Widget HTML Atas

Beberapa Penyebab Radiator Pada Motor Bocor

Radiator merupakan salah satu sistem pendingin yang paling sering dipakai pada kendaraan keluaran terbaru dan banyak di aplikasikan pada motor matic.Sebetulnya pemakaian radiator pada motor adalah karena berhasilnya sistem pendingan pada sebuah mobil yang telah menggunakan komponen radiator ini.Oleh sebab itu,yuks kita intip kenapa radiator motor bocor?

Banyak sekali sepeda motor yang menggunakan radiator untuk membantu mendinginkan temperatur suhu sebuah mesin (pendingin mesin).Karena apabila radiator dalam kondisi yang sangat baik,tentu saja performa mesin pada motor akan selalu terjaga.

Maka dari itu melakukan perawatan pada bagian radiator ini sangat diperlukan,karena bisa saja akibat radiator mengalami kerusakan mesin motor anda mengalami OVERHEATING SAAT BERKENDARA.


Beberapa Penyebab Radiator Pada  Motor Bocor


Overheating sendiri salah satu penyebabnya karena radiator mengalami kerusakan yakni mengalami kebocoran.Berikut adalah beberapa hal penyebabnya;

Beberapa Penyebab Radiator Pada Motor Bocor

     1.Masa Usia Pakai/Umur Pemakaian

Masa pemakaian kendaraan motor anda yang sudah cukup lama,tentu saja membuat komponen pada radiator mengalami mengalami rapuh.Akibat rapuhnya pada salah satu bagian radiator tentu saja akan membuat radiator menjadi rembes dan lama - lama menjadi bocor.

    2.Salah dalam menggunakan air radiator

Apabila anda tidak menggunakan air radiator yang di sarankan oleh pabrikan merk motor anda,itu merupakan salah satu tindakan yang salah.Sebagai contoh anda malah menggunakan air sumur,air minum bahkan minuman ringan.Tindakan seperti menggunakan air sumur malah akan membuat kerak didalam radiator,karena air sumur banyak mengandung zat kapur.

    3.Rusak akibat Hal yang tak terduga

Banyak hal yang sama sekali diluar kendali anda,seperti ban motor anda yang menginjak kerikil/terkena batu sehingga kerikil tersebut terlempar mengenai badan radiator motor anda.Bahkan bisa saja sebuah benda tumpul keras menghantam atau bahakan sebuah kecelakan yang menjadi penyebabnya.

    4.Selang atau pipa penghubung rusak

Hal ini sangat mungkin sekali terjadi kerusakan,bisa saja terjadi akibat panas mesin yang berlebih sehingga selang saluran radiator mengalami rembes.Mungkin dikarenakan selang terbuat dari karet.

Cara Memperbaiki Radiator Motor Bocor

  • Menggunakan cairan kimia

Anda bisa membeli cairan kimia seperti radiator sealer di toko sparepart atau bisa juga melalui pembelian online.Banyak tersedia berbagai macam merk yang dapat anda pilih.Cara penggunaannya pun sangat gampang dan mudah sekali,anda hanya tinggal mencampurkan ke dalam radiator saja.Maka otormatis cairan ini akan menambal bagian yang membuat rembes atau bocor.

  • Menggunakan lem besi

Lem besi ini harganya sangat murah sekali,banyak tersedia di toko.Lem besi ini biasanya berisi 2 kemasan yakni warna hitan dan warna putih.Cara pemakaiannya dengan mencampur 2 kemasan tersebut secukupnya menjadi satu,kemudian oleskan pada bagian radiator yang rembes atau bocor.

  • Melalui media Las radiator

Cara ini hanya dapat dilakukan oleh tukang service radiator atau serahkan pada ahlinya.Hasilnya pun lebih baik dan lebih bagus daripada cara yang diatas.

Untuk menghindari radiator motor anda bocor,sebaikanya anda melakukan beberapa perawatan atau pencegahan seperti dibawah ini:

  • Menggunakan air radiator yang memang khusus digunakan oleh radiator
  • Gunakan pelindung radiator atau cover radiator yang mempunyai siklus udara yang lancar
  • Mengecek volume isi air radiator jangan sampai kering,apabila sudah dalam tanda batas low segera lakukan penambahan

Dan jangan lupa juga melakukan perawatan dibagian lain,agar semua kondisi komponen pada motor anda selalu siap digunakan dalam kondisi apapaun.


salam,antonkevas.com👍👍

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Beberapa Penyebab Radiator Pada Motor Bocor"