Widget HTML Atas

TIPS MENGEMUDI JARAK JAUH BAGI PEMULA

Tips Mengemudi Jarak Jauh Bagi Pemula-Musim liburan memang selalu yang diharap-harapkan apalagi bagi anda yang bekerja diperantauan yang hanya bisa menyempatkan pulang pas di momen liburan.Tentu saja momen seperti ini dimanfaatkan anda untuk melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman alias mudik.

Tentu saja untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh anda harus bener-benar memperhatikan kondisi anda dan kendaraan yang akan membawa anda,Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingin pada waktu perjalanan.

Bagi anda yang sudah terbiasa dengan perjalanan jauh mungkin merupakan hal yang biasa,namun beda bagi seorang pemula pertama kali melakukan perjalanan jauh dengan kendaraannya sendiri.

Oleh karena itu banyak hal yang harus diperhatikan,agar dalam perjalanan anda terasa aman.nyaman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

TIPS MENGEMUDI JARAK JAUH BAGI PEMULA


BERIKUT  TIPS MENGEMUDI JARAK JAUH BAGI PEMULA


Dengan melakukan pemeriksaan pada kendaraan yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan jauh adalah hal yang paling pertama. 

1.PERIKSA OLI MESIN

Pastikan kondisi oli mesin pada volume yang cukup artinya volume berada pada hampir pada batas F pada stick pengukuran oli mesin.Atau lebih baik anda mengganti oli mesin lama anda dengan oli mesin yang baru supaya tidak ada masalah pada oli mesin.

2.PERIKSA VOLUME AIR RADIATOR DAN AIR RESERVOIR

Mengkondisikan kondisi air pada radiator harus penuh dan air reservoir pada batas level atasnya,tujuannya agar tidak kehabisan air radiator dalam.perjalanan karena lupa memastikan air radiator.Selain itu juga pastikan tidak ada kebocoran pada selang radiator yang terhubung dengan mesin.

3.PERIKSA SISTEM PENDINGINAN MESIN

Sistem pendinginan mesin mobil ditunjang oleh kipas pendingin yang diputarkan oleh v-belt.Perhatikan kondisi ketegangan v-belt dan apakah ada bagian yang mengalami kerusakan.Apabila terjadi kerusakan ganti saja dengan v-belt yang baru.

Dan jangan lupa untuk memperhatikan temperatur mesin mobil,apabila pada jarum menunjukkan suhu yang tinggi segeralah untuk berhenti untuk beristirahat.

4.PERIKSA KARBURATOR MOBIL

Sebaiknya anda melakukan pembersihan pada bagian karburator,karena dengan karburator yang bersih akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga perjalanan anda akan lancar,aman dan nyaman.Bisa dilihat pada CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR dengan mudah dan gampang.

5.PERIKSA FILTER UDARA MOBIL

Selain melakukan pembersihan pada bagian karburator,dibagian filter udara juga harus dilakukan perawatan,karena bagian filter udara ini berhubungan langsung dengan karborator yang tentu saja akan berpengaruh pada performa mesin.Selengkapnya ada di CARA MEMBERSIHKAN FILTER UDARA.

6.PERIKSA KONDISI AKI

Aki yang soak tentu saja akan mengganggu sistem kelistrikan sehingga mobil akan sulit dinyalakan.Pastikan kondisi aki bersih dari kerak dan juga cek volume ketinggian air aki.Apabila kurang lakukan pengisian air aki sesuai dengan batas levelnya.

7.PERIKSA KONDISI REM

Mengingat fungsi rem yang sangat vital,pastikan rem bekerja dengan baik.Periksa volume minyak rem,master rem dan selang rem apakah terjadi kebocoran.Dan tidak lupa juga periksa kondisi kampas rem,apabila sudah habis ganti saja dengan yang baru.

8.PERIKSA KONDISI BAN

Kondisi ban yang gundul akan membahaya pengemudi dan penumpangnya,bila kondisi ban seperti ini ganti saja dengan yang baru.Pastikan kondisi tekanan angin pada ban normal sekitar 30-40 psi dan jangan lupa cek juga kondisi ban cadangannya.

9.PERIKSA LAMPU MOBIL

Pastikan semua lampu yang terpasang pada mobil dalam kondisi nyala apabila dihidupkan.Apabila ditemukan dalam kondisi bohlam mati ganti saja dengan yang baru.

10.PERIKSA WIPPER MOBIL

Pastikan wipper dapat bekerja dengan baik,untuk berjaga-jaga terhadap cuaca yang tiba-tiba hujan agar pandangan anda tidak tergganggu oleh air hujan.

Selain beberapa faktor diatas,anda sebagai pengemudi juga harus memperhatikan beberapa faktor yaitu:


  • PERCAYA DIRI
Mengemudi dalam keadaan panik tentu saja akan membahayakan diri anda sendiri dan pengemudi lainnya.Mengemudi dengan tenang,tidak terburu-buru dan rasa percaya diri adalah kunci dalam mengemudi.
  • POSISI MENGEMUDI
Carilah posisi mengemudi yang paling nyaman sehingga anda bisa dengan santai dan gak panik sehingga anda akan bisa fokus dalam mengemudi.
  • WAKTU USTIRAHAT YANG CUKUP
Mengemudi dalam keadaan lelah,tentu saja akan menombulkan hal-hal yang tidak memungkinkan.Beristirahatlah setiap 3 jam sekali untuk.melemaskan otot kaki yang tegang.

  • SMART
Smart disini dapat diartikan pintar mengambil keputusan,apabila dalam perjalanan terdapat hal yang tidak sesuai rencana dengan melakukan beberapa tindakan lainnya seperti mengambil rute alternatif bila jalan utama macet dan sebagainya.

  • HINDARI PERJALANAN MALAM HARI
Lakukan perjalanan di siang karena kondisi akan lebih terang dan mudah untuk melihat petunjuk arah dan rambu-rambu sehingga memudahkan dalam perjalanan.
  • SOPIR PENGGANTI
Bertujuan agar saling bergantian dalam mengemudi sehingga perjalanan lebih aman dan pengemudi bisa beristirahat dengan bergantian.


Itulah beberapa tips mengemudi jarak jauh bagi pemula,yang tentu pas sekali bagi anda yang akan melakukan perjalanan jauh.Pastikan anda mematuhi perarturan lalu lintas dan berkendara dengan aman dan nyaman.

salam,antonkevas.com👍👍





antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com