Widget HTML Atas

Cara Mudah Mengecek CDi Motor Matic

Pada zaman sekarang semua kendaraan bermotor sistem pengapiannya sudah memakai Cdi yang berfungsi sebagai alat pengontrol besar kecilnya suatu pengapian pada kendaraan.

Apa itu CDi??

Kepanjangan dari CDi sendiri adalah Capacitive Discharge ignition yaitu suatu jenis pengapian yang memanfaatkan pengosongan arus dari suatu kondensator guna mencatudaya suatu pengapian.



Cara Mudah Mengecek CDi Motor Matic


Cara mudah mengecek CDi motor matic

Apabila kendaraan anda tidak mau menyala alias mogok anda bisa mulai mengecek mulai dari ujung kelistrikan yang pertama yaitu busi.Untuk selengkapnya bisa dilihat di Cara yang mudah mengecek busi motor.

Setelah dibagian busi ternyata tidak ditemukan masalah,Sobat biker bisa melanjutkan kebagian kelistrikan selanjutnya yaitu koil.Cara mengeceknya juga cukup mudah,cukup hanya 5 menit cara Mendeteksi koil motor mati motor anda akan teratasi.

Ternyata juga tidak ditemukan masalah,berarti lanjut ke bagian selanjutnya yaitu CDi.Bila ternyata rusak maka akan tidak ada aliran pengapian mulai dari koil sampai ke busi.Lihat 24 Cdi Motor Racing Terbaik diIndonesia

Gunakan Avo Meter untuk mengecek CDi

Avo adalah suatu untuk mengukur tegangan / arus baik itu arus tegangan bolak balik (DC) maupun arus tegangan searah (AC) dan hambatan listrik.

Berikut caranya :

Cara Mudah Mengecek CDi Motor Matic



  • Posisikan Avo pada tepat pada sinus 200 volt
  • Hubungkan kabel yang berwarna merah pada Avo ke kabel CDi yang akan menuju koil
  • Hubungkan kabel yang berwarna hitam pada Avo ke massa / body kendaraan
  • Kontak posisikan ON,kemudian di starter.Lihat apakah ada arus yang bergerak pada Avo
Bila tidak ada arus berarti CDi dalam keadaan rusak.Dengan catatan  kondisi spul dan pulser dalam kondisi normal.

Cara merawat CDi agar tetap awet

Suatu komponen elektronik memiliki batas umur pemakaian tak terkecuali juga dengan CDi.Dan dengan perawatan dan penanganan yang tepat dapat memperpanjang usia pemakaian.

1
.Pastikan jalur pemasangan benar

Karena memiliki beberapa type dalam soket pemasangannya jadi anda harus menyesuaikannya.Ada beberapa soket yang menggunakan kaki 4 dan kaki 5 agar tidak terjadi koneksi penyambungan yang salah

2.Pastikan kabel koneksi yang tepat

Kabel juga mempunyai beberapa jenis dan ukuran.Maka pilihlah kabel yang sesuai standartnya karena kalau tidak standart dan berkualitas kabel akan cepat panas,bisa terjadi konsleting maka cdi akan cepat mati.

3.Pastikan ditempatkan yang tepat

Jauhkan penempatan cdi dari hal - hal yang tidak kita inginkan, misalnya menempatkan cdi di daerah yang mudah terkena air sehingga bisa menyebabkan konsleting dan rusak.Atau di daerah dekat mesin yang suhunya tentu akan panas dan bisa menyebabkan cdi rusak.Jadi pastikan di tempat yang aman dan tepat.

Bila Cdi anda rusak??

Pastikan anda membeli cdi yang baru sesuai dengan type kendaraan anda.Sesuai dengan kaki soketnya dan sesuaikan jenis cdi anda AC atau DC.

Itulah beberapa tips dan trik cara mudah mengecek cdi motor matic.Semoga menambah wawasan anda .keep safety in ridding.

                     antonkevas.com
                             .Enjoy your life 👍👍.




antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Mengecek CDi Motor Matic "