Widget HTML Atas

Efek Buruk Menggunakan Kampas Rem Yang Sudah Habis

 Memaksakan kampas rem yang sudah habis untuk bekerja secara terus menerus adalah salah tindakan yang buruk.Tindakan ini malah akan menimbulkan kerusakkan pada bagian yang lain.Bukannya irit,malah pemilik bisa menanggung biaya yang lebih besar.

Menurut kerabat dari antonkevas,seorang mekanik di daerah pasar minggu jakarta mengatakan bahwa menggunakan serta memaksakan kampas rem yang sudah habis bisa membuat piringan cakram menjadi baret dan tidak rata.

Efek Buruk Menggunakan Kampas Rem Yang Sudah Habis


Bahaya Akibat Kampas Rem Habis

Efek paling buruk dampak memakai kampas rem yang sudah habis adalah sebagai berikut:

Kondisi piringan cakram yang sudah tidak rata serta baret,akan membuat daya cengkeram kampas rem kurang optimal bahkan tidak pakem walaupun kondisi kampas rem baru.Hal seperti ini yang akan membuat pengendara merasa terkejut dan bisa berakibat fatal.

Dengan kondisi permukaan piringan cakram yang tidak rata serta baret,justru akan membuat kampas rem baru menjadi cepat habis.Karena kampas rem akan tergerus lebih cepat,ketika tuas rem ditarik atau digunakan.

Perlu sobat ketahui juga bahwa kampas rem terdiri dari 3 bagian yakni besi,lapisan dasar ( asbes putih ) dan lapisan atas ( asbes gelap ).Jika pemilik sampai memaksakan kampas rem sampai dengan bagian besi akan sangat berbahaya sekali,karena bisa saja nyawa pengendara sebagai taruhannya.

Bila besi kampas rem bertemu dengan piringan cakram makan piringan cakram akan terkikis,baret dan permukaannya bisa tebal sebelah.Ketika tuas ditarik akan menimbulkan suara agak kasar bahkan timbul percikan api.

Bila kondisi seperti diatas sudah terlanjur terjadi,tindakan yang paling efektif adalah dengan melakukan pergantian kampas rem baru serta lengkap dengan piringan cakramnya.Atau sobat bisa mengakalinya dengan mengamplas atau membubut piringan cakram agar rata.Tetapi piringan cakram yang tipis serta rata juga membuat daya cengkram kampas tidak optimal.

Langkah yang tepat agar seperti contoh diatas tidak terjadi,sobat harus memahami fungsi kampas rem serta cara merawatnya.Karena dengan mengerti dengan baik,kampas rem akan selalu siap ketika bekerja dan tidak menimbulkan masalah.

Kesimpulan Akibat Kampas Rem Habis

Berikut adalah efek buruk dari kampas rem yang sudah habis:

  • Piringan cakram tidak rata dan baret-baret
  • Putaran cakram tidak stabil,bila berputar akan terasa berat serta berbunyi kasar
  • Daya cengkeram kampas rem tidak kuat,tidak mampu menahan laju roda kendaraan
  • Skenario terburuk adalah terjadi kecelakaan akibat rem tidak berfungsi secara optimal

Itulah beberapa efek buruk menggunakan kampas rem yang sudah habis,semoga dengan membaca artikel ini sobat menjadi lebih memperhatikan lagi kondisi kampas rem.Sehingga tidak ada resiko terjadinya celaka.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Efek Buruk Menggunakan Kampas Rem Yang Sudah Habis"