Widget HTML Atas

CARA MERAWAT MOBIL DIESEL AGAR TETAP AWET

CARA MERAWAT MOBIL DIESEL AGAR TETAP AWET-Mobil pada umumnya selain menggunakan bahan bakar bensin,ada juga yang menggunakan bahan bakar solar dan biasanya banyak yang menyebut dengan mobil diesel.

Mobil bermesin diesel pada umumnya banyak digunakan untuk kendaraan-kendaraan besar seperti truk.Karena mobil diesel terkenal dengan mesin yang awet dan juga tangguh.

Oleh sebab itu banyak perusahan mobil meluncurkan produk mobil bermesin diesel yang sudah dibekali beberapa tekhnologi yang akan menambah kenyamanan di dalam berkendara.

Walaupun mesi diesel lebih tangguh dibandingkan dengan mesin bensin.Namun pada kenyataannya mesin diesel juga tetap harus memerlukan perawatan agar kinerjanya selalu tetap optimal.

Ada beberapa cara merawat mobil diesel agar tetap awet sehingga selalu siap kapan saja apabila akan digunakan.Bagi teman-teman yang belum mengetahui tipsnya,dibawah ini antonkevas.com akan membagikan beberapa tips agar mobil diesel anda tetap selalu awet dan terjaga.

CARA MERAWAT MOBIL DIESEL AGAR TETAP AWET



CARA MERAWAT MOBIL DIESEL


1.PANASKAN MESIN MOBIL


Sebaiknya selalu memanaskan mesin mobil diesel anda sebelum mobil akan digunakan.Karena dengan anda memanaskan mesin mobil diesel,seluruh komponen mesin akan terlumasi sehingga mesin tidak akan merasa kaget.Panasi mesin mobil anda sewajarnya saja,sekitar 10 -15 menit.


2.GUNAKAN OLI MESIN YANG SESUAI STANDART MESIN DIESEL


Dengan menggunakan oli mesin yang sesuai standart,memungkinkan melindungi mesin dari kemungkinan yang terburuk.Dan juga selalu menjaga suhu mesin agar tidak mengalami panas yang berlebihan.

3.SERING MEMBERSIHKAN FILTER UDARA


Debu merupakan salah satu musuh yang utama bagi mobil bermesin diesel.Karena udara yang kotor dan masuk kedalam filter akan menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

Apabila kondisi filter udara sudah rusak alanhkah baiknya apabila untuk segera dilakukan pergantian.Jika debu masuk kedalam mesin,tentu saja bagian head dan piston akan cepat sekali berkerak dan aus.

4.GUNAKAN BAHAN BAKAR SOLAR YANG BERKUALITAS


Bahan bakar yang berkualitas tentu saja proses pembakaran akan menjadi lebih sempurna.Dengan pembakaran yang sempurna tentu saja tidak akan menghasilkan sisa pembakaran sehingga dibagian head dan piston dalam kondisi bersih dan performa tetap optimal.

Perlu diingat juga jangan sampai lupa mengisi bahan bakar sehingga tangki dalam keadaam minim sehingga akan terjadi pengembunan yang akan merusak filter bahan bakar (solar dex )


5.LAKUKAN PERGANTIAN FILTER SOLAR SECARA BERKALA


Dengan melakukan pergantian filter solar secara rutin berkala akan mencegah debu kotoran masuk kedalam mesin.Karena debu adalah musuh utama bagi mobil bermesin diesel.

6.GUNAKAN SUKU CADANG YANG ASLI


Dipasaran sendiri banyak sekali komponen atau spare part palsu.Biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibanding dengan yang asli.

Gunakan jasa bengkel resmi agar  riwayat perawatan mobil diesel  anda mudah diketahui dan juga pasti menyedia part komponen mobil anda.

7.JANGAN LANGSUNG MEMATIKAN MESIN MOBIL DIESEL ANDA SETELAH DIGUNAKAN


Dengan mematikan mesin secara langsung,anda tidak memberikan proses pendinginan pada mesin yang memuai setelah digunakan.

Biarkan menyala sekitar 5-10 menit setelah mobil diesel anda digunakan.Karena dengan memaksa mematikan mesin secara langsung akan membuat mesin menjadi stress.

Demikian beberapa cara merawat mesin diesel agar tetap awet dan juga performa mesinnya selalu terjaga.Bagi anda pecinta mobil diesel cara merawat diatas bisa menjadi rekomendasi.

Salam,antonkevas.com 👍👍






antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "CARA MERAWAT MOBIL DIESEL AGAR TETAP AWET"