Widget HTML Atas

Advertisements

Ukuran Shock Belakang Beat : Karakteristik,Umur dan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti

Ukuran Shock Belakang Beat : Karakteristik,Umur dan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti



Shock belakang merupakan salah satu dari komponen sepeda motor yang berfungsi untuk menahan meredam getaran sertan goncangan ketika roda bagian sepeda motor itu bekerja.Di dalam dunia otomotif biasnya di kenal dengan nama suspensi belakang.Kehadiran suspensi belakang ini akan membuat pengemudi dan penumpang rasa nyaman ketika berkendara.

Ukuran Shock Belakang Beat

Suspensi atau shock belakang beat biasanya terdiri dari beberapa bagian yakni diameter piston,panjang dan tekanan.Diameter piston merupakan ukuran diameter yang terletak dibagian dalam shock yang memiliki tugas untuk mengalirkan minyak hidrolik.Panjang shock belakang biasnya diukur dari titik koneksi bawah sampai dengan titik koneksi atas.Sedangkan tekanan pada shock belakang beat berkaitan dengan kekakuan serta kekutan per pegas biasanya dapat diatur untuk posisi reboundnya.

Ukuran shock belakang beat secara umum mempunyai 2 jenis,yakni :

  • Jenis Standart yaitu memiliki ukuran panjang 295 mm,diameter piston 26 mm serta tekanan 5,5 kgf/mm
  • Jenis Racing yaitu memiliki ukuran panjang 300 mm,diameter piston 28 mm serta tekanan 7,5 kgf/mm.Lihat Daftar Shockbeker Racing di Indonesia 

Jenis Motor

Ukuran Shock Belakang Beat

Honda Beat Karbu

300 mm / 350 mm

Honda Beat Injeksi

325 mm / 330 mm

Honda Beat Deluxe

325 mm / 330 mm

Honda Beat fi Original

325 mm / 330 mm

Honda Beat Street Original

330 mm


Untuk pemakaian sehari-hari,ukuran shock belakang beat jenis standart sudah cukup untuk memenuhi,sedangkan untuk kebutuhan seperti balap motor bisa menggunakan ukuran shock belakang beat jenis racing.

=> Daftar Ukuran Panjang Shockbeker Belakang Semua Motor

Karakteristik Shock Belakang Beat

Selain informasi diatas,bagi pengguna motor matic beat alangkah baiknya mengetahui karateristik dari shock belakang beat.Berikut penjelasannya:

1.Pengaturan Rebound

Pengaturan posisi rebound dapat diatur pada posisi kencang dan lembut.Untuk posisi rebound yang kencang akan meghasilkan getaran kurang nyaman ketika melewati jalan yang tidak rata.Sedangkan untuk posisi pengaturan rebound lemut akan menghasilkan kenyaman dan stabilitas ketika sedang berkendara.

2.Kekakuan Per Pegas

Pada sepeda motor beat,posisi kekakuan per pegas shock belakang dapat diatur sesuai kenyamanan.Jika sobat suka berkendara dengan kecepatan tinggi sebaiknya di atur pada posisi kencang.Sedangkan untuk kecepatan rendah diatur pada posisi lembut.

3.Kualitas Minyak Hidrolik Yang Bagus

Performa shock belakang beat dipengaruhi juga dengan kualitas minyak hidrolik yang bagus.Makin bagus kualitas minyak akan semakin membuat kualitas shock menjadi lebih baik dan awet begitu juga sebaliknya makin jelek kualias minyak maka akan buruk juga performa shockbeker tersebut.

Umur dan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Shock Belakang Beat

Tak berbeda jauh dengan komponen sepeda motor lainnya,shock belakang beat juga mempunyai masa umur pemakaian yakni sekitar 20 ribu - 30 ribu km atau 2 -3 tahun masa pemakaian.Nah untuk waktu yang tepat untuk ganti shock belakang beat biasanya ditandai dengan:

  • getaran yang tidak normal
  • kondisi shock yang sudah bocor
  • keluar suara berisik ketika melewati jalan yang tidak rata
  • perubahan panjang pendek dibagian shock belakang
  • berkurangnya kestabilan ketika sedang berkendara

FAQ Terkait Ukuran Shock Belakang Beat


1.Bagaimana cara mengetahui ukuran shock belakang Honda Beat yang sesuai?

Ukuran shock belakang beat yang sesuai dapat dilihat dari panjang,diameter piston dan tekanan.Ukuran tersebut pada umumnya sudah ditentukan oleh pabrikan motor tersebut serta dapat dilihat didalam buku manual panduan kendaraan.

2.Apakah ukuran shock belakang honda beat berpengaruh pada kenyamanan berkendara?

Ya,tentu saja.Dimensi shock belakang honda beat yang tepat dan sesuai kebutuhan maka akan membuat kenyamanan ketika berkendara.Kondisi shock yang terlalu besar atau kecil akan memberikan pengaruh pada kenyaman bahkan dapat membahayakan pengendaranya.

3.Apakah harus mengganti shock belakang honda beat dengan merk yang sama?

Jawabannya tidak harus,akan tetapi sobat dapat memilih kualitas shock belakang beat yang berkualitas baik.Dipasaran terdapat banyak merk shock belakang lain yag bisa digunakan asal sesuai dengan ukuran dan spesifikasinya.

4.Berapa Lama umur pakai shock belakang honda beat?

Umur pakai shock belakang honda beat tergantung dari kulitas dan cara pemakaiannya.Secara umum ,umur pakai shock belakang beat adalah sekitar 20 rb - 30 rb km atau sekitar 2 - 3 tahun.Namun apabila sering berkendara di jalur ekstrem atau mengangkut beban yang sangat berat maka umur pakai shock akan lebih cepat habis.



antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Ukuran Shock Belakang Beat : Karakteristik,Umur dan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements