Widget HTML Atas

Cara Reset Ecu Grand Livina 100% Work

Melakukan reset ecu tak hanya berlaku untuk sepeda motor saja,namun juga bisa terjadi pada sebuah mobil.Salah satunya contohnya adalah dilakukannya cara reset ecu grand livina.

Melakukan reset ecu grand livina adalah salah satu contoh perawatan mesin yang bisa sobat lakukan.Hal ini bertujuan agar performa mobil livina bisa kembali seperti pertama kali sobat membelinya.

Cara Reset Ecu Grand Livina 100% Work


Fungsi ECU pada mobil Grand Livina mempunyai banyak fungsi yang selalu berhubungan dengan performa mesin,mengatur bahan bakar dan sebagainya yang diatur oleh sensor otomotis.Jadi apabila beberapa sensor mengalami masalah maka laporan yang dikirimkan ke bagian ECU kurang tepat.

Kenapa ECU Perlu dilakukan Reset??

Karena apabila sensor otomatis yang mengirimkan sinyal ke bagian ECU bermasalah atau rusak,maka oleh ECU sendiri tidak mampu membacanya dan akan dianggap sebagai error data.Sehingga ECU akan memberikan tanda melalui lampu kedipan atau CEL ( Check Engine Lamp ).

Maka jika error data tersebut tidak segera dihapus bisa saja menimbulkan beberapa masalah.Sebagai contohnya performa mesin menurun,bahan bakar menjadi boros dan bahkan RPM menjadi tidak teratur naik/turun.Baca : Cara belajar nyetir dengan mudah

Cara Reset Ecu Grand Livina

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan reset Ecu untuk mobil livina.

  • Langkah yang pertama sobat lakukan adalah dengan memastikan pedal gas dalam kondisi bebas ( tidak diinjak ).
  • Kemudian putar kunci kontak pada posisi ON ( tanpa menghidupkan ) biarkan sampai kurang lebih 5 detik.
  • Lakukan langkah - langkah berikut dengan cepat yaitu menginjak pedal gas sampai mentok dan tahan sampai 5 detik.Ingat tindakan ini dilakukan sampai 5 kali.
  • ( injak gas dengan penuh 5 detik dan lepaskan gas 5 detik ).
  • Kemudian biarkan sampai sekitar 7 detik dan lanjutkan dengan menginjak pedal gas secara penuh dan tahan hingga kurang lebih 10 detik sampai Check Engine Lamp mulai berkedip.
  • Selanjutnya lepaskan pedal gas dan biarkan selama 10 detik ( posisi Check Engine Lamp masih berkedip ).
  • Kemudian injak pedal gas lagi secara penuh selama 10 detik.
  • Dan lepaskan lagi pedal gas ( lampu Check Engine Lamp masih berkedip )
  • Langkah selanjutnya putar kontak ke OFF,tunggu 1-2 detik kemudian hidupkan mesin.Pada kondisi ini Check Engine Lamp harus tidak menyala.Bila masih menyala ulangi lagi langkah-langkah diatas.

Apabila sobat masih merasa kebingungan,bisa meminta saran atau bantuan kepada teman/saudara yang mengerti tentang mesin.Atau bisa berkonsultasi langsung dengan bengkel/montir langganan anda.

Demikian informasi mengenai cara reset ecu grand livina 100% work.Semoga dapat membantu meringankan masalah yang saat ini terjadi pada mobil livina anda.

Salam Gas Puoll,,


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Reset Ecu Grand Livina 100% Work"