Widget HTML Atas

4 Penyebab Air Radiator Masuk Ke dalam Mesin

Banyak sekali permasalahan yang akan timbul,apabila anda jarang sekali melakukan perawatan secara rutin berkala pada motor kesayangan anda.Mulai dari masalah dibagian busi motor hingga masalah yang lebih berat yaitu seperti penyebab air radiator masuk ke dalam mesin.

Tentu saja hal seperti ini apabila dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan kerusakan dan dampaknya mesin anda menjadi rusak.Hal ini tak lepas dari bercampurnya oli dengan air radiator membuat fungsi utama oli sebagai pelumas yang melindungi komponen didalam mesin menjadi tidak optimal.
Oli motor sendiri memiliki tipikal kental sedangkan air radiator bersifat encer.Secara prinsip mungkin sama-sama mendinginkan sebuah mesin namun tetap saja apabila terjadi percampuran diantara keduanya tentu akan membuat dampak yang tidak baik pada mesin.

Penyebab Air Radiator Masuk Ke dalam Mesin





Berikut adalah beberapa hal bisa menjadi penyebabnya dan tentu saja menjadi sebuah hal yang perlu anda perhatikan nantinya.

    1.Seal waterpump yang sudah rusak




Salah satu fungsi dari seal adalah menjaga agar tidak terjadinya kebocoran.Sedangkan sirkulasi air radiator sendiri berada di area sebuah mesin ketika bekerja mendinginkan dan komponen seal inilah yang menjadi penutup agar air radiator tidak mengalir ke bagian head silinder mesin.

Maka apabila seal ini sudah tidak bisa menutup dengan rapat,maka akan terjadi rembes.Dan lama-lama akan air akan masuk lebih banyak serta bercampur bersama dengan oli.

    2.Packing dibagian Head silinder rusak





Packing head sendiri terletak diantara bagian head dan blok silinder.Berfungsi sebagai celah pembatas serta agar tidak ada celah diantara kedua bagian ini.Sedangkan air radiator sendiri dalam bekerja melewati jalur di salah satu bagian dalam packing head.Jika jalur yang dilewati tersebut mengalami aus tentu saja akan dapat membuat air radiator masuk ke dalam blok silinder dan terbawa ke dalam mesin.

    3.Leher dibagian waterpump mengalami kerusakan





Selain dibagian seal waterpump,kerusakan dapat terjadi dibagian area leher waterpump itu sendiri.Namun hal ini sangat jarang sekali terjadi tetapi 1 atau 2 kendaraan pernah mengalami hal seperti ini.

    4.Hal yang tak terduga

Hal yang teak terduga yang dimaksud diatas adalah suatu kejadian yang tanpa sengaja terjadi menimpa dibagian head bocor anda sehingga terjadi kerusakan sehingga air radiator bisa masuk dan terbawa ke area mesin.

Setelah kita mengetahui beberapa yang menjadi penyebabnya,alangkah baiknya bila anda melakukan perawatan pencegahan seperti berikut:

  • Selalu menjaga kebersihan motor serta melakukan beberapa perawatan rutin 
  • Gunakan air radiator yang dianjurkan sesuai anjuran produsen merk motor anda
  • Selalu mematuhi peraturan ketika berkendara,agar terhindar dari hal yang buruk
  • Memastikan air radiator selalu tersedia di baka penampungnya
Demikian beberapa informasi 4 penyebab air radiator masuk ke dalam mesin,semoga kejadian seperti ini tidak terjadi pada motor kesayangan anda.Dan mencegah itu lebih baik daripada harus mengganti suku cadang yang baru.


salam,antonkevas.com👍👍



antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 Penyebab Air Radiator Masuk Ke dalam Mesin"