Widget HTML Atas

Cara Sevis Aki Motor Dengan Mudah

Aki merupakan sumber kekuatan kelistrikan yang dapat menyalakan semua komponen -komponen elektronik pada kendaraan anda.Dan apabila aki anda rusak atau soak maka semua komponen elektronik akan mati karena tidak adanya aliran listrik.

Oleh karena itu menjaga agar aki tetap dalam kondisi prima merupakan salah satu hal yang terpenting agar atau supaya fungsi utama dari aki tersebut bisa setiap saat atau selalu ada setiap akan kita gunakan.

Pada dasarnya merawat / servis aki sangatlah mudah karena industri otomotif sekarang banyak yang sudah menggunakkan Battery Maintenance Free atau yang di sebut dengan aki kering.Aki ini sumber tenaga listrik berarus Direc Current (DC).

Karena ini adalah salah satu barang elektronik sudah pasti memiliki umur pemakaian.oleh karena itu kita harus tahu cara merawat / servis aki disaat aki mulai soak atau rusak agar bisa digunakan kembali.

Simak 11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik

Cara Sevis Aki Motor Dengan Mudah

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui,simak informasi berikut ini:

1.ALAT Dan BAHAN

Hal - hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu agar kita tidak kesana kemari hanya untuk mencari alat yang akan kita gunakkan.

a.Siapkan obeng (-) yang nanti akan digunakkan untuk membuka cover aki bagian atas

b.Siap air aki zuur,air aki khusus untuk mengisi yang baru bukan menambah cairan aki

c.kain lap untu mengelap apabila ada cairan yang menetes dan jatuh ke dalam bagian yang tidak kita inginkan.

d.Sealant atau lem tembak yang digunakkan untuk melekatkan kembali bagian penutup aki tadi.

 2.MELEPASKAN AKI DARI MOTOR

Sebelum anda melakukan servis aki,anda terlebih dahulu harus mencopot aki tersebut.Yang perlu diperhatikan anda harus melepas kutub positif (+) terlebih dahulu,agar ketika kita tidak sengaja menjatuhkan alat / barang yang akan bersentuhan dengan kutub negatif (-) akan menimbulkan percikan api dan pastinya anda akan kaget.

3.BERSIHKAN

Gunakan kain lap yang sudah kita persiapkan tadi,bersihkan seluruh bagian yang kotor.
Tujuannya agar pada saat dibuka cover penutup aki tidak ada kotoran yang masuk ke dalam bagian yang tidak boleh terkena kotoran.

4.MEMBUKA COVER PENUTUP AKI

Gunakkan obeng (-) yang telah dipersiapkan.Biasanya cover penutup aki ini agak susah atau sangat kencang.Lakukan dengan perlahan - lahan sampai cover penutup terbuka dan tidak rusak.

5.MENGISI AIR ZUUR

Pastikan lubang karet pengisian aki terbuka semuanya,sekitar 8 - 10 lubang.Masukkan cairan aki zuur tadi di setiap lubang karet hingga 1 cm dibawah lubang penutup aki tersebut.Lakukan hingga semua semua lubang terisi sesuai dengan ketinggian yang sudah ditentukkan.Dan kemudian tutup kembali semua lubang.

6.SEALANT COVER PENUTUP

Setelah lubang karet dipastikan tertutup semua,lakukan pengeleman cover penutup aki dengan sealant yang telah dipersiapkan.Pastikan penutup benar - benar rapat.

7.MENGISI DAYA AKI

Biasanya pada proses mengisi daya aki dilakukan dengan di setrum atau dapat juga di jumper.Untuk proses yang lebih cepat kebanyakan dengan cara di setrum.

8.PENGECEKKAN

Langkah yang terakhir sebelum dilakukan pemasangan aki,yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan daya listrik yang di tentukan dengan alat ukur.Apakah aki sudah terisi atau belum,kalau sudah terisi berarti cara merawat atau servis aki.ini berhasil dan aki bisa dapat untuk.digunakkan kembali.

Dengan memahami cara merawat atau servis aki motor yang benar,anda dapat atau bisa lebih menjaga kondisi aki agar bisa menjadi lebih tahan lama ( umur masa pakainya ).Semoga menambah wawasan kita semuanya dan bermanfaat.

Salam Gas Puoll,,


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Sevis Aki Motor Dengan Mudah"