Widget HTML Atas

6 Tips Cara Memilih Aki Motor Yang Berkualitas

 Aki motor yang sudah dipakai terlalu lama pasti akan mengalami penurunan performa baik untuk aki jenis basah maupun jenis kering.Sebelum sobat melakukan pergantian,alangkah baiknya bila sufah mengetahui tips cara memilih aki motor yang berkualitas dan tepat.Tujuannya hanya satu yaitu agar sobat tidak salah memilih dan merasa kecewa.

Memilih aki motor hampir sama memilih pasangan dalam hidup,butuh ketelitian,bobot dan bebetnya ( merk maksudnya).Agar aki motor dalam melayani sepeda motor dapat awet dan tentu tahan lama.

Seperti yang sobat tahu bahwa ada 11 merk aki motor terbaik yang bisa menjadi sebuah rekomendasi.Tetapi bila sobat tidak mengetahui tips dalam memilih aki yang berkualitas tentu belum merasa yakin dan puas.Namun bila sobat sudah mengetahui tipsnya,silahkan mengabaikan informasi berikut ini.


6 Tips Cara Memilih Aki Motor Yang Berkualitas


Tips Memilih Aki Motor Yang Berkualitas

1.Sesuaikan Jenis Aki Yang Dipilih

Jenis aki motor yang beredar dipasaran ada beberapa jenis yaitu:

  • Jenis Aki Basah
  • Jenis Aki Kering
  • Jenis Aki Gel
  • Jenis Aki Kalsium
  • Jenis Aki Hybrid

Pastikan aki motor yang sobat pilih sesuai dengan jenis aki motor yang saat ini sedang sobat pakai.Bila sobat merasa ragu,bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan bengkel/mekanik langganan atau bisa dengan membaca manual book yang sobat miliki.

2.Pilih Aki Motor dengan Merk Ternama

Pastikan selalu membeli aki motor dengan brand merk yang sudah terkenal dan memang sudah berpengalaman di bidang aki.Pilihlah aki yang tidak membutuhkan perawatan dan tentu memberikan masa garansi.

Sebagai contoh sobat bisa membeli aki motor NS Battery yang mampu memberikan masa garansi aki 12 bulan bahkan ada yang 18 bulan.Aki motor ini telah menggunakan tekhnologi VRLA ( Variable Regulated Lead Acid ) dengan penguapan suhu yang rendah sehingga tahan lama dan free maintenance.Serta tekhnologi AGM ( Absorbent Glass Mat ) yang membuat aki merk ini anti terhadap kebocoran dan tekhnologi pendukung lainnya.

3.Perhatikan Tanggal Produksi Aki 

Seperti yang telah bang antonkevas sampaikan diatas yakni tentang ketelitian.Yaitu dengan memastikan kode tanggal produksi aki,karena aki yang berkualitas pasti tertera tanggal produksi dan masa expirednya.

Bila sobat memilih aki motor yang hampir memasuki masa kadaluarsa pasti komponen-komponen yang didalam aki sudah dalam kondisi melemah dan kemampuan menyimpan arus juga berkurang.Aki motor dalam kondisi seperti ini biasanya tidak mampu bekerja dengan optimal.

4.Harga Jual Aki Yang Masuk Akal

Saat sekarang ini banyak yang menjual aki motor dengan harga sangat murah dibawah standart dengan memiliki banyak kelebihan.Sobat masih percaya hal seperti itu ??? Kualitas sebuah barang memang kadang terpaku dengan harga yang lebih mahal,tetapi sobat juga jangan terkecoh,karena saat sekarang ini banyak harga aki motor terjangkau yang memiliki kualitas lumayan bagus.

Jadi pastikan sobat lebih jeli lagi dalam memilih aki motor,carilah aki motor dengan harga standart/terjangkau namun tetap dengan mengutamakan kualitas.

5.Cek Ukuran Tegangan Aki 

Tidak ada yang salah apabila melakukan pengecekkan ukuran tegangan pada aki motor yang akan di pasang pada motor tunggangan sobat.Hal ini untuk lebih memastikan bahwa aki motor benar-benar memiliki tegangan yang sesuai.Tegangan aki motor yang standart biasanya berkisar diantara 12,6V sampai 12,8V.Jadi jika tegangan aki kurang dari 12,6V dan lebih besar dari 12,8V kualitas aki tersebut dalam kondisi tidak bagus.

6.Memastikan Ketinggian Cairan Elektrolit

Apabila sobat menjatuhkan piliha dengan aki jenis basah,pastikan untuk melakukan pengecekkan ketinggian cairan elektrolit dalam keadaan yang sesuai.Karena apabila kondisi ketinggian yang tidak sesuai standart maka kualitas penyimpanan arus aki akan tidak bagus.

Simak Cara Service Aki Motor Dengan Mudah

Namun bila sobat masih ingin tetap menggunakannya,harus melakukan penambahan air aki terlebih dahulu sampai batas yang sesuai standart.Baru kemudian lakukan recharging ulang agar arus aki sesuai yang diharapkan.

Simak juga 

Itulah 6 tips cara memilih aki motor yang berkualitas,semoga dengan sobat membaca artikel diatas akan menjadikan sobat tidak salah dalam memilih aki motor.

Sebagai catatan apabila motor kesayangan sobat sudah menggunakan sistem injeksi,pastikan aki motor selalu dalam keadaan normal agar kinerja ECU tidak mengalami masalah.

Salam Gas Puoll,,

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "6 Tips Cara Memilih Aki Motor Yang Berkualitas"