Widget HTML Atas

PENYEBAB KELUAR ASAP PUTIH DARI KNALPOT

Memiliki sepeda motor yang memiliki masa usia pemakaian yang cukup lumayan,tentu saja ada beberapa masalah yang menimpa pada motor anda,salah satunya keluar asap putih dari knalpot.Wajar saja hal itu terjadi,karena motor juga memiliki beberapa komponen yang memiliki masa usia pakai.

Keluar asap putih dari knalpot motor anda,berarti menandakan bahwa ada masalah didalam mesin motor anda.

Asap putih dari knalpot sendiri biasanya terjadi karena oli mesin yang didalam mesin masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Jadi selain bahan bakar dan percikan api,oli mesin pun tercampur dan terbakar sehingga knalpot akan keluar asap putih.

Apabila kejadian ini dibiarkan secara terus menerus,tentu saja akan berbahaya sekali bagi mesin motor anda.

Karena oli di dalam bak mesin otomatis akan berkurang,sehingga oli mesin bekerja tidak secara maksimal dan imbasnya mesin motor anda akan mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi masalah keluar asap putih dari knalpot tersebut tentu saja anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.Oleh sebab itu antonkevas.com telah merangkum beberapa hal yang bisa menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpot.






BEBERAPA PENYEBAB KELUAR ASAP PUTIH DARI KNALPOT


1.MENGGUNAKAN OLI MESIN YANG TIDAK SESUAI STANDART


Fungsi oli sendiri adalah untuk melumasi agar beberapa komponen yang bekerja tidak saling bergesekan.Oleh karena itu gunakan oli mesin sesuai SAE yang dianjurkan.




Karena kekentalan oli mesin sangat memperngaruhi kinerja mesin.Sebagai contoh bila oli mesin anda encer ( tidak standart SAE yang di anjurkan) maka oli tersebut bisa masuk ke ruang bakar dan terbakar sehingga knalpot tentu akan mengeluarkan asap putih.


2.RING PISTON MENGALAMI AUS





Ring pada piston memiliki fungsi menjaga agar kompresi tetap padat dan juga menjaga agar oli mesin tidak masuk ke ruang bakar serta melumasi kinerja piston itu sendiri.

Apabila pada ke 2 ring piston ini mengalami keausan,selain mengeluarkan asap putih dari knalpot juga ditandai dengan hal-hal lain.

Hal lain yang terkena dampaknya yaitu tenaga motor menjadi berkurang dan motor akan susah dinyalakan ketika di pagi hari atau motor dalam keadaan dingin.


3.BLOK SILINDER MENGALAMI BARET




Ini terjadi dikarenakan ring piston tidak bekerja secara optimal.Ring piston sendiri biasa mengalami aus dan ketika bergesekan akan membuat baret.Bisa juga karena kualitas oli yang sudah buruk karena telat mengganti oli mesin.


4.PACKING KEPALA SILINDER RUSAK




Packing ini terletak diantara blok silinder dan head silinder.Berfungsi agar kompresi tidak bocor serta merapatkan jalur oli dari bak menuju head silinder.

Apabila di bagian packing ini rusak,maka rembesan oli akan mengalir dan terbawa ke ruang bakar serta kompresi menjadi bocor.

Oli yang masuk ke ruang bakar inilah yang membut knalpot mengeluarkan asap putih.


5.SEAL KLEP MENGALAMI AUS




Banyak faktor yang membuat seal klep mengalami aus,bisa dikarenakan masa pakai dan ada juga karena kualitas seal yang kurang bagus.Sehingga oli bisa merembes masuk ke ruang bakar atau naik ke manifol.


5.KATUP KLEP MENGALAMAI BENGKOK




Yang dimaksud bengkok pada bagian katup adalah terletak pada batang katup.Batang katup ini berfungsi sebagai tumpuan ketika klep ini bekerja.

Dan apabila terjadi ketidak centeran pada batang ini mengakibatkan payung klep menutup tidak rata di lubang intake maupun exhaust nya.Sehingga akan terjadi rembesan oli yang masuk ke ruang bakar.


6.KATUP TERGANJAL




Banyak kerak yang ada dibagian head dan tanpa pernah membersihkan tentu saja bisa mengakibatkan katup akan terganjal oleh kerak tersebut.Mengingat kerja katup sendiri membuka dan menutup,besar kemungkina terganjal oleh kerak.


7.SALAH PILIH KNALPOT




Bagi anda yang suka dengan knalpot racing,anda tentu harus berhati-hati karena ada beberapa knalpot racing yang menggunakan sistem semprot oli untuk bertahan di suhu tinggi knalpot.

Yang menjadi bahaya adalah sisa-sisa oli tersebut masuk dan tercampur ke dalam sisa pembakaran.Dan oli tersebut nantinya akan ikut terbakar akibat suhu yang lumayan tinggi dan knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Untuk memastikannya anda bisa mencopot knalpot dan menyalakan,apabila keluar asap putih berarti ada masalah pada mesin motor anda.



CARA MENGATASI KELUAR ASAP PUTIH DARI KNALPOT


Setelah kita tahu penyebabnya,tentu saja harus segera memperbaikinya.Karena apabila dibiarkan terlalu lama bisa membuat komponen yang terkait akan ikut rusak.Berikut cara mengatasinya.

  1. GUNAKAN OLI YANG SESUAI STANDART
  2. LAKUKAN PERGANTIAN RING 1 SET LENGKAP DENGAN PISTON
  3. MELAKUKAN BORE-UP APABILA BLOK SILINDER BARET ATAU BISA JUGA MENGGANTI LUBAG LINNEARNYA
  4. LAKUKAN PERGANTING PACKING HEAD SILINDER APABILA MENGALAMI KERUSAKAN
  5. LAKUKAN PERGANTIAN SEAL KLEP BESERTA KATUPNYA UNTUK MENGHINDARI BATANG KLEP BENGKOK
  6. LAKUKAN PEMBERSIHAN KERAK DIBAGIAN HEAD SILINDER SECARA BERKALA
  7. GUNAKANLAH KNALPOT STANDART UNTUK MEMINIMALISIR RESIKO KNALPOT MENGELUARKAN ASAP PUTIH

Dengan mengetahui penyebab keluar asap putih dari knalpot motor kesayangan anda,tentu akan lebih memperhatikan kondisi mesin motor anda.Bisa juga dengan melakukan beberapa perawatan secara berkala,karena performa mesin yang sempurna tergantung dari perawatan oleh penggunanya.

Semoga beberapa informasi di atas bisa menambah ilmu dan wawasan anda serta bisa menjadi salah satu solusi ketika motor anda mengalami keluar asap putih dari knalpot.

Salam antonkevas.com👍👍




















antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "PENYEBAB KELUAR ASAP PUTIH DARI KNALPOT"