Widget HTML Atas

Advertisements

FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI


Kiprok (atau juga disebut regulator) adalah salah satu komponen pada sistem pengisian listrik sepeda motor atau kendaraan lainnya yang berfungsi untuk mengatur arus listrik yang mengalir dari dinamo atau alternator menuju aki dan sistem listrik kendaraan.

Fungsi utama kiprok adalah mengontrol dan membatasi arus listrik yang menuju aki sehingga arus listrik yang terlalu tinggi dapat dicegah dan aki tidak terlalu cepat rusak akibat pengisian berlebih. Selain itu, kiprok juga berfungsi untuk menjaga tegangan listrik yang stabil agar tidak terlalu rendah atau tinggi yang dapat mempengaruhi kinerja sistem listrik kendaraan.

Berikut beberapa fungsi kiprok :

  • Sebagai Rectifer atau penyearah,cara kerjanya adalah dengan cara merubah arus AC menjadi DC.Tujuannya agar bisa mengalirkan listrik ke dalam aki dan menyimpannya sebagai sumber energi.Sehingga dapat digunakan untuk menghidupkan starter serta kebutuhan lainnya.Arus listrik memang tidak bisa masuk ke dalam aki karena memiliki arus DC sehingga harus diubah terbelih dahulu dari spul melalui kiprok.
  • Sebagai Regulator atau untuk membatasi tegangan pengisian dari spul.Dan boleh dikatakan apabila arus listrik aki penuh maka kiprok akan menghentikan pengisian serta mengalihkan ke pemakaian lain agar tidak terjadi overcharge.
  • Sebagai penstabil arus ke lampu yang menyesuaikan kebutuhan arus lampu.Sehingga arus tidak berlebih dan kurang.


FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI



Terlebih lagi apabila komponen yang bernama kiprok ini mati,maka semua sistem kelistrikan akan terganggu.
Kiprok atau juga disebut Rectifier Regulator dikenal sebagai pemasok arus komponen aki dari spul.

Sebenarnya untuk mengetahui kiprok mengalami kerusakan bisa diketahui dari gejala-gejalanya.Bahkan gejala tersebut muncul ketika kita sedang atau akan mengendarai motor kesayangan kita.

BEBERAPA CIRI KIPROK MATI / RUSAK


1.BOHLAM LAMPU SERING PUTUS/MATI

FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI


Bohlam lampu tiba-tiba mengalami mati pada saat kendaraan sedang melaju,serta apabila diganti dengan bohlam baru tidak membutuhkan waktu yang lama bohlam akan kembali mati.

Dalam hal ini biasanya dikarenakan kiprok sudah tidak mampu menahan besarnya tegangan yang mengalir ke bagian lampu.

Hal ini bukan dikarenakan kualitas bohlam yang tidak bagus,meskipun diganti dengan kualitas super bagus hasilnya  akan tetap mati.

Lakukan pengukuran tegangan untuk agar lebih menyakinkan,karena tegangan normal berkisar 12-14 V.Jika kurang atau melebihi berarti kiprok anda sudah minta diganti.

2.NYALA LAMPU REDUP

FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI


Nyala bohlam lampu yang redup merupakan salah satu indikasi yang menandakan kiprok mati.Walaupun demikian ketika motor anda mengendarai dengan RPM yang cukup tinggi,lampu motor anda akan bertamabah terang.

Ini disebabkan tegangan arus yang mengalir tidak stabil dan apabila dibiarkan terlalu lama aki motor anda bisa menjadi tekor.

Untuk menganti bohlam biasa dengan lampu LED telah dibahas secara tuntas di Tips ganti lampu.

3.AKI MOTOR TEKOR

FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI


Tekornya aki bisa menjadi salah satu ciri-ciri kiprok mati.Gejala aki tekor seperti ini sudah terasa ketika motor akan dinyalakan.

Apabila kiprok mengalami kerusakan maka input arus listrik tidak mampu mencukupi kebutuhan penggunaan kelistrikan motor dengan sempurna.

Sebab inilah yang membuat aki voltagenya terkuras habis.Karena tegangan arus aki pasti dibawah normal kurang dari 12 V.Kondisi ini juga ditandai dengan suara klakson menjadi sember ketika tombolnya di pencet.

4.MOTOR TIBA-TIBA MATI

FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI


Banyak dan bahkan sering terjadi,motor tiba-tiba mati sendiri ketika dikendarai.Ini dikarena semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan akan terganggu kinerjanya.Bahkan ketika dinyalakan dengan starter,aki motor anda pasti tidak akan kuat.

5.MOTOR MENGALAMI BREBET

Selain gejala diatas,gejala lain yang timbul ialah motor mengalami brebet ketika kiprok mati.Bukan dikarenakan kehabisan bensin atau stelan karburator yang kurang pas melainkan tegangan dari kiprok.sendiri yang tidak stabil.

Itulah beberapa fungsi kiprok serta ciri-ciri kiprok mati.Setelah anda mengetahuinya tentu saja anda mendeteksi masalah yang terjadi pada motor anda.Selain itu anda juga harus melakukan perawatan lain seperti tips ganti oli motor,service karburator,ganti oli gardan motor matic serta perawatan rutin lainnya.

Salam,antonkevas.com👍👍






antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "FUNGSI KIPROK SERTA CIRI-CIRI KIPROK MATI"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements