Widget HTML Atas

CARA MEMOLES MOBIL SENDIRI DAN GAMPANG SEPERTI DI SALON

Cara Memoles Mobil Sendiri-Kendaraan yang dipakai secara terus menerus tentu saja akan mempunyai dampak tersendiri,terutama dalam penampilan warna cat mobil tersebut.Warna cat mobil anda tentu saja akan mengalami perubahan dari yang dulunya mengkilap menjadi agak memudar.Apabila mobil anda mengalami hal tersebut sudah saatnya bagi anda untuk merawat warna cat mobil anda.

Warna yang tidak mengkilap tentu saja beda dalam perawatannya dibandingkan dengan warna kusam yang diakibatkan oleh kotoran atau debu.Apabila hanya terkena kotoran debu kita bisa membersihkan dengan air yang mengalir dan warna cat mobil tentu akan kembali mengkilap lagi.Tapi beda bagi warna kusam yang diakibatkan oleh sebab lain tentu anda harus memolesnya agar menjadi mengkilap kembali.

Langkah yang paling mudah tentu kita harus membawanya ke bengkel khusus yang menangani hal tersebut,tapi anda tentu saja harus menyiapkan bugdet yang cukup lumayan.Dan tidak semua bengkel yang sesuai dengan ekspetasi anda hasilnya atau hasilnya tidak sesuai dengan keinginan anda.

Bagi anda yang mengalami masalah seperti itu anda tak perlu khawatir karena untuk memoles mobil sendiri dapat anda lakukan dan hasilnya pun bisa cukup memuaskan.Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan membagikan cara memoles mobil sendiri dan gampang seperti di salon.

LANGKAH YANG DILAKUKAN SEBELUM MELAKUKAN PEMOLESAN

Pemoles mobil banyak sekali dijual di toko spare part dari harga yang puluhan ribu hingga ratusan ribu,secara umum makin mahal harganya tentu mutunya juga akan semakin bagus dan tahan lama.Sebaiknya anda menggunakan pemoles dengan jenis cair atau pasta.Pemoles sendiri tersedia dalam 2 macam jenis yaitu WAX dan Tipe Hard Shell.Untuk tipe yang berjenis Wax biasanya tidak cukup tahan lama,mampu bertahan sekitar 1 bulan.Sedangkan untuk Tipe Hard Shell mampu bertahan selama 1 tahun.

Selain obat pemoles tentu saja anda harus menyiapkan alat pemolesnya yaitu mesin pemoles yang berguna untuk meratakan cairan atau pasta ke seluruh body mobil.Anda bisa juga bisa menggunakan tangan namun hasilnya tentu tak semaksimal menggunakan mesin.Jangan lupa untuk menyiapkan kain yang bertekstrur kasar dan lembut untuk nanti digunakan dalam pemolesan.




LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKUKAN PEMOLESAN 


  • Sebelum anda melakukan pemolesan pastikan body mobil anda benar-benar dalam keadaan bersih dari kotoran debu.Sebaiknya disarankan dicuci terlebih dahulu dengan shampoo khusus mobil,setelah itu tempat mobil pada posisi aman dan terbuka
  • Apabila pada tempat yang tertutup pastikan memiliki penerangan yang cukup,hal ini untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan
  • Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan pemolesan,seperti di pagi hari karena bisa memakan waktu yang cukup lumayan 

  • Dalam memoles sendiri nantinya dibagi dalam beberapa tahapan,jangan langsung memoles seluruh body.Bagilah dengan 3 tahapan yaitu:
  1. Bagian kap mesin dan kap bagasi
  2. Bagian samping body mobil
  3. Bagian grill  depan dan belakang mobil



  • Lakukan pemolesan dengan mesin poles dan lap yang bertekstur kasar yang sudah dibubuhi pasta.Lakukan pada bagian yang ke 1 dahulu sampai merata.Setelah semua bagian yang ke 1 selesai,kemudian gunakan lap yang bertekstur lembut untuk melakukan proses penggosokkan hingga bagian bagian yang digosok mengkilap.Proses ini tidak menggunakan bantuan obat yang lain cukup pakai kain lembut saja.
  • Lakukan juga dengan proses yang sama untuk bagian ke 2 dan ke 3 dan jangan lupa untuk bagian velg dan lampu mobil juga anda lakukan.


  • Untuk bagian kaca,anda bia menggunakkan cairan anti jamur untuk membersihkan kaca dan spion mobil anda
  • Periksa kembali pekerjaan pemolesan mobil anda,apakah sudah merata mengkilapnya.Kalau sudah berarti pemolesan cat body mobil anda sudah selesai
Pengerjaan pemolesan diatas bisa cepat atau lambat tergantung dari tingkat kekusaman warna cat body mobil anda.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pemolesan dengan rutin sebulan sekali untuk menjaga mengkilapnya mobil anda.

Hal yang lain yang perlu diperhatikan juga jangan berhenti ketika anda sedang melakukan pemolesan,kerjakan pemolesan secara perlahan dan berurutan serta tidak terburu-buru karena bisa mengakibatkan hasil yang tidak merata dan belang.
Demikian artikel mengenai cara memoles mobil sendiri dan gampang seperti di salon,semoga bisa bermanfaat untuk anda.


antonkevas.com 👍
antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com