Widget HTML Atas

Advertisements

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik

 Aki motor merupakan salah satu komponen  yang pasti digunakan disetiap sepeda motor baik sepeda listrik,motor bebek,motor matic dan bahkan motor sport.Mengingat fungsinya sangat penting,alangkah baiknya bila sobat menyimak 11 rekomendasi merk aki motor terbaik yang bagus dan tahan lama, akan disampaikan oleh bang antonkevas dibawah ini.

Sebelum kita mereview 11 merk aki motor tersebut,alangkah baiknya bila sobat memahami terlebih dahulu sedikit informasi mengenai aki motor.Aki motor adalah sebuah komponen yang mengandung arus listrik dan dapat difungsikan sebagai komponen pembantu mengalirkan arus ke sejumlah perangkat elektronik seperti lampu,starter dan mereferensikan ke bagian ECU.

Jenis-jenis Aki Motor

Beberapa sepeda motor menggunakan jenis aki motor yang berbeda-beda tetapi mempunyai fungsi yang sama.Jadi ketika aki motor sobat mengalami rusak/soak,pastikan sobat telah mengetahui jenis aki motor apa yang saat ini sobat pakai.Hal ini agar tidak terjadi kekeliruan,karena sebenarnya aki motor memiliki banyak jenis.

1.Aki Basah

Dikatakan sebagai aki basah,karena komponen ini menggunakan cairan asam zulfat H2SO4 atau yang dikenal dengan air aki.Aki basah ini termasuk salah satu jenis aki yang tahan lama dan dapat digunakan secara continuesly.

Namun aki dengan jenis basah seperti ini,kadang juga akan menimbulkan masalah seperti kehabisan cairan aki dan soket yang berkarat sehingga arus tegangan aki melemah.

2.Aki Kering

Aki motor dengan jenis kering tidak membutuhkan perawatan seperti yang dilakukan pada aki basah,praktis dan simple.Tetapi untuk masa umur pemakaian,jenis aki kering hanya sekali pakai tidak seperti aki basah yang bisa berulang-ulang.Untuk aki kering saat ini banyak diaplikasikan pada motor zaman now seperti pada motor Honda PCX maupun Yamaha Nmax.

3.Aki Gel

Aki jenis ini memang saat ini masih sangat jarang untuk ditemukan,berbeda dengan aki basah ataupun aki kering.Salah satu ciri yang paling utama adalah memakai cairan Gel sebagai cairan akinya.Cairan ini sudah diformulasikan secara khusus sehingga memiliki daya uap rendah dan anti bocor sehingga daya tahan menjadi lebih lama dibanding akai basah.

4.Aki Kalsium

Aki jenis kalsium masih sangat sedikit bahkan sulit sekali untuk menemukannya,ciri khas dari jenis ini adalah penggunaan elektroda kalsium di bagian katub (+) dan katub (-).Untuk daya penguapan jenis aki ini sangat rendah sehingga mempunyai daya tahan sangat baik dan tahan lama.

5.Aki Hybrid

Jenis aki ini adalah penggabungan jenis aki kalsium dengan aki basah.Jadi dibagian katub (+) jenis aki ini sobat akan menemukan bahan low antimonial seperti yang dipakai pada aki basah.Dan sobat akan menemukan bahan kalsium dibagian katub (-).

Aki motor berapa ampere??

Aki motor standart biasanya memiliki tegangan 12 volt,namun untuk masalah amperenya berbeda-beda tetapi sebagai patokannya mulai dari 2 Am sampai dengan 8 Am.

Simak 6 Tips Memilih Aki Motor Yang Berkualitas

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik

Berikut adalah beberapa merk aki motor yang bisa menjadi referensi ketika akan melakukan pergantian aki dan merupakan merk aki motor yang bagus dan tahan lama.

1.NS Battery

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Merupakan salah satu merk aki motor terbaik yang sudah menggunakan tekhnologi Extreme Frame sehingga performa sepeda motor menjadi lebih bertenaga.Juga merupakan aki motor anti bocor sehingga aman terhadap korosi.Merk NS Battery masuk dalam golong jenis aki kering

2.GS Battery

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Merupakan salah satu aki yang diproduksi oleh perusahaan  Astra Group,jadi masalah kualitas memang sudah tidak diragukan lagi.Merk aki motor GS memang sudah menjadi langganan oleh beberapa merk motor bahkan mobil di Indonesia.

Aki motor merk GS Battery ini,selain menawarkan jenis aki kering yang banyak dipakai motor matic saat ini juga menawarkan aki jenis hybrid yang di peruntukkan untuk mobil.

3.Yuasa

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Merk aki motor asal negeri sakura jepang juga telah menjadi langganan para pengguna sepeda motor dan mobil di tanah air.Merk aki motor Yuasa sangat terkenal sekali dengan produk aki basahnya.Namun sesuai dengan perkembangan zaman,aki ini juga meproduksi jenis aki kering yang digunakan pada motor matic.Jadi tidaklah heran bila merk Yuasa sudah menjadi merk aki motor / mobil terkenal saat ini.

4.Aspira

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Aspira terkenal dengan memproduksi beberapa spare part sepeda motor tak terkecuali dengan aki motor.Aki motor ini juga termasuk dalam perusahaan astra group,jadi soal kualitas aki standart bisa menjadi salah satu rekomendasi.

5.Federal

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Merk federal juga sudah familiar sekali didunia spare part motor,jadi apabila sobat menggunakan aki dengan merk ini bisa menjadi salah satu pilihan.Salah keuntungan menggunakan aki motor federal adalah harganya yang sangat terjangkau sekali.

6.Motobatt

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Merupakan salah satu aki motor yang menggunakan jenis gel sebagai cairan akinya.Dengan menggunakan cairan gel akan membuat daya uap semakin rendah serta minim terjadi kebocoran aki.Menariknya lagi harga aki motor motobatt lebih terjangkau dan masih dibawah dibawah harga aki standart bawaannya.Harga aki motobatt sekitar Rp 150 ribu.

7.Bosch

Bosch merupakan salah satu merk perkakas terkenal asal German.Merk ini sudah sangat terkenal memiliki kualitas yang sangat bagus tak terkecuali untuk aki motor.

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Aki motor Bosch telah menggunakan tekhnologi AGM (Absorbent Glass Matt) menjadikan aki memiliki umur pemakaian yang lebih panjang serta tenaga yang digunakan untuk starter menjadi lebih kuat.

8.Zeus

Sobat pasti merasa asing sekali mendengar nama tersebut.Namun aki motor merk ini telah memenuhi standart SNI,JIS standart dan Japan Industrial Standart.

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Aki zeus menggunakan bahan baku dengan tekhnologi kalsium sehingga tidak memerlukan pengisian tambahan dan bebas perawatan.Sangat cocok digunakan di cuaca tropis seperti Indonesia.

9.Furukawa

Merupakan salah satu merk aki asal negeri samurai jepang yang ikut berkiprah dipasaran tanah air.Merk Furukawa sendiri telah lama menjadi produsen aki di negeri tersebut selama kurang lebih satu abad.Jadi untuk masalah kualitasnya pasti terjamin dan menjadi salah satu merk aki motor terbaik.

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Keunggulan aki ini menggunakan bahan baku timah putih terbaik sehingga akan menghasilkan arus yang sempurna.Selain itu juga telah menggunakan tekhnologi anti explode yang mencegah terjadinya ledakan saat konsleting dan percikan api terjadi.

10.Maxima

Walaupun tidak familiar,namun aki motor merk maxima telah menggunakan tekhnologi spiral didalamnya.Selain itu aki motor merk ini memiliki konektor yang padat sehingga akan menghantarkan arus listrik  dengan gampang.

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Bahan pembuat aki ini terbuat dari lapisan timah hitam murni.Sedangkan untuk perawatannya,maxima bebas dari perawatan karena sudah menggunakan separator anti bocor.

11.Daytona

Sering berkiprah di part-part racing,Daytona juga mengeluarkan komponen yang bernama aki motor.Aki motor Daytona mempunyai beberapa kelebihan salah satunya memiliki Cold Crankcase  Ampere yang melebihi aki motor merk Yuasa.

11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik


Menggunakan aki jenis gel akan membuat kualitas aki motor ini lebih baik.Serta harga yang ditawarkan juga masih dibawah aki motor Yuasa.

Untuk Harga aki motor diatas sangat bervariasi sekali,kadang beda daerah maka beda pula harga yang ditawarkan.

Sekarang ini mendapatkan aki motor terbaik sangatlah mudah.Sobat bisa langsung mendatangi toko aki motor terdekat atau bisa langsung berbelanja melalui market place ataupun toko online.

Bagi sobat yang saat ini masih menggunakan aki jenis basah dan mengalami masalah sebaiknya memperhatikan beberapa poin sebagai berikut:

Demikian informasi mengenai 11 rekomendasi merk aki motor terbaik,semoga bisa membantu mengatasi masalah tentang aki motor.Dan apabila saat ini sedang membutuhkan referensi,informasi diatas bisa sangat membantu dan bermanfaat.

Kamsa Hamida,,,

Salam Gas Puol,,





antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "11 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik "

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements