Widget HTML Atas

PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT

Penyebab stir mobil menjadi berat-Pernahkan anda mengalami ketika mengemudikan sebuah mobil,stir mobil terasa lebih berat.Tentu saja anda pasti akan sering mengeluh,terlebih lagi anda mengemudi di lintasan yang cukup berat.

Tentu saja anda langsung berpikir pasti ada sesuatu yang tidak beres dibagian kemudi yaitu dibagian power steeringnya.Power steering sendiri yaitu sistem stir yang dibantu motor listrik atau hidrolik power yang meringankan kemudi.Dan kebanyakan mobil menggunakkan hidrolik power steering dalam membantu kemudi mobilnya.

Hidrolik power steering sendiri yaitu sistem meringankan kemudindengan bantuan mesin melalui cairan hidrolik minyak power steering..Dan apabila kemudi anda terasa berat berarti terjadi masalah diseputar hidrolik power steering anda.





PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


1.CAIRAN POWER STEERING BERKURANG

Cairan ini berfungsi untuk memberikan tekanan piston dalam rack dan pinion,jika cairan berkurang maka tekanan terhadap piston berkurang sehingga kemudi menjadi lebih berat.Biasanya cairan yang digunakan memerlukan fluida khusus yang bisa bertahan pada suhu dan tekanan tinggi.Jenis minyak yang digunakan biasanya berjenis automatic transmission fluid.




Cairan power steering biasanya terletak didekat silinder reservoir disalah satu ujung power steering belt.Cairan ini biasanya berwarna merah,lakukan pergantian bila warna cairan power steering ini sudah menjadi gelap.

2.V-BELT POWER STEERING PUTUS

Memiliki fungsi yang sama seperti v-belt yang lain yaitu memulai dan memberhentikan putaran.V-belt biasanya terbuat dari bahan yang mudah rusak.Apabila v-belt ini rusak maka akan membuat power steering menjadi berat.Lakukan penggantian dengan yang baru saja apabila ditemukan v-belt dalam keadaan kendor.




3.RACK STEERING MENGALAMI KERUSAKAN

Yang menjadikan masalah pada rack steering biasanya dikarenakan seal-seal yang ada didalam rack steering mengalami kebocoran.Akibat terjadinya kebocoran maka tekanan hidrolis pada power steering akan berkurang sehingga stir akan menjadi lebih berat.Untuk masalah seal ini biasanya jarang tersedia di toko onderdil terdekat.Jadi apabila terjadi kerusakkan harus mengganti satu set rack steering.




4.TEKANAN UDARA PADA BAN RENDAH

Apabila tekanan udara pada ban cukup rendah akan membuat kinerja power steering menjadi lebih  berat.Atau bisa saja terjadi kemiringan pada ban sehingga harus dilakukan settingan untuk meluruskan ban 0 derajat vertical.Tekanan pada ban juga berpengaruh dengan CARA MENGHEMAT BBM sehingga tidak menjadi boros.




5.INNER TIEROD RUSAK

Masalah yang terjadi biasanya terdapat di ball jointnya,biasanya terjadi karena oblak.Bila ball joint oblak biasanya timbul getaran,bunyi dan stir terasa berat ketika di belokkan.Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti inner tierod saja dibagian kanan dan kiri.




6.POMPA POWER STEERING RUSAK

Apabila pompa power steering rusak maka tidak ada tekanan hidrolik sehingga stir akan terasa lebih berat.Pompa power steering biasanya terletak dibagian mesin depan.




Demikian beberapa informasi penyebab stir mobil menjadi berat,bagi anda mempunyai mobil dan memiliki ciri-ciri seperti diatas bisa jadi salah satu bagian diatas yang menjadi penyebabnya.Lakukan perawatan secara rutin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


salam,antonkevas.com👍👍




antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com