Widget HTML Atas

CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR MIO

Cara membersihkan karburator motor mio-Karburator yang kotor tentu saja akan mempengaruhi performa mesin,otomatis pengendara mesti akan terganggu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Secara umum karburator pada motor tersedia dalam 2 type yakni karburator jenis Skep dan karburator Vakum.Kedua jenis karburator tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu mengatur suplai bahan bakar sesuai yang dibutuhkan.

Untuk cara membersihkan karburator Skep,semuanya telah dibahas secara tuntas di CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR DENGAN MUDAH.Sedangkan untuk karburator Vakum sebagai contoh seperti yang dipakai pada karburator motor mio.

Lalu bagaimana cara membersihkan karburator motor mio???bagi anda yang belum mengetahui caranya,mari kita simak saja beberapa ulasan dibawah ini.

CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MIO



ALAT DAN BAHAN YANG DIPERLUKAN


  1. Obeng (-) dan obeng (+)
  2. Kunci T 10 mm
  3. Kunci kombinasi 10 mm
  4. Kuas
  5. Kompresor (bila ada)
  6. Tang
LANGKAH MEMBERSIHKAN KARBURATOR MIO

  • Yang pertama dilakukan adalah melepas jok motor dengan menggunakan kunci T 10 mm dan juga melepas aki motor beserta soket dan kabel yang terhubung.
  • Kemudian langkah selanjutnya yakni dengan membuka cover dibagian bawah jok
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR MIO

  • Langkah selanjutnya adalah dengan melepas kabel gas,kabel choke serta selang bensin pada karbuartor dengan cara membuka klem penguncinya memakai tang.
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR MIO

  • Kemudian setelah semuanya kabel dan selang terlepas,lakukan pelepasan karburator dari intek manipol dan keluarkan.
  • Buka baut pada karburator yang terpasang pada penutup vakum,kemudian keluarkan per vakum beserta skep vakum.
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR MIO
  • Kemudian buka baut bagian bawah karburator,selanjutnya lepaskan pelampung,pilot jet,main jet dan baut setelan angin.
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR MIO

  • Selanjutnya bersihkan semua bagian karburator dengan menggunakan kuas dan bensin.Semprot menggunakan kompresor bila ada,agar karburator bersih secara maksimal.
CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR MIO

  • Apabila semua bagian telah selesai dibersihkan,rangkai kembali seperti semula dan pastikan tidak baut yang tertinggal.Lakukan tahap demi tahap seperti pada saat proses melepas karburator.
Sangat mudah sekali dilakukan dan bisa dilakukan sendiri dirumah,apalagi pada situasi seperti saat ini yang banyak menganjurkan untuk tetap berada dirumah saja.Selain membersihkan karburator,bersihkan juga pada bagian filter karena kinerja karburator dipengaruhi juga oleh filter.Apabila anda belum mengetahui cara membersihkan karburator bisa dilihat di CARA MEMBERSIHKAN FILTER MOTOR DENGAN MUDAH DAN TEPAT.

Demikian cara membersihkan karburator motor mio,semoga bisa membantu dalam merawat motor matic kesayangan anda.Cara membersihkan ini bisa diberlakukan pada motor matic yang masih menggunakan karburator,tidak berlaku bagi yang sudah menggunakan sistem injeksi.Selamat mencoba 💪💪.


salam,antonkevas.com
antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com