Widget HTML Atas

GANTI KAMPAS REM BELAKANG MOTOR MATIC

Ganti kampas rem belakang motor matic-Belajar dari pengalaman sendiri,ketika motor yang kita kendarai nyelonong  aja pada saat direm.Setelah ditelusuri ternyata kampas rem bagian belakang motor sudah habis,maklum aja dari pertama beli motor belum pernah diganti.

Untuk mengantisipasi hal tersebut tak terulang lagi,tentu harus melakukan penggantian kampas rem.Karena apabila bila dibiarkan terlalu lama tentu akan bisa menimbulkan resiko yang sangat tinggi.Selain itu juga bisa merusak dinding dalam bagian tromol.


Dalam mengganti kampas rem belakang motor matic cukup gampang dilakukan sendiri dan mudah tanpa harus lama-lama  antri di bengkel.Apalagi disituasi pandemi seperti saat ini,pemerintah menganjurkan untuk banyak dirumah saja.


Bagi anda yang belum pernah melakukan penggantian kampas rem belakang motor matic sendiri,bisa menyimak beberapa informasi dibawah ini.Walaupun berbeda merk motor yang anda pakai,tapi pada intinya tetap sama dan mungkin sedikit saja perbedaannya.






BAHAN DAN ALAT YANG DISIAPKAN


  • Siapkan kunci shock 14 mm dan 22 mm
  • Kunci T 10 mm,T 12 mm dan T 14 mm
  • Kunci kombinasi ring 12 mm
  • Kuas dan sikat besi
  • Pipa panjang
  • Kampas rem baru

LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN

1.Posisikan motor pada permukaan yang datar dan kemudian gunakkan standart tengah untuk mempermudah proses pelepasan knalpot.

2.Kendor dan lepaskan ke 2 baut knalpot dibagian kop silinder / head silinder dengan menggunakan kunci T 10 mm.

3.Kemudian lepaskan juga baut dudukan knalpot yang terletak didekat radiator menggunakan kunci shock / kunci T 14 mm.


4. Setelah knalpot dicopot,ganjal velg motor dengan pipa panjang yang telah siapkan.Tujuannya untuk menahan velg motor dalam membuka mur roda.Gunakan kunci shock 22 mm.

5.Langkah yang dilakukan kemudian setelah mur roda terlepas,lepaskan juga velgnya dari tromol.


6.Lalu lepaskan kampas bekas tersebut dan lakukan pembersihan dengan menggunakan sikat besi dan kuas (gunakan kompresor bila ada).


7.Lepaskan baut pengatur rem dengan menggunakan kunci kombinasi ring 12 mm

8.Seteleah semua bagian tromol bersih,pasang kampas rem yang baru


9.Pasangkan kembali velg ke tromol seperti semula.Lalu pasang dan kencangkan mur roda motor tersebut.


10.kemudian pasang knalpot kembali seperti pada saat sebelum dilepas.

11. Dan setelah selesai,pasang mur pengatur rem dan atur rem sesuai keinginan anda.
12.SELESAI.

Itulah beberapa langkah cara ganti kampas rem belakang motor matic,apabila anda mengikuti urutan yang benar maka tidak akan terjadi kendala ketika melakukannya.Gantilah dengan kampas rem belakang yang asli karena kwalitasnya tentu sudah terjamin.Selain itu juga anda juga harus mengetahui PENYEBAB REM BLONG DAN CARA MENGATASINYA yang akan menambah wawasan anda.



salam,antonkevas👍👍
antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com