Cara Memasang Piston Motor Yang Benar

Dalam memasang piston memang sebaiknya anda menyerahkan kepada ahlinya saja,namun tidak ada salahnya apabila anda ingin memahami bagimana cara memasang piston yang benar

Sebelum anda memasang piston,sebaiknya anda memperhatikan beberapa tanda yang terdapat pada piston tersebut.Tanda-tandanya antara lain sebagai berikut:

  • Tanda ( • )
  • Tanda ( < )
  • Tanda bertuliskan IN

Semua tanda tersebut biasanya terdapat dipermukaan piston.

Langkah-langkahnya

  • Pastikan bahwa tanda ( • ) menghadap ke lubang buang atau exhaust-WAJIB
  • Pastikan juga bahwa tanda ( < ) menghadap ke lubang buang atau exhaust-WAJIB
  • Dan anda harus memastikan tanda yang bertuliskan IN menghadap ke lubang masuk atau IN-WAJIB

Tanda atau kode diatas berlaku secara mutlak untuk semua pabrikan motor jadi apapun jenis motornya pasti menggunakan kode tersebut.

Salah satu alasan mengapa setiap permukaan piston harus diberi tanda yaitu karena titik center lubang pin tidak sama dengan diameter lubang piston atau offset.

Tujuannya agar ketika terjadi pembakaran di ruang bakar,piston serta kruk as bisa balik lagi memutar tanpa terasa memerlukan usaha yang cukup berat.Selain itu dengan posisi offset akan mengurangi gaya gesek pada sisi bawah piston dengan bagian dinding silinder.

Demikian cara memasang piston motor yang benar,semoga bisa menambah pengetahuan anda didalam dunia perbengkelan.Semoga bisa bermanfaat.


salam,antonkevas.com 👍👍


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Cara Memasang Piston Motor Yang Benar"