Widget HTML Atas

5 Penyebab Rantai Motor Cepat Kendor

Sebagai penghubung antara roda belakang dengan mesin,rantai motor berperan sangat penting.Karena sangat pentingnya banyak orang malah mengabaikan dan yang sering terjadi rantai motor kendor.

5 Penyebab Rantai Motor Cepat Kendor
















Rantai motor kendor biasanya akan memberikan dampak ke spare part yang lain seperti gear.Karena seringnya bergesekkan apalagi di jalanan yang tidak rata dan berbelok - belok.Rantai motor kendor akan menimbulkan suara yang tidak enak untuk di dengar.

Menurut salah satu mekanik,umur rantai motor kendor biasanya mulai dari umur pemakaian 500 km sampai dengan 1000 km tapi bisa juga dari frekuensi pemakaiannya.

Penyebabkan Rantai Motor Cepat Kendor

1.Rantai kering dan jarang diberi pelumas

Fungsi utama dari pelumas sendiri adalah untuk memininkan terjadinya gesekkan sehingga beban rantai pada waktu bekerja menjadi lebih ringan.Begitu pula sebaliknya apabila rantai kering maka beban menjadi lebih besar dan rantai akan cepat kendor.

2.Akselerasi Stop and Go

Gaya berkendaran yang tidak baik dijalanan bisa menyebabkan rantai motor kendor.Akibat tarikan gas yang gas pol dan tiba - tiba berhenti maka rantai akan saling tarik menarik dengan kekuatan yang besar bisa berdampak komponen pada rantai ikut terdampak.

3.Pengencangan Rantai Tidak Benar

Pada saat proses pengencangan,pastikan jarak kanan kiri roda sama.Posisi gear belakang center dengan gear depan,kalau tidak sama akan berdampak pada gesekan rantai dan gear.Pastikan kekencangan rantai pas sesuai instruksi yang dianjurkan tidak kencang sekali dan tidak kendor.

4.Beban Yang Terlalu Berat

Wajar saja apabila beban muatan yang terlalu berat mempengaruhi rantai motor menjadi kendor.Apalagi pada waktu pemakaian berboncengan terus menerus.

5.Kondisi dan Medan jalan

Sudah banyak terbukti rantai motor kendor banyak terjadi di medan atau kondisi jalan yang penuh tanjakkan dan turunan.Apalagi ditambah dengan kondisi jalan yang sangat rusak.

Beberapa Solusi apabila rantai motor kendor :

A. Lumasi rantai dengan pemulas rantai yang dianjurkan,agar rantai menjadi lebih bersih dan licin sehingga berkendaran lebih nyaman

B.Rubahlah gaya berkendara anda jangan stop and go

C.Sering - seringlah mengecek kondisi rantai,dan apabila sudah tidak bisa dipakai bisa diganti dengan rantai baru.Bisa dicek di Harga Rantai Motor sebagai refensi anda.

Semoga beberapa poin diatas bisa mengatasi rantai motor kendor pada motor anda.jangan lupa jaga keselamatan dalam berkendara.Taati semua peraturan yang ada di lalu lintas.

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "5 Penyebab Rantai Motor Cepat Kendor"