Widget HTML Atas

LANGKAH MUDAH CARA MERAWAT MOTOR TRAIL

Cara Merawat Motor Trail -Menyalurkan hoby dengan melakukan off road mengendarai motor trail kesayangan memang hal menyenangkan sekali.Terlebih lagi ketika sedang beraksi melewati bebatuan,sungai,tanjakkan dan sebagainya.

Namun semua itu tak berlaku ketika motor trail yang kita kendarai mengalami kerusakan alias mogok ketika sedang beraksi.Dan semua itu disebabkan karena kurangnya perawatan motor trail,sehingga motor trail akan mengalami berkurangnya performa.

Oleh karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan,apalagi sebagai seorang pemula.Sehingga ketika mengendarai motor trail selalu terjaga performanya.

LANGKAH MUDAH CARA MERAWAT MOTOR TRAIL


BERIKUT CARA MERAWAT MOTOR TRAIL 


1.CEK OLI MOTOR

LANGKAH MUDAH CARA MERAWAT MOTOR TRAIL


Pastikan kondisi oli motor anda dalam keadaan yang bagus dengan memeriksa kekentalan oli.Dan lakukan pergantian setiap 4.000 km agar performa mesin selalu terjaga.Gunakan oli yang sesuai standart yang ditetapkan jangan gunakan oli dibawah standart yang akan malah menambah kerusakan pada mesin anda.

2.PERIKSA KONDISI RADIATOR MOTOR

LANGKAH MUDAH CARA MERAWAT MOTOR TRAIL

Pastikan air dalam radiator sesuai dengan batas ketinggian level yang ditentukan.Apabila berkurang lakukan penambahan dengan menggunakan collant radiator yang dianjurkan.

3.CEK SEMUA ORDERDIL MOTOR 

Lakukan pengecekan onderdil motor trail agar tidak mengganggu anda pada saat digunakan.Pastikan dibagian kabel kopling,suspensi dan karburator dalam kondisi yang bagus agar power dan akselarasi motor trail tetap terjaga.

4.CEK KONDISI RANTAI

LANGKAH MUDAH CARA MERAWAT MOTOR TRAIL


Rantai yang kendor bisa mengakibatkan putusnya rantai pada saat digunakan.Lakukan pelumasan rantai ketika sebelum dan sesudah motor trail digunakan serta lakukan juga penyetelan rantai.

5.PERIKSA REM DAN KAMPAS KOPLING

Jangan sampai rem motor trail anda mengalami blong ketika digunakan,akibatnya bisa sangat berbahaya sekali.Periksa kondisi kelengkapan rem mulai dari tuas rem sampai kampas rem untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.Serta jangan lupa untuk memeriksa kampas kopling agar akselerasi dan power mesin tidak mengalami penurunan.

LANGKAH MUDAH CARA MERAWAT MOTOR TRAIL


6.PERIKSA KONDISI STANG KEMUDI

Motor trail akan banyak sekali melakukan manuver-manuver ketika digunakan dalam lintasan.Lakukan percobaan stang kemudi sebelum melakukan kegiatan off road dengan menggerakkan ke kanan dan kiri dengan lancar.Segera lakukan penyetelan dibagian komstir bila kendor maupun seret.

7.JAGA SELALU KEBERSIHAN MOTOR

Pastikan kebersihan motor selalu terjaga,apalagi setelah digunakan.Agar tidak terjadi karat di beberapa bagian motor trail anda yang nantinya akan mengganggu performa motor.

Itulah beberapa cara merawat motor trail selalu terjaga performanya.Sebenarnya masih banyak bagian lain seperti kondisi seker,stang seker dan klep motor yang mempengaruhi kinerja mesin.Gunakanlah alat penunjang keselamatan untuk meminimalisir resiko berkendara ketika anda beraksi.Demikaian semoga bermanfaat bagi anda.



Salam,antonkevas 

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com