Widget HTML Atas

4 Cara Membuat Cvt Motor Matic Lebih Bertenaga

Sebagai pengguna motor matic tentu sudah tidak asing lagi mendengar dengan istilah Cvt.Cvt motor matic adalah sebuah seperangkat yang berfungsi untuk meneruskan atau sebagai perantara dari putaran mesin ke bagian roda.Karena memiliki fungsi yang sangat vital,tentu saja diperlukan perawatan secara rutin.Salah satunya adalah dengan cara membuat cvt motor matic lebih bertenaga.

Sebelum sobat mengetahui cara mengupgrade cvt motor matic,alangkah baiknya bila sobat mengerti terlebih dahulu bagian motor matic terutama di bagian cvt.Tujuan agar sobat lebih gampang dalam melakukan memodifikasi.

4  Cara Membuat Cvt Motor Matic Lebih Bertenaga


Apa itu Cvt ??


Cvt merupakan singkatan dari Continuosly Variable Transmission yaitu seperangkat alat transmisi yang digunakan pada sepeda motor yang mengaplikasikan perpindahan roda giginya secara bersinambung.

Apa Saja Bagian Motor Matic ??


Berikut adalah beberapa komponen yang tergabung dalam Cvt motor matic dan merupakan komponen yang perlu di lakukan perawatan secara rutin.

1. V-BELT 


V-belt atau Vanbelt adalah perangkat yang dipkai untuk menggerakkan sebuah roda pada motor.Komponen V-belt ini adalah alat yang menghubungkan antara pulley pada bagian depan dengan pulley yang di bagian belakang.

Karena di pakai secara continuos maka alat ini mempunyai masa usia pemakaian yang oerlu dilakukan pergantian.Menurut standartnya Vanbelt harus dilakukan pergantian ketika sepeda motor sudah mencapai 20.000 Km.


2.ROLLER

 Sesuai dengan namanya komponen ini berbentuk bulat-bulat kecil yang terdapat di bagian depan pulley.Fungsinya adalaha untuk menggerakkan pulley bagian depan serta menggerakkan V-belt keatas dan ke bawah pada saat mesin dalam kondisi hidup.

3.KAMPAS KOPLING

Selain dua komponen diatas,kampas kopling merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sangat vital.Karena setiap mesin dinyalakan komponen ini akan selalu bekerja bergesekkan sehingga cepat membuat kampas cepat habis.Jika kondisi ini terjadi,jangan berharap tarikan motor terasa enteng.


Cara Membuat Cvt Motor Matic Lebih Bertenaga

Setelah sobat mengetahui beberapa bagian motor matic,berikut adalah beberapa hal yang bisa sobat lakukan agar membuat tarikan menjadi lebih enteng dan bertenaga.

1.MERUBAH BERAT BOBOT ROLLER

Seperti di jelaskan di atas bahwa roller berfungsi sangat vital di bagian pulley depan,maka melakukan modifikasi dibagian ini adalah salah satu alternatif yang terbaik.Apabila roller pada motor sobat masih dalam kondisi standart,apa salahnya mengganti dengan bobot lebih berat/enteng.

TABEL BERAT ROLLER


HONDA

Beat 12 gr 
Beat esp 15 gr
Beat fi 13 gr
Scoopy 12 gr
Scoopy fi 13 gr
Vario 13 gr
Vario 125 15 gr
Vario 150 18 gr
Pcx 125 15 gr
Pcx 150 18 gr

YAMAHA

Mio 11 gr
Mio M3 10 gr
Mio Smile 10,5 gr
Mio Soul 10,5 gr
Mio J 9,5 gr
Mio Gt 9,5 gr
Soul Gt 9,5 gr
Nouvo 11 gr
Xeon 10 gr
Xeon RC 9,5 gr
Fino 10,5 gr
Xride 8 gr
Xride 125 10 gr

SUZUKI

Nex 10 gr
Nex II 10 gr
Hayate 15 gr
Spin 125 12 gr
Sky Drive 15 gr
Sky Wave 15 gr
Sky Wave New 12 gr

2.MEMPERPANJANG JALUR ROLLER

Dengan kondisi jalur roller yang lebih panjang,maka efeknya akan membuat tarikan atas  sepeda motor menjadi lebih panjang dan berisi.Ada dua macam cara,yang pertama bisa sobat panjangkan sendiri dengan alat tunner dan yang kedua bisa dengan membawa ke bengkel bubut.

3.MERUBAH JUMLAH KAMPAS KOPLING DAN PER KOPLING

Dengan mengganti per kopling atau menambah jumlah kampas bisa menjadi sebuah alternatif.Kampas merupakan salah satu point pendukung agar tenaga bahkan akselerasi selalu bertenaga.Salah satunya adalah dengan selalu melakukan perawatan dan juga pergantian kampas kopling setelah 8000 km.Dan juga selalu melakukan pergantian oli mesin secara rutin.

4.MENGUPGRADE PER CVT

Agar akselerasi motor lebih enteng,biasanya melakukan perubahan pada per cvt banyak dilakukan para mekanik.Biasanya mereka mengaplikasikan per cvt ang lebih panjang atau dengan yang lebih keras.Untuk tingkat kekerasan cvt biasanya di tentukan dengan angka RPM atau dengan warna.Seperti di bawah ini:

  • Warna Putih atau Biru memiliki angka kekerasan CVT 1000 RPM
  • Warna Kuning memiliki angka kekerasan CVT 1500 RPM
  • Warna Merah memiliki angka kekerasan CVT 2000 RPM


Demikian 4 cara membuat cvt motor matic lebih bertenaga,semoga dengan membaca artikel ini semua masalah pada tarikan motor matic dapat sobat atasi sendiri.Semoga bermanfaat.

Salam Gas Puoll,,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 Cara Membuat Cvt Motor Matic Lebih Bertenaga"