Widget HTML Atas

Cara Stel Klep Motor 4 tak Dengan Mudah

Klep motor adalah sebuah alat bantu atau bagian dari sebuah  motor yang memiliki sifat dinamis yang terletak atau terpasang di kepala silinder motor.Fungsi dari komponen tersebut adalah membuat atau membikin tarikan sepeda motor tetap dalam kondisi stabil dan selalu prima seperti sama kondisi saat baru.

Dengan melakukan perawatan atau penyetelan secara periodik teratur akan menjadikan / memberikan efek yang sangat baik kalau langkah atau cara dalam menyetel klep motor anda dilakukan dengan tepat dan benar.

Tentunya dengan melakukan tindakan preventif seperti itu anda sudah mengembalikan jarak renggang klep atau valve motor yang berubah pasca pemakaian yang biasanya ditandai dengan borosnya bahan bakar sepeda motor anda.

BERIKUT CARA SETEL KLEP MOTOR YANG BENAR

Karena terbuat dari bahan yang cukup kuat dan mudah dalam menghantarkan panas klep motor ini dirancang sedemikian.Gerakan klep motor sendiri naik turun dibawah tekanan yang cukup panas ketika motor dalam keadaan hidup.



Cara menyetel motor yang masih baru masa pemakaiannya

  1.  Buka penutup klep motor di bagian atas dan bawah
  2. Buka penutup di bagian tengah pada penutup bak magnet
  3. Setelah terbuka,posisikan piston pada titik TMA ( Titik Mati Atas) dan Noken As pada posisi Netral dengan cara memutar magnet berlawanan arah jarum jam.Amati sambil melihat piano klep pada posisi menekan tiang payung klep pada silinder bagian atas.Pastikan piano klep menekan payung bagian api.Kemudian putar kembali magnet sampai anda mendapatkan posisi piano klep menekan payung klep yaitu klep minyak dan pastikan pada magnet pada posisi tanda TOP atau tanda huruf T.
  4. Kemudian goyangkan klep ke atas bawah dan kiri kanan.Jika anda merasakan jarak yang terlalu longgar,anda bisa mengencangkan.Dengan mengendorkan baut klep dan mengencangkan baut setelan klep untuk mengatur kembali posisi klep.
  5. Gunakkan alat bantu ukur fuller gauge untuk mengukur jarak kelonggaran klep.Untuk motor bebek 0.03 mm sampai dengan 0.05 mm,untuk motor sport 0.07 mm sampai dengan 0.10 mm dan khusus untuk satria fu 0.10 mm sampai 0.15 mm.

Cara menyetel klep motor yang sudah lama masa pemakaiannya

Untuk penyetelan motor yang masa pemakaiannya sudah lama sebaiknya di anjurkan setiap 3 tahun sekali.Dan tidak di haruskan posisi piston pada posisi TMA  atau posisi TOP karena kemungkinan beberapa komponen yang terkait sudah aus seperti Noken As dan piano klep.

  • Buka penutup klep bagian atas dan bawah
  • Buka penutup magnet bagian tengah dan putar berlawanan arah jaum jam.Posisikan piano klep menekan salah satu tiang klep
  • Jika pada saat memutar magnit dan ternyata klep api yang terbuka,maka setel pada bagian klep minyaknya begitu pula sebaliknya.
  • Setel jarak sesuai jarak yang telah dianjurkan dan lihat hasilnya tentu anda akan memperoleh hasil suara yang halus pada saat mesin di hidupkan.


Selain merawat dengan menyetel klep.motor secara berkala anda juga harus merawat mesin motor anda,selengkapnya anda dapat mengetahui di Tips ganti oli motor yang tepat supaya mesin motor selalu prima.

Bagi anda yang ingin melakukan penyetelan klep motor anda bisa mengikuti beberapa tips panduan di atas.Bagi anda yang masih bingung bisa eminta bantuan mekanik terdekat.Semoga tps diatas menambah wawasan anda.


  antonkevas.blogspot.com
      .Enjoy your life 👍👍.
antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Cara Stel Klep Motor 4 tak Dengan Mudah"