Widget HTML Atas

CARA MENGATASI OLI SHOCK DEPAN BOCOR

Cara Mengatasi Oli Shock Depan Bocor-Untuk menjaga kestabilan motor ketika dalam berkendara merupakan salah satu fungsi dari shockbeker.Atau bisa juga dikatakan sebagai peredam motor pada saat berkendara dijalan yang tidak rata / bergelombang,bayangkan saja apabila tidak ada shock breaker pengendara seperti dikocok-kocok dan membuat rasa yang tidak nyaman.

Shock breaker sendiri pada umumnya memiliki masa usia pakai,oleh sebab itu perlu juga untuk melakukan perawatan agar tidak mengalami kerusakan dibagian sealnya.Shock breaker pada kondisi yang normal dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya baik dijalan yang bergelombang,rusakdan bahkan dalam.kecepatan tinggi.

BEBERAPA PENYEBAB SHOCK BREAKER MOTOR BOCOR

  • DEBU / KOTORAN
Adanya kotoran atau debu yang menempel pada pipa shock breaker kalau dibiarkan terlalu lama akan masuk dan merusak seal sehingga membuat kebocoran pada seal
  • FAKTOR USIA
Umur pemakaian shock yang sudah terlalu lama,otomatis seal shock akan mengalami keausan.Dari keausan tersebut menyebabkan kebocoran ketika shock breaker bekerja
  • BONGKAR PASANG
Seringnya mengotak atik bagian shock breaker tentu saja merusak bagian seal.Atau bisa juga dikarenakan membuat ceper sehingga shock akan bekerja terlalu keras.

CARA MEMPERBAIKI SHOCK BREAKER DEPAN BOCOR



CARA MENGATASI OLI SHOCK DEPAN BOCOR

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab shock breaker menjadi bocor,berikut langkah-langkah dalam memperbaiki seal shock breaker.


CARA MENGATASI OLI SHOCK DEPAN BOCOR


  • Langkah yang pertama dalam melakukan perbaikan yaitu menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan.
  • Kemudian buka as roda beserta rodanya,jangan lupa untuk mengganjal dibagian mesin agar roda depan bisa terangkat.
  • Setelah itu lanjutkan dengan mencopot sepatbor bagian depan.Dan jangan lupa rem cakram depan juga ikut dilepas.
  • Kemudian kendorkan baut shock breaker yang ada disegitiga dengan menggunakan kunci shock 14 mm dan lepaskan shock yang bocor tersebut.
  • Setelah shock berhasil dilepas,buka penutup shock serta kendorkan dan lepaskan baut yang ada dibagian bawah shock dengan menggunakan kunci L
  • Untuk shock yang menggunakan klip sebagai penahannya anda bisa menggunakan obeng (-) untuk melepaskannya.
  • Setelah penutup.shovk terbuka anda bisa mengeluarkan per dari as shock dari tabungnya.
  • Kemudian akan terlihat seal beserta klip.penahannya.Buka klip penahan tersebut dengan obeng (-)
  • Kemudian lepaskan seal dengan cara mencongkel dengan menggunakan obeng secara berpindah-pindah tempat agar seal.bisa berpindah dengan sempurna dan kemudian ganti dengan seal yang baru.
  • Setelah seal terpasang,rakit kembali shock breaker dengan memasukkan pipa shock ke dalam tabung serta mengencangkan kembali baut yang ada dibagian bawah shock dengan kunci L kembali.
  • Masukkan per shock beserta oli shock yang baru dengan takaran kurang lebih 60 cc.Kocok agar gelembung udara yang didalamnya keluar dan oli akan merata.Setelah selesai pasang kembali penutup shock dan pasang kembali di segitaiga motor.
  • Setelah semua bagian terpasang seperti semula,lakukan pengujian apakah masih ada kebocoran pada shock breaker yang telah diganti sealnya tersebut.Apabila anda melakukan semua dengan benar pasti tidak kebocoran dan motor siap digunakan kembali.

Perlu diketahui juga bahwa oli shock yang bocor akan bisa berdampak pada rem cakram motor anda menjadi daya cengkramnya berkurang,bisa dilhat PENYEBAB REM CAKRAM BLONG DAN CARA MENGATASINYA.

Sering-seringlah bagian shock breaker ini dibersihkan,dicuci terlebih lagi setelah melewati jalan yang becek.Karena sisa-sisa kotoran pasti akan menempel di pipa shock breaker.Dan jika hanya sebelah saja yang mengalami kebocoran tentu akan mempengaruhi kinerja shock breaker terutama pada saat menikung.Pastikan juga takaran oli shock sama disetiap tabung agar kanan dan kiri seimbang.

Demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi oli shock depan bocor dan juga cara mengatasinya.Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda semuanya.Pastikan selalu menjaga keselamatan dan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.


salam,antonkevas.com👍👍




antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com