Widget HTML Atas

BAN MOTOR HABIS SEBELAH?? COBA CEK PENYEBABNYA

Ban Motor Habis sebelah-Ban merupakan salah satu sparepart yang cukup vital,bayangkan saja andaikata sepeda motor anda tak memakai ban,tentu saja motor anda tidak akan bisa berjalan walaupun motor anda harganya sangat mahal dan keren.

Oleh karena itu,ban motor juga memerlukan perawatan agar dalam bekerja tidak terjadi suatu masalah.Masalah pada ban motor yang sering dialami para pemilik adalah ban motor habis sebelah.Tentu saja hal seperti ini akan sangat membingungkan bagi pemilik kendaraan.


 Tentu saja para pemiliki akan menduga-duga apa yang menjadi penyebabnya,apa di karenakan kualitas ban yang kurang bagus atau ada bagian lain yang menjadi penyebabnya.


Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan,sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ban motor habis sebelah.Sehingga anda bisa dengan cepat mengatasinya apabila terjadi pada motor anda.





PENYEBAB BAN MOTOR HABIS SEBELAH


1.GAYA BERKENDARAKetika anda memiliki gaya berkendara yang kurang baik ketika di jalan raya,misalnya dengan sering melakukan pengereman secara tiba-tiba dan bahkan sering melakukan manuver-manuver yang cukup tajam di salah satu sisi saja.Dan apabila sering dilakukan maka lama-kelamaan hanya satu bagian roda saja yang akan terkikis.





Bisa juga disebabkan karena sering membiarkan kondisi tekanan angin pada ban kurang atau kempes.Kondisi seperti ini pasti akan membuat ban tidak menapak secara sempurna dan otomatis memicu keausan pada ban sehingga ban motor ahabis sebelah.


2.KONDISI SHOCKBEKER YANG BOCOR

Suspensi kendaraan yang bocor mengakibatkan beban yang cukup berat bertumpu pada roda,sehingga ban akan bekerja lebih ekstra.Kondisi seperti ini bisa terjadi baik di roda depan maupu pada roda belakang yang hanya menggunakan satu buah shockbeker.





Bila ini terjadi di roda bagian depan,segeralah perbaiki dengan mengganti seal pada tabung shocknya.Apabila anda kesulitan bisa melihat di CARA MENGATASI OLI SHOCK DEPAN BOCOR.


Bagi anda yang menggunakan motor matic,sering-seringlah mengecek tekanan angin pada roda bagian belakang atau ganti saja roda belakang motor anda dengan ban tubeless karena ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada ban biasa.


3.KONDISI PELEK KENDARAAN





Kondisi jalan yang berlubang akan menyebabkan pelek kendaraan anda menjadi penyok sehingga membuat ban akan bekerja kurang sempurna.untuk mengatasi pelek yang seperti ini sebaiknya anda membawa ke tukang press pelek.
Masalah lainnya pada pelek bisa di karenakan bearing pada pelek sudah mengalami keausan.Sehingga pelek berputar tidak simetris lagi.Gantilah bearing pelek motor anda dengan yang baru agar terhindar dari ban motor habis sebelah.


4.SERING MENGGUNAKAN STANDART SAMPING


Kebiasaan memarkirkan sepeda motor dengan standart samping bisa menyebabkan ban motor habis sebelah.Ini di karenakan semua beban pada sebuah motor akan berpindah ke satu sisi saja sehingga akan menyebabkan shockbeker lebih condong ke satu sisi saja.





Dengan demikian maka shockbeker bekerja secara tidak seimbang dan akhirnya beban akan ke satu sisi ban saja.Gunakan standart tengah untuk menghindari hal ini terjadi.


5.KONDISI BAN YANG KOTOR





Ketika berkendara tentu kita melewati banyak tempat dan tentu saja ban akan menjadi kotor Kotoran yang menempel bisa saja terdapat bahan kimia yang apabila tidak segera dibersihkan akan menjadi penyebab ban motor habis sebelah.


Demikian beberapa informasi tentang ban motor habis sebelah dan penyebabnya,semoga bisa membantu anda yang saat ini mengalami kejadian seperti ini.Cek kondisi motor anda seperti informasi diatas agar kejadian ban motor habis sebelah tidak terjadi pada motor anda.


salam,antonkevas.com👍👍
antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com