Widget HTML Atas

3 Cara Mudah Mengatasi Tangki Motor Yang Bocor

Selain melakukan perawatan rutin secara pasti,ada hal-hal lain yang mungkin luput dari perhatian anda.Hal ini biasanya sering diremehkan dan akhirnya malah akan membuat anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk mempebaikinya,yakni masalah tangki motar yang mengalami kebocoran.

Sebelumnya pasti anda merasa pemakaian bahan bakar motor anda boros sekali.Dan anda hanya melakukan pengecekkan dibagian karburator saja tanpa melakukan penelurusan yang lebih teliti.

Terjadinya kebocoran pada tangki memang membutuhkan waktu yang sangat lama karena sudah desain secara khusus dan sudah melakukan pengujian.Namun yang pasti membuat tangki motor menjadi bocor adalah terjadinya korosi didalam tangki sehingga membuat logam pada tangki mengalami berkarat.

Berkaratnya logam pada tangki kalau didiamkan dalam kurun waktu yang sangat lama tentu lama kelamaan logam itu akan kalah dan akhirnya tangki menjadi bocor.

Korosi pada tangki biasanya disebabkan adanya air yang masuk ke dalam tangki.Dan yang menjadi masalah bagaimana air tersebut bisa masuk,berikut beberapa yang menjadi penyebabnya.

3 Cara Mudah Mengatasi Tangki Motor Yang Bocor

Penyebab Tangki Motor Bocor

1.Kebocoran Pada Tutup Tangki Bensin

Untuk menjaga tekanan udara didalam sebuah tangki,biasanya pada tutup tangki terdapat sebuah ventilasi yang berfungsi agar tekanan udara didalam tidak terlalu membebani karburator.

Namun dengan adanya ventilasi pada tutup tangki ini malah menjadi jalan masuknya air ke dalam tangki.Masuknya air ini biasanya terjadi ketika motor anda sedang dicuci,oleh karena itu berhati-hatilah ketika membersihan daerah tangki motor anda.

2.Korosi Air Hujan 

Air hujan memang terkenal dalam membuat logam atau besi menjadi karatan.Tingginya kandungan oksigen yang terkandung didalamnya menjadi salah satu alasannya.

Oleh sebab itu jangan biarkan air hujan dan debu terlalu lama menempel di motor kesayangan anda.Lakukan dengan cara dibilas untuk membersihkannya serta jang lupa untuk segera langsung mengelap sampai kering.

3.Embun Yang Menempel Pada Tangki

Adanya sirkulasi udara didalam tangki juga akan membuat udara menjadi mengembun akibat terjadinya peningkatan suhu.

 Pengembunan didalam tangki ini pasti akan terjadi,oleh karena itu untuk memperkecil resikonya adalah dengan jangan membiarkan tangki motor anda kosong.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya korosi didalam tangki yang mengakibatkan tangki menjadi bocor.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya,tentu saja anda semua pasti ingin segera memperbaikinya.Namun bagi anda yang masih bingung bagaimana cara menambal tangki motor yang bocor,berikut beberapa cara yang bisa menjadi referensi anda.

Cara Menambal Tangki Motor yang Bocor

Dalam menambal tangki motor yang bocor tidaklah banyak memerlukan peralatan,hanya beberapa alat seperti lem khusus yang digunakan untuk menambal.

1.Menambal Tangki dengan Lem Fiberglass

3 Cara Mudah Mengatasi Tangki Motor Yang Bocor

  • Langkah yang pertama yang dilakukan adalah melepas atau mencopot tangki terlebih dahulu.
  • Sebelumnya pastikan tangki dalam keadaan kosong (tidak ada bahan bakar didalamnya ).
  • Cari bagian tangki yang mengalami kebocoran,kemudian lakukakan pengamplasan pada bagian tersebut.
  • Lakukan pencampuran lem fiberglass yaitu resin dan katalis untuk menambal bagian yang bocor tersebut.
  • Lap bersih bagian yang diamplas tersebut,kemudian lakukan pengolesan les fiberglass yang sudah dicampur tersebut secara merata.
  • Biarkan tangki yang dilem tersebut sampai kering.


2.Menambal Tangki dengan Patri



  • Langkah yang pertama yaitu tetap sama seperti langkah yang diatas.
  • Pastikan tangki dalam keadaan kosong
  • Cari bagian tangki yang mengalami kebocoran.
  • Amplas dan bersihkan bagian yang bocor tersebut.
  • Lalu bawa tangki yang bocor tersebut ke tukang las,untuk dilakukan penambalan dengan cara di patri.

3.Cara Menambal Tangki Mobil atau motor Bocor dengan lem besi

Buat penggunaannya, Kamu wajib mensterilkan bagian tangki mobil yang bocor dari debu serta besi. Bila telah betul- betul bersih, oleskan lem besi secara menyeluruh pada zona tangki yang bocor. Kamu wajib menunggu lumayan lama, ialah 1- 2 jam, buat membenarkan kalau lem besi tersebut telah membeku serta melindungi tangki mobil dari permasalahan kebocoran. 

Setelah semua bagian yang bocor dilakukan penambalan,lakukan pengecekkan dengan menggunakan air atau bahan bakar.

Setelah tangki dipastikan tidak ada kebocoran,alangkah baiknya apabila dilakukan pengecetan pada tangki motor tersebut.Untuk cara pengecetan sangat gampang sekali,caranya ada di cara mengecat body motor dengan mudah.

Demikian cara mudah mengatasi tangki motor yang mengalami kebocoran,kedua cara diatas sangat mudah dilakukan oleh anda sendiri dan tentu saja biayanya pasti tidak akan terlalu mahal.

Apabila kedua cara tersebut terasa sangat sulit untuk anda lakukan,jangan ragu untuk segera membawa ke bengkel terdekat.Jadi anda tidak usah repot-repot melakukannya sendiri,malah lebih praktis dan yang jelas anda harus menyiapkan uang yang lebih.

Demikian cara mudah mengatasi tangki motor yang bocor,semoga cara diatas bisa membantu anda dan semoga bisa menjadi manfaat.

salam,antonkevas.com👍👍









antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "3 Cara Mudah Mengatasi Tangki Motor Yang Bocor"