Widget HTML Atas

CARA MENYETEL REM MOBIL DENGAN MUDAH

Cara Menyetel Rem Mobil dengan Mudah-Selain memerlukan kecepatan,sebuah mobil juga membutuhkan sebuah komponen yang digunakan untuk memberhentikan atau mengurangi laju kecepatan yang biasa disebut dengan rem.

Apabila pada bagian rem ini terjadi masalah,tentu saja bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lain.Oleh karena pada bagian ini juga memerlukan sebuah perawatan secara rutin.

Seperti yang kita ketahui bersama,banyak kasus kecelakaan yang disebabkan karena mobil didepan berhenti mendadak dan juga para penyeberang jalan yang kurang waspada karena rem mobil ketika digunakan tidak bisa menghentikan kecepatan.

Oleh karena itu,antonkevas.com akan membahas mengenai cara menyetel rem mobil dengan mudah.Karena apabila rem tidak diatur secara tepat dan benar bisa berbahaya sekali.

CARA MENYETEL REM MOBIL DENGAN MUDAH


CARA MENYETEL REM MOBIL DENGAN MUDAH


Yang pertama kita harus persiapkan adalah alat-alat pendukung yang akan digunakan untuk memudahkan dalam melakukan penyetelan rem.

ALAT YANG PERLU DIPERSIAPKAN

  • DONGKRAK
  • KUNCI RODA ATAU KUNCI SHOCK 21
  • KUNCI SHOCK 12
  • OBENG MINUS
  • BAUT 12 mm 2 Buah
  • WD (PENGHILANG KARAT)

LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN


1.Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah dengan mengendorkan baut roda belakang terlebih dahulu dengan menggunakan kunci roda 21 mm.

2.Kemudian setelah semua baut roda kendor,pasangkan dongkrak didekat roda tersebut.Pasangkan pada bagian yang keras,selanjutnya pompa dongkrak hingga body mobil terangkat

3.Setelah itu lepaskan semua baut roda beserta rodanya.Jangan posisikan roda dalam keadaan berdiri karena bisa bergerak menggelinding.

4.Selanjutnya lepaskan hands rem dan lakukan dengan memutar rem tromol sambil menyemprotkan cairan anti karat secara menyeluruh.

5.Tunggu sampai sekitar 3 menit,agar cairan anti karat meresap.Kemudian masukkan baut ukuran 12 mm ke dalam lubang berulir 12 mm.Lalu putar searah jarum jam dengan menggunakan kunci 12 mm sampai drum brake terangkat keluar.

6.Langkah selanjutnya dengan membuka baut tromol sehingga drum brake benar - benar keluar.

7.Setelah itu lakukan langkah penyetelan rem mobil.Terlebh dahulu dengan memastikan ketebalan kampas rem.Apabila ketebalannya kurang dari 2 mm,sebaiknya lakukan pergantian dengan kampas rem yang baru.

8.Kemudian gunakan obeng minus untuk memutar ke arah atas gigi penyetel dan akan terdengar bunyi klik.Lakukan minimal 5 sampai 10 klik,maka ketika diputar brake shoe akan mengembang.

9.Langkah selanjutnya masukkan tromol dan drum brake.Usahakan drum brake bisa masuk dengan lancar dan mudah.Apabila tidak bisa masuk dengan gampang berarti penyetelan rem terlalu keluar sehingga menyebabkan drum brake bekerja tidak maksimal.Maka lakukan pengurangan putaran kliknya sampai drum brake bisa masuk dengan gampang.

10.Setelah itu lakukan pemasangan roda beserta murnya.Pastikan terpasang dengan benar dan setelah itu turunkan dongkrak untuk mengencangkan mur roda.

11.Dan yang terakhir lakukan penarikan hands rem,biasanya akan terdengar bunyi klik antara 6 sampai 7 setelah dilakukan penyetelan.Selesai.


Itulah langkah-langkah cara menyetel rem mobil dengan mudah.Ikuti langkah tersebut diatas dengan berurutan maka anda akan melakukan penyetelan dengan benar.Dengan demikian anda tidak usah meminta bantuan bengkel karena anda sudah bisa melakukannya sendiri.

Semoga beberapa informasi diatas bisa membantu dan menambah wawasan anda dalam melakukan perawatan mobil.


salam,antonkevas.com 👍👍



antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "CARA MENYETEL REM MOBIL DENGAN MUDAH"