Widget HTML Atas

PILIH MOTOR MATIC ATAU MANUAL??CEK KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Motor Matic Atau Manual-Di kalangan masyarakat tanah air kita ada berbagai macam alat transportasi yang dapat kita gunakan,salah satu alat transportasi yang paling populer adalah Motor.Motor yang paling banyak di minati kebanyakan adalah motor matic dan motor manual.Prinsip kerja motor matic dan motor manual sebenarnya sama,yang menjadikan kedua motor ini berbeda yaitu dari sisi pengoperasian.

Walaupun sebenarnya kalau diperhatikan lebih lanjut banyak perbedaan dari kedua jenis motor tersebut.Perbedaan motor matic atau motor manual dapat dilihat dari segi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.Bagi anda yang ingin membeli sepeda motor yang baru,tentu beberapa informasi berikut bisa membantu anda dalam menentukan pilihan yang terbaik.




MOTOR MATIC

Di sebut sebai motor matic yaitu karena motor ini sudah tidak menggunakan perpindahan gigi transmisi,yaitu apabila ditarik gas otomatis motor akan berjalan dan apabila gas ditarik semakin banyak maka akan semakin kencang laju motornya.

KELEBIHAN MOTOR MATIC

  • TRANSMISI OTOMATIS
Salah satu keunggulan yang menjadi paling utama dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya yang suka lebih simple dalam mengendarai sebuah kendaraan bermotor.Pemakai kendaraan tidak akan melakukan pengoperan gigi secara manual dan hanya tinggal melakukan pengaturan tarikan gas dalam mengendarainya.
  • BAHAN BAKAR YANG LEBIH IRIT
Banyaknya kendaraan motor matic yang sudah menerapkan tekhnologi injeksi menjadikan sistem pembakaran lebih optimal dikarenakan pencampuran bahan bakar dan udara yang sempurna.Oleh karena hal itu menyebabkan bahan bakar menjadi lebih efisien dan irit.
  • KAPASITAS ANGKUT LEBIH LUAS
Pada saat ini banyak sekali motor matic yang menawarkan fitur bagasi yang lebih luas serta body yang lebih besar sehingga dapat mengakomodasi sebagian besar dari penggunanya.
  • BOBOT MOTOR MATIC YANG LEBIH RINGAN
Walaupu memiliki body yang lebih besar namun motor matic ini bobotnya masih lebih ringan dari motor manual.Tentu saja hal ini yang menyebabkan banyak kaum hawa tertarik untuk memilikinya.
  • HANDLING YANG LEBIH LINCAH
Motor matic terbukti lebih gesit,lebih lincah dibandingkan motor manual apalagi dijalan yang penuh kemacetan untuk melakukan selap-selip.Tentu saja menjadi poin lebih bagi motor matic.


KEKURANGAN MOTOR MATIC
  • UKURAN DIAMETER RODA YANG LEBIH KECIL
Dengan desain roda yang lebih kecil tentu saja akan membuat rasa ketidaknyamanan apabila berkendara dijalan yang rusak dan bergelombang,karena getarannya akan membuat rasa yang tidak nyaman.
  • MENGGUNAKAN SATU SHOCKBEKER DI BELAKANG
Walaupun sudah dirancang dengan sedemikian rupa,tentu saja daya kerjanya masih lebih bagus apabila menggunakan double shock.Karena apabila dipakai unStuk mengangkut dengan beban yang berat secara terus menerus tentu saja suspensi akan dapat mengalami kebocoran.
  • BIAYA PERAWATAN YANG LUMAYAN MAHAL
Perawatan motor matic memang sedikit membutuhkan tenaga yang lebih ekstra dibandingkan dengan motor manual.Sebagai contoh saja dalam pergantian cvt,vbelt bahkan roller yang harus membuka cover penutupnya terlebih dahulu sedangkan manual lebih gampang.Cara mengecek dan mengganti v-bel dapat dilihat di CARA MENGGANTI V-BEL MOTOR MATIC yang dapat dengan mudah dilakukan sendiri.


MOTOR MANUAL

Disebut motor manual karena perpindahan trasmisi percepatan dilakukan dengan mengoper secara manual dan semakin banyak perpindahan giginya biasanya semakin cepat laju kendaraanya.


KELEBIHAN MOTOR MANUAL

  • SPARE PART DAN AKSESORIS YANG MEMADAI
Motor manual memang banyak tersedia di toko spare part dan aksesoris dan bahkan harganya pun lebih murah dan mudah sekali untuk didapatkan.
  • PERAWATAN YANG LEBIH MURAH
Dibanding dengan motor matic,motor manual lebih gampang dan mudah dalam melakukan perawatannya. 
  • HARGA YANG LEBIH MURAH
Secara umum harga motor manual yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga motor matic.
  • SUSPENSI YANG LEBIH KOKOH DAN RODA YANG LEBIH BESAR
Dengan didukung dengan dua shockbeker tentu saja akan mampu menopang daya angkut yang lebih dibanding dengan satu shockbeker.Tentu saja cocok bagi yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi.Serta dengan desain roda yang lebih besar cocok digunakan disegala medan.


KEKURANGAN MOTOR MANUAL

  • DESAIN YANG KURANG MENARIK
Karena kebanyakan motor manual desain dan modelnya masih seperti itu-itu saja,beda dengan tampilan motor matic yang tampil lebih menarik.
  • BAHAN BAKAR YANG LEBIH BOROS
Karena kebanyakan motor manual yang beredar biasanya masih menggunakan sistem karburator namun sebagian mulai sudah yang menggunakan sistem injeksi.Karburator sendiri secara kualitas dalam pembakaran masih dibawah tekhnologi injeksi.
  • BOBOT YANG LEBIH BERAT
Memang motor manual memiliki bobot yang lebih berat dari motor matic,namun tak semua motor manual tergantung dari jenis motor manual tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan motor matic atau manual.Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan untuk menentukan mana yang terbaik tentu saja semua tergantung dari segi kebutuhan,harga,dan jenis motor apa yang dikehendaki.Dan semuanya itu kembali kepada anda selaku orang yang menjatuhkan pilihan,ingat bahwa apa yang anda pilih itulah yang terbaik.

salam,antonkevas.com 👍👍
antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com