Widget HTML Atas

Fungsi Kampas Rem Serta Cara Merawatnya

 Sobat pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah kampas rem.Salah satu komponen yang mempunyai fungsi yang sangat penting disetiap kendaraan.Namun untuk merawatnya,para pemilik sering lupa bahkan mengabaikannya.Oleh karena itu antonkevas ingin berbagi informasi mengenai fungsi kampas rem serta cara merawatnya.

Fungsi Kampas Rem Serta Cara Merawatnya


Apa sih kampas rem??

Dalam bahasa tekhnis disebut juga dengan istilah brake shoe atau sepatu rem.Tetapi pada kenyataannya banyak yang menamai dengan kampas rem.

Kampas rem adalah salah satu komponen yang terdapat pada sistem pengereman dengan mengandalkan lapisan rem yang terpasang pada sepatu rem.

Fungsi Kampas rem

Apabila kampas rem tidak bekerja dengan maksimal,maka bisa terjadi akibat yang tidak di inginkan yakni kecelakaan.Menurut informasi angka kecelakaan akibat rem mengalami blong tergolong cukup tinggi.

Nah fungsi kampas rem sebenarnya adalah untuk memperlambat atau menahan laju kendaraan sesuai dengan apa yang di inginkan oleh si pengendara.Bukan untuk menghentikan laju kendaraan.

Sistem pengereman akan bekerja ketika tuas rem di tekan oleh pengendara,sehingga kampas rem akan saling bergesekkan dengan piringan atau drum yang membuat laju roda menjadi berkurang.

Jadi kampas rem juga merupakan salah satu faktor keselamatan dalam berkendara.Bukan hanya untuk si pengendara itu sendiri tetapi untuk pengendara lain yang juga berada di jalan raya.

Cara Merawat Kampas Rem

Untuk saat ini,beberapa type kendaraan menggunakan 2 jenis rem yakni rem tromol dan rem cakram.Keduanya mempunyai fungsi yang sama yakni menahan laju roda kendaraan.

Seiring dengan majunya tekhnologi,jenis rem juga mengalami improvisasi yaitu dengan lahirnya fitur CBS.Comby System Brake atau CBS adalah salah satu jenis pengereman canggih yaitu cukup hanya dengan menekan 1 buah tuas rem,maka dapat menahan laju roda bagian dan roda bagian belakang secara bersamaan.Salah fitur yang banyak digunakan pada motor merk Honda terbaru.

Selain fitur Comby Brake System,terdapat juga fitur ABS ( Anti Lock Brake System ).Fitur yang di buat untuk mencegah roda kendaraan terkunci ketika terjadi pengereman secara mendadak.Serta dapat mengatur tekanan hidrolik yang sesuai pada saat pengereman.

1.Untuk Jenis Rem Tromol

Fungsi Kampas Rem Serta Cara Merawatnya


Bagi sobat yang masih menggunakan kendaraan denga rem tromol sebagai sistem pengeremannya,wajib mengetahui beberapa informasi dibawah ini:

  • Pastikan selalu melakukan pemeriksaan secara berkala setiap 4000 km.
  • Cek ketebalan sepatu rem,apabila ternyata sudah dalam kondisi tips atau aus,segera lakukan pergantian.
  • Selalu gunakan spare part asli misal Honda Genuin Part untuk motor honda.
  • Selanjutnya melakukan pengecekkan jarak main bebas handle rem,untuk rem bagian depan tromol dengan jarak 10-20 mm sedangkan bagian belakang dengan jarak 20-30 mm untuk tromol motor sport.Sedangkan untuk matic belakang sama dengan jarak tromol rem depan 10-20 mm.Pelajari cara ganti kampas rem belakang motor matic.
  • Setel ulang jarak main bebas handle apabila tidak sesuai standartnya.Lakukan dengan memutar mur penyetel kabel rem.
  • Selanjutnya memastikan switch lampu rem aman ketika digunakan.

2.Untuk Jenis Rem Cakram

Fungsi Kampas Rem Serta Cara Merawatnya



Untuk sobat yang menggunakan sistem pengereman dengan rem cakram,bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama bisa dengan melakukan pembersihan dibagian piringan cakram sampai disela-sela bagian lubangnya.
  • Periksa keausan kondisi sepatu rem,apabila dalam kondisi sudah tipis segera lakukan pergantian.Menurut standartnya lakukan pergantian bila sudah mencapai 4000 km.
  • Langkah selanjutnya dengan melakukan pemeriksaan cara kerja rem hidrolik.Caranya dengan memposisikan motor pada standart tengah.Setelah itu lakukan pemutaran roda,apabila piringan cakram berputar dengan lancar berarti dalam kondisi yang normal.Sambil tekan dan tahan tuas handle rem.
  • Selanjutnya adalah dengan memastikan tidak ada udara palsu yag terdapat pada sistem rem hidrolik.Caranya dengan menekan serta menahan tuas handle rem dan memutarkan roda.Apabila kampas rem mencengkeram dengan kuat berarti normal.Tetapi bila terasa ada tekanan yang kosong,segera lakukan pergantian minyak rem dan periksa apakah ada kebocoran.Untuk penyebab rem blong bisa disimak caranya di penyebab rem blong serta cara mengatasinya.

Ciri-ciri Kampas Rem Dalam Kondisi Aus

Untuk mengenali kampas rem sudah dalam kondisi aus bisa dilihat kondisi visualnya terutama untuk jenis rem cakram.Sedangkan untuk jenis tromol bisa dengan mendengar suara di bagian tromol serta jarak bebas main handle yang sudah tidak bisa disetel.Serta perhatikan juga kadar minyak rem di bagian master rem,apakah sudah dalam batas low.Kalau ternyata dalam kondisi low segera lakukan penambahan.

Apabila sobat teryata masih ragu,bisa dengan membawa ke bengkel motor terdekat untuk dilakukan pengecekkan bahkan melakukan pergantian.Jangan sampai hal ini diabaikan,karena keselematan menjadi taruhannya.

Cara Membedakan Kampas Rem Asli dengan Yang KW

Sparepart kampas rem sangat mudah untuk ditemukan,namun sebagai pemilik kendaraan tentunya harus lebih teliti lagi dalam melakukan pembelian suku cadang kampas rem ini.Kampas rem sendiri ada yang langsung diproduksi oleh original pabrik yang merk motor itu sendiri dan ada juga oleh vendor ang menjadi penyuplainya serta oleh pihak aftermarket.

Agar sobat tidak mengalami hal yang tidak diinginkan,maka sebaiknya sobat mampu membedakan sparepart original dengan sparepart kw.Berikut ciri-cirinya:

  1. harga lebih murah dibanding dengan yang asli
  2. Kemasannya jauh berbeda dengan yang asli
  3. tidak terdapat kode produksi pada kemasannya
  4. bahan yang digunakan lebih rapuh terlihat dari warnanya lebih gelap dan agak berpori

Tujuan Mengganti Kampas Rem

Mengingat lagi bahwa faktor keselematan yang paling penting ketika sedang berkendara,jadi wajib untuk selalu merawat dan melakukan pergantian kampas rem apabila sudah dalam kondisi aus.Tujuannya agar kampas rem bisa bekerja dengan optimal,sehingga ketika digunakan tidak terjadi masalah.

Demikianlah informasi mengenai fungsi kampas rem serta cara merawatnya,semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Fungsi Kampas Rem Serta Cara Merawatnya"