Widget HTML Atas

Advertisements

6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT

Penyebab stir mobil menjadi berat-Pernahkan anda mengalami ketika mengemudikan sebuah mobil,stir mobil terasa lebih berat.Tentu saja anda pasti akan sering mengeluh,terlebih lagi anda mengemudi di lintasan yang cukup berat.

Tentu saja anda langsung berpikir pasti ada sesuatu yang tidak beres dibagian kemudi yaitu dibagian power steeringnya.Power steering sendiri yaitu sistem stir yang dibantu motor listrik atau hidrolik power yang meringankan kemudi.Dan kebanyakan mobil menggunakkan hidrolik power steering dalam membantu kemudi mobilnya.

Hidrolik power steering sendiri yaitu sistem meringankan kemudi dengan bantuan mesin melalui cairan hidrolik minyak power steering..Dan apabila kemudi anda terasa berat berarti terjadi masalah diseputar hidrolik power steering anda.Baca Tips ganti dan menguras air radiator mobil dengan mudah


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT



PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT

1.CAIRAN POWER STEERING BERKURANG

Cairan ini berfungsi untuk memberikan tekanan piston dalam rack dan pinion,jika cairan berkurang maka tekanan terhadap piston berkurang sehingga kemudi menjadi lebih berat.Biasanya cairan yang digunakan memerlukan fluida khusus yang bisa bertahan pada suhu dan tekanan tinggi.Jenis minyak yang digunakan biasanya berjenis automatic transmission fluid.


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


Cairan power steering biasanya terletak didekat silinder reservoir disalah satu ujung power steering belt.Cairan ini biasanya berwarna merah,lakukan pergantian bila warna cairan power steering ini sudah menjadi gelap.

2.V-BELT POWER STEERING PUTUS

Memiliki fungsi yang sama seperti v-belt yang lain yaitu memulai dan memberhentikan putaran.V-belt biasanya terbuat dari bahan yang mudah rusak.Apabila v-belt ini rusak maka akan membuat power steering menjadi berat.Lakukan penggantian dengan yang baru saja apabila ditemukan v-belt dalam keadaan kendor.


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


3.RACK STEERING MENGALAMI KERUSAKAN

Yang menjadikan masalah pada rack steering biasanya dikarenakan seal-seal yang ada didalam rack steering mengalami kebocoran.Akibat terjadinya kebocoran maka tekanan hidrolis pada power steering akan berkurang sehingga stir akan menjadi lebih berat.Untuk masalah seal ini biasanya jarang tersedia di toko onderdil terdekat.Jadi apabila terjadi kerusakkan harus mengganti satu set rack steering.


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


4.TEKANAN UDARA PADA BAN RENDAH

Apabila tekanan udara pada ban cukup rendah akan membuat kinerja power steering menjadi lebih  berat.Atau bisa saja terjadi kemiringan pada ban sehingga harus dilakukan settingan untuk meluruskan ban 0 derajat vertical.Tekanan pada ban juga berpengaruh dengan CARA MENGHEMAT BBM sehingga tidak menjadi boros.


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


5.INNER TIEROD RUSAK

Masalah yang terjadi biasanya terdapat di ball jointnya,biasanya terjadi karena oblak.Bila ball joint oblak biasanya timbul getaran,bunyi dan stir terasa berat ketika di belokkan.Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti inner tierod saja dibagian kanan dan kiri.


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


6.POMPA POWER STEERING RUSAK

Apabila pompa power steering rusak maka tidak ada tekanan hidrolik sehingga stir akan terasa lebih berat.Pompa power steering biasanya terletak dibagian mesin depan.


6 PENYEBAB STIR MOBIL MENJADI BERAT


Demikian beberapa informasi penyebab stir mobil menjadi berat,bagi anda mempunyai mobil dan memiliki ciri-ciri seperti diatas bisa jadi salah satu bagian diatas yang menjadi penyebabnya.Lakukan perawatan secara rutin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


salam,antonkevas.com👍👍




antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements