Widget HTML Atas

Advertisements

Engine Mounting Mobil :Fungsi,Jenis dan Tanda Kerusakan

Menjadi salah satu komponen yang cukup vital di bagian sistem penggerak mobil,engine mounting terkadang menjadi bagian yang lalai untuk diperhatikan.Padahal mounting mesin memiliki perang yang sangat penting untuk menjaga kinerja mesin selalu optimal.


Engine Mounting Mobil:Fungsi,Jenis dan Tanda Kerusakan



Apa itu Mounting mesin mobil


Mesin atau engine mounting adalah salah satu bagian atau komponen yang memiliki fungsi penting pada sebuah mobil.Jadi Mounting pada mobil adalah komponen yang berfungsi untuk menstabilkan dan menahan bagian-bagian tertentu dari mobil, seperti mesin, transmisi, suspensi, dan knalpot. Mounting biasanya terbuat dari karet yang diperkuat dengan logam atau bahan-bahan lainnya yang tahan terhadap getaran dan tekanan.

Cara kerja engine mounting adalah untuk meredam dan menahan getaran pada mesin.Sehingga getaran mesin yang cukup tinggi tidak terasa ke bagian kabin.Getaran pada mesin biasanya di picu oleh bertemunya bahan bakar dengan udara di dalam ruang pembakaran mesin.Baca juga Cara Pasang Relay Lampu Mobil

Fungsi Engine Mounting

Berikut adalah beberapa fungsi engine mounting,selain dalam menahan dan meredam getaran mesin.

  • Menyerap Getaran: Mounting membantu menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin atau komponen lainnya, sehingga mengurangi rasa tidak nyaman dalam kabin mobil.
  • Menahan dan Menstabilkan Komponen: Mounting menjaga agar komponen-komponen seperti mesin dan transmisi tetap dalam posisi yang stabil dan terpisah dari kerangka mobil.
  • Mengurangi Suara: Mounting juga membantu mengurangi transmisi suara dari mesin atau komponen lainnya ke dalam kabin mobil, sehingga meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang.
  • Membantu kinerja komponen lain: Ketika engin mounting bekerja makan beberapa komponen lain akan ikut terbantu kinerjanya seperti piston dan gearbox sehingga mobil berjalan dengan aman dan nyaman.


Jenis Engine Mounting:


  • Mounting Mesin: Memegang dan menstabilkan mesin mobil.
  • Mounting Transmisi: Menahan dan menstabilkan transmisi mobil.
  • Mounting Suspensi: Menyerap getaran dan memperkuat suspensi mobil.
  • Mounting Knalpot: Menahan knalpot dan mengurangi getaran yang ditransmisikan ke mobil.


Tanda-tanda Kerusakan Engine Mounting:


Getaran yang Tidak Biasa: Jika Anda merasakan getaran yang tidak biasa saat mesin berjalan atau mobil bergerak, itu bisa menjadi tanda mounting yang rusak atau aus.

Bunyi Berisik: Bunyi berisik atau berderit dari bagian bawah mobil bisa menandakan kerusakan pada mounting.

Perubahan dalam Posisi Mesin atau Transmisi
: Jika Anda melihat mesin atau transmisi bergeser dari posisi normalnya, itu bisa menjadi tanda bahwa mountingnya rusak.

Kenyamanan Berkendara Menurun
: Jika kenyamanan berkendara menurun dan Anda merasa lebih banyak getaran atau kebisingan dari biasanya, mounting yang rusak bisa menjadi penyebabnya.Baca juga Cara Menambal Radiator Mobil Yang Bocor

Penyebab Engine Mounting Rusak


Mounting mesin pada mobil yang mengalami kerusakan tentu akan membuat masalah pada kinerja mobil.Untuk mengatasi hal tersebut,sebagai pemilik kendaraan sobat wajib mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya.Berikut adalah penyebab engine mounting mobil rusak serta cara mengatasinya:

1.Getaran Mesin Yang Kuat

Getaran pada bagian mesin yang cukup kuat secara terus menerus akan membuat engine mounting menjadi cepat aus.Apabila pada mobil sobat ditemukan getaran yang cukup hebat,pastikan untuk segera memeriksa engine mounting pada mobil anda.

2.Overload Beban

Kelebihan beban atau menahan beban yang terlalu sering akan membuat komponen ini menjadi cepat aus atau rusak.Kondisi menahan beban yang terlalu berat membuat kinerja engine mounting bekerja sangat keras.

3.Benturan Cukup Keras

Benturan keras atau akibat kecelakan dapat membuat engine mounting menjadi rusak.Hal ini disebabkan oleh ketidakstabilnya engine mointing dalam bekerja.Selain itu,sebagai pengendara sobat harus wajib memperhatikan kondisi jalan.

4.Tidak Adanya Perawatan

Seperti bagian komponen yang lain,engine mounting juga memerlukan perawatan.Wajib untuk selalu mengganti komponen ini apabila diketemukan dalam kondisi yang tidak baik.

Kapan waktu untuk mengganti engine mounting


Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian mobil anda,engine mounting pasti akan mengalami kerusakan atau aus.Untuk umur pemakaian engine mounting dibatasi mulai dari 50.000 - 60.000 km.Apabila sudah melebihi jarak tersebut sebaiknya segera lakukan pergantian.

Demikian informasi mengenai engine mounting,fungsi,penyebab serta cara mengatasinya.Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya.


#engine mounting avanza #engine mounting mobilio #engine mounting ertiga #engine mounting brio #engine mounting brio
antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Engine Mounting Mobil :Fungsi,Jenis dan Tanda Kerusakan"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements