Widget HTML Atas

4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet

 Walaupun saat ini banyak yang memakai motor matic sebagai motor andalannya,namun masih ada juga yang tetap menggunakan motor kopling sebagai motor utamanya.Selain memiliki kesan gagah motor,motor kopling masih tetap menjadi primadona kaum adam.Oleh sebab itu perlu juga untuk mengetahui tips menjaga kampas kopling agar lebih awet.

Disebut motor kopling karena untuk bisa menggerakkan motor,sobat harus menekan tuas kopling terlebih dahulu sebelum memasukkan gigi perseneling.Maka jika terjadi masalah pada bagian kopling tersebut,tentu pengendara akan merasa kesusahan untuk bisa mengendarainya.

Untuk menjaga kampas kopling agar selalu siap digunakan,sobat bisa melakukan beberapa tips yang akan di bagikan oleh antonkevas berikut ini.

4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet


1.MENEKAN TUAS KOPLING SAMBIL MEMANASKAN MESIN

4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet


Pada umumnya,memanaskan mesin hanya dengan menggeber-geber gas motor saja.Namun ada baiknya dengan melakukan sedikit trik yaitu dengan menarik-narik tuas kopling.Karena ketika motor dinyalakan berarti terjadi sirkulasi oli didalam mesin.

Maka dengan menekan tuas kopling akan membuat house / rumah kopling berserta kampasnya akan membuka dan menutup sehingga oli akan masuk dan melumasi kampas.

Jadi ketika motor akan digunakan untuk berjalan,kampas kopling sudah cukup terlumasi oleh oli mesin.Tindakan inilah yang membuat kampas kopling menjadi lebih awet.

2.JANGAN SERING MELAKUKAN SETENGAH KOPLING

4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet


Bagi anak-anak muda berkendara dengan kencang menjadi salah satu favoritnya dan kadang bahkan sering dengan menggunakan setengah kopling untuk membost-up tenaganya.Tanpa disadari oleh mereka bahwa tindakan inilah yang membuat kampas menjadi cepat slip atau habis.Simak juga cara mengatasi kabel kopling putus dengan mudah.

3.MERENDAM KAMPAS KOPLING SEBELUM DI PASANG

4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet


Trik ini pernah digunakan beberapa bengkel,termasuk antonkevas sendiri pernah melakukan tindakan ini.Dengan melakukan perendaman kampas akan membuat kampas tidak cepat aus.Gunakan oli baru untuk merendamnya,jangan gunakan oli bekas karena malah akan membuat kampas menjadi kotor.

Sebagai tambahan saja,sobat bisa melakukan pelubangan pada bagian house / rumah kopling.Hal ini akan membuat kampas kopling menjadi lebih awet karena sirkulasi oli mampu masuk dan meresap melalui lubang tersebut.

Perlu sobat ketahui juga bahwa merendam kampas dengan oli tidak boleh di lakukan untuk motor matic,karena malah akan membuat kampas menjadi slip.

4.MENGGANTI OLI MESIN SECARA RUTIN DAN TEPAT WAKTU

4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet


Menurut anjuran pabrikan motor yang sobat pakai,gantilah oli mesin ketika mencapai 2000 km atau kurang lebih  1 atau 2 bulan sekali tergantung intensitas pemakaiannya.Simak tips  ganti oli motor 

Karena oli mesin yang sudah dalam keadaan kotor akan membuat mesin cepat panas.Apalagi ditambah dengan kondisi oli menjadi kental,akan susah untuk mendinginkan suhu mesin.Baca juga cara membedakan oli palsu dan asli

Selain itu dengan kondisi oli mesin yang sudah buruk,maka bisa mengakibatkan komponen lain didalam mesin ikut rusak seperti piston menjadi aus atau macet.

Gunakan oli mesin yang sesuai anjuran atau rekomendasi dari pabrikkan motor sobat.Atau sobat bisa menggunakan oli mesin racing yang memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga mencegah kampas kopling cepat aus.

Dengan menerapkan 4 tips diatas,kampas kopling pada motor sobat akan menjadi lebih awet.Dan tentunya masa pemakaian kampas kopling menjadi lebih lama dari biasanya.

Demikian informasi mengenai 4 tips menjaga kampas kopling agar lebih awet.Karena dengan melakukan tindakan pencegahan dan perawatan yang baik,kondisi mesin akan selalu prima.



antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 Tips Menjaga Kampas Kopling Agar Lebih Awet"