Widget HTML Atas

PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA

Penyebab Rem Cakram blong dan cara mengatasinya-Fungsi rem pada kendaraan bermotor pada umumnya untuk mengurangi laju kecepatan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengemudinya.Tentu saja fungsi rem ini sangat vital sekali,bayangkan saja apabila tidak ada rem pasti akan menimbulkan hal yang berbahaya.

Oleh sebab itu para produsen kendaraan bermotor sudah menerapkan sistem rem cakram pada setiap kendaraan bermotor yang diproduksi.Bahkan tak hanya bagian depan saja,bagian belakang pun sudah beralih menggunakan rem cakram.Ini merupakan salah satu inovasi dari yang dulu menggunakan rem tromol menjadi rem cakram yang mempunyai daya cengkram yang lebih kuat dibanding tromol.

Namun rem cakram sendiri ternyata masih memiliki kekurangan terbukti masih ada saja rem cakram mengalami masalah blong ketika digunakan.Apabila ini terjadi tentu saja akan berbahaya sekali bagi pengendara itu sendiri bahkan orang lain.

Masalah seperti ini biasanya bisa ditimbulkan oleh kondisi rem panas akibat jalan yang dilalui penuh dengan tanjakan maupun turunan.Cakram yang panas tentu saja akan menurunkan daya cengkram sehingga rem akan blong ketika digunakan.Perlu diperhatikan juga untuk jangan menyiram dengan air apabila kondisi rem panas tunggu hingga suhunya turun terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan pada rem.

Bisa juga disebabkan kebocoran pada seal sokbeker depan yang tanpa disadari perlahan dan pasti oli yang keluar mengenai piringan cakram dan membahasi.Kondisi yang seperti ini akan membuat rem cakram bekerja tidak maksimal pada saat digunakan karena kampas dalam kondisi basah.

BERIKUT HAL YANG DIPERHATIKAN DALAM REM CAKRAM



  • MINYAK REM 
PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA


Gunakan minyak rem yang dengan standart DOT yang telah ditentukan,karena akan berpengaruh terhadap kualitas minyak rem itu sendiri apabila digunakan.Di tanah air sendiri biasanya menggunakan minyak rem DOT 3 atau DOT 4 sebagai standartnya.
  • SELANG REM
PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA


Pastikan tidak ada kebocoran di sepanjang selang rem,apabila terjadi kebocoran tentu saja piston kaliper cakram tidak akan bekerja sehingga akan terjadi rem blong pada saat tuas rem ditekan.Segera ganti saja dengan yang baru,dengan kualitas yang bagus banyak tersedia di toko spare part terdekat anda.
  • KAMPAS REM
PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA

Kondisi kampas rem yang sudah tipis juga akan berpengaruh terhadap daya cengkraman pada piringan cakram sehingga apabila dilakukan pengereman kendaraan akan susah berhenti.Apabila menemukan kondisi seperti ini sebaiknya langsung ganti saja dengan yang baru karena harganya pun cukup murah sekitar Rp 20 ribu saja.
  • PIRINGAN CAKRAM
PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA


Piringan cakram yang sudah tipis akibat masa pemakaian tentu saja membuat daya rekat kampas berkurang dan biasanya terjadi selip ketika di rem.Bisa jadi karena  kondisi permukaan cakram yang tidak rata bahkan bergelombang  karena kikisan kampas yang tidak merata.Bisa dilakukan proses perataan ditukang bubut terdekat untuk mengatasi hal seperti ini atau bisa juga ganti yang baru.
  • PISTON KALIPER
PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA


Kondisi piston yang kotor yang dibiarkan terlalu lama dan berkerak menyebabkan piston kaliper kesulitan dalam bekerja dan bahkan menyebabkan kemacetan.Hindari kondisi seperti ini dengan melakukan perawatan pembersihan secara berkala.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan didalam sebuah komponen rem cakram,lakukan tidakan preventif perawatan mengingat rem sendiri fungsinya sangat vital sekali.Sedangkan apabilan rem cakram anda mengalami masuk angin yaitu kondisi angin yang berada diselal-sela minyak rem didalam sebuah selang rem,cara mengatasinya simak dibawah ini.

1.Langkah pertama yang harus dipersiapkan selang aquarium bening dengan panjang sekitar 0.5 meter

2.Kemudian buka kedua baut tutup wadah minyak rem dan kendorkan juga baut pembuangan minyak rem yang ada dibawah pada kaliper motor anda

3.Masukkan salah satu ujung selang aquarium ke saluran pembuangan dan satunya lagi ke wadah minyak rem

4.Pompa secara terus menerus tuas rem hingga minyak rem keluar melalui saluran pembuangan dan selang aquarium bening tersebut.Pompa sampai minyak rem yang keluar tidak ada udara 

5.Jika minyak rem yang mengalir sudah tidak ada udara berarti proses telah selesai.Dan kemuadian tutup kembali saluarng pembuangan dan wadah minyak rem,selesai.

Cara yang diatas memang mudah sekali dilakukan dan cukup praktis.Demikian penyebab rem cakram blong dan cara mengatatasinya,semoga bisa menambah wawasan dan informasi bagi anda.Tetap utamakan keselamatan dan keamanan dalam berkendara.


salam,antonkevas.com
antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com