Widget HTML Atas

BEBERAPA CARA MENGHEMAT BBM

Beberapa Cara Menghemat Bbm-Dalam setiap tahunnya angka pertumbuhan kendaraan selalu meningkat,tentu saja akan mempengaruhi kebutuhan konsumsi bahan bakar minyak / bbm.Padahal harga bahan bakar minyak sendiri tidaklah murah dan dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan harga.Oleh sebab itu kita perlu dengan bijak dalam menggunakan bahan bakar minyak yang ujung-ujungnya berpengaruh pada keuangan si pemilik kendaraan.

Dengan demikian konsumsi dalam pengguaan bahan bakar minyak bisa di tekan,disamping itu juga akan menghemat kantong si pemilik.Yaitu dengan berkendara secara efektif atau berkendara dengan arus lalu lintas yang lancar dan tidak terburu-buru.

Perlu anda ketahui juga,bahwa memiliki kendaraan tak hanya mengisikan bahan bakar minyak saja namun kendaraan juga perlu melakukan perawatan dibagian lainnya seperti body,interior dan mesin.Karena ada bagian tertentu yang perlu dilakukan perawatan rutin yang berpengaruh dengan konsumsi bahan bakar minyak.

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika anda bisa menghemat bahan bakar,yaitu;

  • Mengurangi pengeluaran yang berlebih,sehingga dana sebagian bisa dialihkan untuk perawatan yang lain
  • Membantu mengurangi gas emisi CO2 yang menyebabkan polusi udara
  • Mengurangi resiko kecelakaan karena anda akan jarang mengemudi pada kecepatan yang cukup tinggi.
  • Berkendara lebih aman,nyaman dan santai serta tidak membuat pikiran menjadi tegang.




Bagi anda yang mengeluhkan pemakaian bahan bakar minyak kendaraan anda terlalu boros,anda bisa menyimak beberapa informasi dibawah ini yaitu beberapa hal yang bisa anda terapkan untuk menghemat bahan bakar minyak.

  BEBERAPA CARA MENGHEMAT BBM

1.BERAKSELERASI DENGAN HALUS




Bersikapa sabar dalam berkendara di jalan raya tanpa tergesa-gesa mengakibatkan konsumsi bbm menjadi lebih irit.Hindari kebiasaan salip menyalip yang akan menyebabkan anda menginjak pedal gas dengan lebih kasar.Jika kendaraan dipaksa dengan kecepatan tinggi terus menerus,energi yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar.Berakselerasilah dengan kickdown pedal gas untuk mendapatkan tenaga lebih saat ingin menambah kecepatan.Karena putaran mesin akan berangsur meningkat dan tenaga juga akan bertambah.Jangan memaksa mesin langsung berputar pada rpm tinggi karena mesin juga memerlukan bahan bakar lebih banyak.

2.GUNAKAN BBM DENGAN OKTAN YANG TINGGI




Menggunakan bbm dengan oktan yang tinggi mempengaruhi proses pembakaran menjadi lebih sempurna sehingga mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit.Oktan yang lebih rendah memerlukan lebih banyak bahan bakar yang lebih banyak.Walaupun harga bahan bakar yang beroktan tinggi lebih mahal namun pembakaran lebih sempurna dan lebih sedikit konsumsinya.

3.HINDARI JALAN YANG MENIMBULKAN KEMACETAN




Kemacetan yang berjam-jam akan menghabiskan bahan bakar menjadi lebih cepat.Apalagi sering melakukan manuver stop and go dan hanya mengandalkan gigi 1 membuat bahan bakar akan terbuang percuma.Hindari kemacetan dengan mencari jalan alternatif lainnya.

4.GUNAKAN AC SEPERLUNYA SAJA




Menggunakan ac alami pada saat berkendara dapat membantu menghemat bahan bakar,karena mengunakan ac alami membuat kinerja mesin dan kipasnya menjadi lebih ringan.Gunakan ac ketika dalam perjalanan jauh saja yang membutuhkan kecepatan cukup tinggi dan dengan suhu ruangan antara 23-25 derajat celcius.

5.KETAHUI BEBAN MAKSIMAL KENDARAAN




Kendaraan yang memiliki beban yang cukup berat,akan membuat kendaraan bekerja lebih berat sehingga akan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.Oleh sebab itu mengetahui beban maksimal pada kendaraan akan membantu anda menghemat bahan bakar.

6.PERHATIKAN TEKANAN ANGIN PADA BAN




Dengan memperhatikan tekanan angin pada ban yang sesuai standartnya akan membuat kendaraan berjalan dengan lancar.Tekanan angin yang standart membuat mesin bekerja dengan optimal karena membuat beban kendaraan menjadi lebih ringan sangat berjalan.Seandainya tekanan angin rendah maka beban kendaraan menjadi lebih berat dan tentu saja kinerja mesin menjadi lebih keras.

7.LAKUKAN SERVIS SECARA RUTIN




Kendaraan yang jarang sekali dilakukan perawatan biasanya akan membuat beberapa masalah sehingga mengganggu kinerja mesin.Lakukan pergantian komponen yang telah melewati masa usia pakai yang berhubungan dengan komponen mesin.

Demikian beberapa cara menghemat bbm yang tentu saja akan menambah pengetahuan anda dan semoga bisa membantu anda yang sedang mengeluhkan masalah borosnya konsumsi bbm pada mobil anda.Dan jangan lupa untuk berkendara dengan aman dan nyaman.


salam,antonkevas.com👍👍


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com